SITE STATUS
Jumlah Member :
501.107 member
user online :
424 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mo tanya dong.............

berapa takaran kebutuhan asi untuk bayi usia 2 bln?

New Topic :  
10-06-2011 14:45:55 ke: 1
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
slmt siang dokter tanti, dok saya ibu dr putri berusia 2bln, saya mberikan asi exclusive.sekarang saya sudah mulai bekerja kembali dan saya tetap memberikan asi exclusive u anak saya,saya bingung memberikan takaran asi untuk anak saya, berapa cc kah kbutuhan asi untuk bayi saya dalam 1x minum..?saat ini bb nya 4,4kg.berat lahir 2,7kg.apakah normal dok, mengingat ada teman saya blg bayi 2bln seharusnya sudah mencapai bobot 5kg.mohon informasinya dokter.terima kasih.

Dari : maura roya

Jawaban:

Dear Bunda,

Untuk mengetahui perkembangan bayi Anda, gunakan KMS (Kartu Menuju Sehat) sebagai acuan perkembangan anak Anda, lakukan pengukuran pada posyandu atau puskesmas atau rumah sakit oleh petugas kesehatan agar mendapatkan hasil yang akurat. Berikan ASI sesuai keinginan bayi. Bagi ibu bekerja sebaiknya tetap menyusui anak anda dan memperhatikan saran sebagai berikut:

• Siapkan pengasuh bayi (nenek, kakek, anggota keluarga lain, baby sitter, pembantu) sebelum ibu mulai bekerja kembali.
• Berlatihlah memerah ASI sebelum ibu bekerja kembali. ASI yang diperah dapat dibekukan untuk persediaan / tambahan apabila ibu mulai bekerja. ASI beku dapat disimpan antara 1-6 bulan, bergantung dari jenis lemari es nya. Di dalam lemari es dua pintu ASI beku dapat disimpan lebih dari 3 bulan.
• Latihlah pengasuh bayi untuk terampil memberikan ASI perah dengan cangkir.
• Hindari pemakaian dot/empeng karena kemungkinan bayi akan menjadi “bingung puting”.
• Susuilah bayi sebelum ibu berangkat bekerja, dan pada sore hari segera setelah ibu pulang, dan diteruskan pada malam hari.
• Selama di kantor, perah ASI setiap 3-4 jam dan disimpan di lemari es, diberi label tanggal dan jam ASI diperah. ASI yang disimpan dalam lemari es pendingin dapat bertahan selama 2x24 jam. ASI perah ini akan diberikan esok harinya selama ibu tidak di rumah. ASI yang diperah terdahulu diberikan lebih dahulu.
• ASI yang disimpan di lemari es perlu dihangatkan sebelum diberikan kepada bayi dengan merendamnya dalam air hangat. ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dikembalikan ke dalam lemari es. Maka yang dihangatkan adalah sejumlah yang habis diminum bayi satu kali.
• Apabila ASI yang diperah kemarin tidak mencukupi kebutuhan bayi sampai ibu kembali dari bekerja, dapat digunakan ASI beku yang sudah disiapkan sebelumnya. ASI beku ini kalau akan diberikan harus ditempatkan di lemari es pendingin supaya mencair dan harus digunakan dalam 24 jam.
   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda