SITE STATUS
Jumlah Member :
484.475 member
user online :
2050 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Balita

cara merawat kulit bayi yang benar gimana?

New Topic :  
20-06-2016 15:31:43 ke: 1
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, mungkin kadang bingung metode apa yang sebenarnya pas untuk merawat kulit bayi yang cenderung sensitif. Makanya ini mau nge share aja bun gimana cara merawat kulit bayi yang benar. 

  1. Gunakan pelembap

Tak hanya kulit Ibu, kulit si Kecil juga membutuhkan pelembap tambahan agar tetap terjaga kesehatannya. Ibu dapat memanfaatkan produk baby oil yang bagus ataupun baby lotion untuk membantu menjaga kelembapan, kelembutan, dan kehalusan kulit si Kecil sejak dini hingga ia besar nanti. Ibu bisa menggunakan baby oil dengan cara menuangkannya sedikit ke dalam air mandi atau sekadar mengusapkannya pada tubuh si Kecil terutama pada lipatan kulit untuk menghindari kulit kering

Selain itu, perlindungan lain yang bisa Ibu gunakan untuk merawat kulit si Kecil adalah dengan menggunakan JOHNSON’S®milk + rice baby lotion setiap habis mandi. Kandungan protein susu murni dan nutrien beras yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi, dapat membantu memberikan nutrisi pada kulit, dan menjaganya tetap lembap.

  1. Minimalisir penggunaan air hangat saat mandi

Umumnya, orang tua lebih memilih menggunakan air hangat dibandingkan air dingin saat memandikan bayi. Sebab, ada anggapan bahwa si Kecil tidak akan kaget dan kedinginan jika dimandikan dengan air hangat. Ya, ini ada benarnya juga. Namun, seiring bertambahnya usia, Ibu sebenarnya dapat membiasakan si Kecil mandi dengan air dingin. Penggunaan air hangat berlebihan justru dapat membuat kulitnya menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Selain air, Ibu sebaiknya juga memerhatikan sabun yang digunakan. Pastikan Ibu memilih sabun khusus bayi yang dapat merawat kesehatan kulitnya.

JOHNSON’S® baby milk + rice bath, bisa menjadi pilihan Ibu untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan kulit si Kecil. Diperkaya dengan kandungan nutrien beras, vitamin A, dan vitamin E, JOHNSON’S® baby milk + rice bath dapat menjaga kulit halus, lembut, dan kenyal serta membantu menjadikannya lebih berseri.

  1. Keringkan badan bayi

Mengeringkan badan bayi, merupakan kegiatan yang penting dilakukan setelah ia selesai mandi. Mengeringkan badan dengan benar, merupakan salah satu cara merawat kulit bayi agar tetap sehat. Lebih baik tekan-tekan lembut handuk pada setiap jengkal tubuh bayi dan hindari menggosok kulitnya terlalu kasar. Selanjutnya, aplikasikan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

  1. Pilih pakaian

Setelah selesai memakaikan baby oil dan baby lotion, Ibu juga harus cermat dalam memilih pakaian untuk bayi. Pilihlah pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat, agar kulitnya dapat bernapas dengan baik, dan sirkulasi udara lancar. Hindari bahan nylonwool, dan bahan-bahan sintetis lainnya untuk pakaian bayi di tahun-tahun pertamanya ini. Pemilihan pakaian yang keliru, dapat berisiko memperparah kondisi kulit bayi dan memicu timbulnya biang keringat.

  1. Pastikan bayi terhidrasi

Kulit kering pada bayi bisa disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain menjaganya tetap lembap dengan penggunaan baby oil pada bayi, Ibu juga harus memastikan bahwa si Kecil terhidrasi dengan baik. Berikan si Kecil ASI tepat pada waktunya. Namun, jika tak lagi menyusu, pastikan si Kecil mengonsumsi cukup cairan dalam aktivitasnya sehari-hari.

  1. Hindarkan dari faktor penyebab

Sebaiknya, hindarkan si Kecil dari paparan udara dingin secara langsung dan terlalu lama, baik yang berasal dari udara alami maupun dari AC. Jika perlu, pakaikan sarung tangan dan kaus kaki pada si Kecil untuk menjaga kehangatan bayi, dan juga untuk menghindari kulit kering dan pecah-pecah. Bahkan, penggunaan sarung tangan dan kaus kaki ini disarankan untuk dilakukan terus-menerus saat bayi berumur kurang dari enam bulan.

Bagaimana Buu, cara merawat kulit kering pada bayi bukanlah hal yang rumit, kan? Ibu hanya perlu lebih cermat dan teliti memerhatikan hal-hal kecil yang dapat menjadi penyebab masalah pada kulit bayi agar bisa memberikan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa baby oil dan baby lotion dapat berpengaruh pada kesehatan, kelembutan, dan kelembapan kulit bayi.

   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda