SITE STATUS
Jumlah Member :
239.386 member
user online :
3947 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi

Sebaiknya bayi mulai dikasih makan umur berapa?

New Topic :  
22-04-2008 11:02:34 ke: 1
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : 2
sebaiknya bayi mulai diberi makan umur berapa? menurut anjuran WHO ya 6 bulan.

6 bulan pertama kehidupannya berikan hanya ASI. setelah 6 bulan asi exclusive berikan makanan pendamping ASI. Biasanya cerelia dulu dikenalkan, seperti bubur susu beras putih dan bubur susu beras merah
   
22-04-2008 11:03:21 ke: 2
Jumlah Posts : 116
Jumlah di-Like : 3
Dear Bunda2 semua...



aku mau tanya nechhh...



sekarang Ina dah umur 3,5 bulan...rencana aku mau mulai kasih makan, udah boleh apa belum ya? trs sebaiknya dikasih makan apa? soalnya kemarin aku lihat di supermarket kebanyakan makanan formulanya untuk umur 6 bulan keatas....



ditunggu ya masukannya...makasih....



Salam hormat dari Ina untuk Bunda2 semua





Array
   
22-04-2008 12:42:20 ke: 3
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : 2
salam kenal,



bunda, kalau belum enam bulan ya jangan dikasi apa-apa selain asi.



itu sebabnya sekarang kalau mau cari makanan bayi yang dibawah 6 bulan ya gak ada. karena memang sangat tidak dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan pada bayi di bawah 6 bulan.



ngomong-ngomong gimana dengan berat bayinya? apakah pertambahannya sesuai dengan usianya? kalau iya berarti sudah cukup dengan asi, gak perlu tambahan makanan.



selain memang si bayi kebutuhannya sudah terpenuhi dengan asi, alat pencernaan bayi juga belum siap untuk menerima makanan padat.
   
22-04-2008 13:02:30 ke: 4
Jumlah Posts : 116
Jumlah di-Like : 3
Oh gitu ya Bun.....



Soale banyak tetanggaku yang bayinya dah dikasih makan, bahkan ada yang dari umur 1,5 bulan...sekarang bayinya dah umur 6 bulan, dikasih makannya 2 kali sehari....tapi kalo aku lihat berat badannya biasa aja meskipun dah makan....



Kalo anakku sekarang beratnya 5,5 kg, berat lahir 2,5 kg....Ina minumnya ASI + Susu Formula (Soalnya aku kerja...lagian ASI ku sedikit, klo Ina cuma ASI doank, kasian...gak kenyang hehhehehehe)



Makasih ya Bunda Selma dan Bunda Afi atas masukannya....





Salam







Array
   
22-04-2008 13:41:47 ke: 5
Jumlah Posts : 131
Jumlah di-Like : 4
Dear bunda Ina,



Kalo boleh aku juga kasih saran, sebaiknya memang umur 6 bulan aja Ina diberi Mpasi, karena kalo belum cukup umur bisa mengakibatkan radang usus, karena ada temanku di kantor yang anaknya pada saat umur 1 bulan udah diberi makan pisang dan nasi, ehh pada saat umur 3 bulan sering sakit dan terakhir terkena radang usus (beraknya ada darah).



OK bun.. semoga Ina jadi anak yang sehat yach.. Array



Array
   
22-04-2008 15:18:54 ke: 6
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
bener banget lhoo bunda, sebaiknya anak kita mulai dikenalkan makanan sejak usia 6 bulan.

saya pernah nonton di metro TV, infonya : kesehatan manusia 80% bergantung pada kesehatan pencernaannya.



nah...sebaiknya pencernaan di pelihara n dirawat sejak bayi.





semoga bisa membantu,



salam manis.



bunda Zahwa
   
23-04-2008 20:52:49 ke: 7
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 4
Bunda, ini ada artikel ttg bahaya mpasi dini... Mudah2an bermanfaat...

Salam kenal,

Dede - Bubu Alifa



Resiko pemberian MPASI terlalu dini

(Dirangkum & ditulis bebas oleh Luluk Lely Soraya I, 26 March 2005)



Banyak sekali pertanyaan dan kritik yang timbul mengenai pemberian MPASI di usia < 6 bl. Bahkan banyak dari kita tidak pernah tahu mengapa WHO &IDAI mengeluarkan statement bahwa ASI eksklusif (ASI saja tanpa tambahan apapun bahkan air putih sekalipun) diberikan pada 6 bl pertama kehidupan seorg anak. Kemudian setelah umur 6 bulan anak baru mulai mendapatkan MPASI berupa bubur susu, nasi tim, buah, dsb.



Alasan menunda pemberian MPASI



Mengapa harus menunda memberikan MPASI pada anak sampai ia berumur 6 bl ?! Kalo jaman dulu (baca : sebelum diberlakukan ASI eksklusif 6 bl) umur 4 bl aja dikasih makan bahkan ada yg umur 1 bl. Dan banyak yang berpendapat gak ada masalah apa-apa tuh dg anaknya.



Satu hal yg perlu diketahui bersama bahwa jaman terus berubah. Demikian juga dengan ilmu & teknologi. Ilmu medis juga terus berkembang dan berubah berdasarkan riset2 yg terus dilakukan oleh para peneliti. Sekitar lebih dari 5th yg lalu, MPASI disarankan diperkenalkan pada anak saat ia berusia 4 bl. Tetapi kemudian beberapa penelitian tahun2 terakhir menghasilkan banyak hal sehingga MPASI sebaiknya diberikan >6bl.



Mengapa umur 6 bl adalah saat terbaik anak mulai diberikan MPASI ?!



1. Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit.Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir dari peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bl, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-

pilek, dan panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI eksklusif. Belum lagi penelitian dari badan kesehatan dunia lainnya.



2. Saat bayi berumur 6 bl keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bl.



3. Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum siap utk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.



4. Menunda pemberian MPASI hingga 6 bl melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum sempurna.



Pada beberapa kasus yg ekstrem ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan lainnya mengapa MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia berumur 6 bl.



Masih banyak yg mengenalkan MPASI < 6 bl



Kalo begitu kenapa masih banyak orangtua yg telah memberikan MPASI ke anaknya sebelum berumur 6 bl ? Banyak sekali alasan kenapa ortu memberikan MPASI < 6 bl. Umumnya banyak ibu yg beranggapan kalo anaknya kelaparan dan akan tidur nyenyak jika diberi makan. Meski gak ada relevansinya banyak yg beranggapan ini benar. Kenapa ? Karena belum sempurna, sistem pencernaannya harus bekerja lebih keras utk mengolah & memecah makanan. Kadang anak yg menangis terus dianggap sbg anak gak kenyang. Padahal menangis bukan semata2 tanda ia lapar.



Belum lagi masih banyak anggapan di masyarakat kita spt ortu terdahulu bahwa anak saya gak papa tuh dikasih makan pisang pas kita umur 2 bl. Malah sekrg jadi orang.



Alasan lainnya juga bisa jadi juga tekanan dari lingkungan dan gak ada dukungan spt alasan di atas. Dan gencarnya promosi produsen makanan bayi yg belum mengindahkan ASI eksklusif 6 bl.



Aturan MPASI setelah 6 bulan : Karena < 6 bl mengandung resiko



Sekali lagi tidak mungkin ada saran dari WHO & IDAI jika tidak dilakukan penelitian panjang. Lagipula tiap anak itu beda. Bisa jadi gak jadi masalah utk kita tapi belum tentu utk yg lain. Misalkan, ilustrasinya sama spt aturan cuci tangan sebelum makan. Ada anak yg dia tidak terbiasa cuci tangan sebelum makan. Padahal ia baru bermain2 dengan tanah dsb. Tapi ia tidak apa2. Sedangkan satu waktu atau di anak yg lain, begitu ia melakukan hal tsb ia langsung mengalami gangguan pencernaan karena kotoran yg masuk ke makanan melalui tangannya.



Demikian juga dengan pemberian MPASI pada anak terlalu dini. Banyak yang merasa "anak saya gak masalah tuh saya kasih makan dari umur 3 bulan". Sehingga hal tsb menjadi "excuse" atau alasan utk tidak mengikuti aturan yg berlaku. Padahal aturan tsb dibuat karena ada resiko sendiri.



Lagipula penelitan ttg hal ini terus berlanjut. Saat ini mungkin pengetahuan dan

hasil riset yg ada masih terbatas dan "kurang" bagi beberapa kalangan. Tapi di kemudian hari kita tidak tahu. Ilmu terus berkembang.



Dan satu hal yg penting. Aturan agar menunda memberikan MPASi pada anak 6bl, alangkah baiknya dipertimbangkan dg baik untung ruginya bagi anak,bukan bagi orang tuanya. Sehingga keputusan yg diambil adalah yg terbaik utk sang anak.



Sumber :



. Solid Food in Early Infancy increases risk of Eczema, from original source : Fergusson DM et al Early solid feeding and recurrent childhood eczema: a 10-year longitudinal study Pediatrics 1990 Oct;86:541-546.[ Medline abstract][Download citation]



. World Health Organization (WHO). Infant Feeding Guidelines. 2003.Information for Health Professionals on Infant Feeding.www.who.int/ health_topics/ breastfeeding/ en/



. World Health Organization (WHO). 2003. Global Strategy for Infant andYoung Child Feeding. www.who.int



. World Health Organization (WHO). Complementary feeding. Report of the

global consultation. Summary of guiding principles. Geneva, 10-13 December 2001. www.who.int



. Artikel : Why Delay Solids?

http://www.kellymom .com/nutrition/ solids/delay- solids.html



. The introduction of solids in relation to asthma and eczema. A Zutavern, E von Mutius, J Harris, P Mills, S Moffatt, C White and P Cullinan. http://adc.bmjjourn als.com/cgi/ content/abstract /89/4/303



. AAP. 1990. Early solid feeding and recurrent childhood eczema: a 10-yearlongitudinal study. DM Fergusson, LJ Horwood and FT Shannon.

http://pediatrics. aappublications. org/cgi/content/ abstract/ 86/4/541



. NCBI. Protective nutrients and bacterial colonization in the immaturehuman gut. Dai D, Walker WA.http://www.ncbi. nlm.nih.gov/ entrez/query. fcgi?





. Relation between early introduction of solid food to infants and their weight and illnesses during the first two years of life. Forsyth JS, Ogston SA, Clark A, Florey CD, Howie PW. Dept of Child Health, Ninewells Hospital and Medical School, Dundee.



. Artikel : Stop MPASI terlalu dini. Majalah Ayahbunda Edisi/No.01 Januari 2005

   
24-04-2008 06:30:45 ke: 8
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : 1
sebaiknya bayi diberi makan setelah 4 bulan deh, itu juga yang cair dulu buat adaptasi pencernaannya.... Array
   
24-04-2008 09:23:25 ke: 9
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
lo anakku dah di kasih makan dari umur 0 bulan abisnya dia ga kenyang2 lo minum susu bisa jam2an lo pake dot bisa abis 2 botol sekali minum lo ga gitu ngamuk n slalu nangis

api setelah dikasih makan pisang ga tu...n ampe sekarang baik2 ja,n doktena jg bilang ga papa2 pencernaannya baek2 ja,lo nurut kel saya sie selama itu ga mengganggu ya kenapa ga daripada anak kita kelaparan cuman dikasih susu kan kasiha lo emang mau dikasih makan mendingan yang alami ja dari pada beli produk ini/itu kan banyak mengandung bahan kimia n secaralah diawetin ,tp jangan aneh lo tar pupnya ada kaya cacing itu bukan apa2 cuman serat pisang tapi lo mau pake makanan instan aku kasih saran goodmil(bukan promosi)masalahnya aku dah coba kasih yang 6bln untuk 0 bln n baek2 ja alhamdullilah...selamat mencoba
   
24-04-2008 09:37:43 ke: 10
Jumlah Posts : 199
Jumlah di-Like : belum ada like
Maaf,ya,sebaiknya 6bulan aja untuk mencegah hal yang ga di inginkan(sapa tau bayinya ga kuat,gitu).
Ponakan suami saya juga umur 2hari udah dikasi maem pisang di kerok.Idup,tuh.Cantik n lincah,pulak.
Umur dua hari udah waktunya makan,ya?
Sapa bilang bayi gue ASI X kelaparan ga di kasi makan?
Gue batpil ga pake masker juga ga nular.Badannya sekel,noh.
Semua anak beda sih.Tapi sekali lagi,ya? Anak ASI X ga kekurangan makan,loh.
   
 page  1  2 Next
atau login dengan Facebook Anda