SITE STATUS
Jumlah Member :
498.937 member
user online :
1221 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi

Gerak refleks pada bayi yang bunda perlu tahu

New Topic :  
28-03-2014 12:24:42 ke: 1
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo bunda saat bayi baru lahir, dia akan mengeluarkan reflek dasar yang secara genetik merupakan mekanisme pertahanan hidupnya. Misalnya bayi baru lahir tidak takut dengan air, secara alami bayi akan menahan nafas dan mengkontraksikan kerongkongannya untuk menjaga agar tidak kemasukan air. Refleks ini otomatis dan diluar kendali si bayi dan merupakan reaksi inheren terhadapa rangsangan tertentu.

Refleks lain yang terjadi pada bayi yaitu refleks moro. Sering gak bunda melihat kenapa bayi bunda tiba-tiba terlonjak atau tersentak saat tidur? Dan bunda mungkin bertanya-tanya apa bayi mengalami problem syaraf.

Bunda gak usah khawatir karena inilah yang disebut refleks moro atau yang disebut dengan refleks kejut bayi. Umumnya ini terjadi sebagai akibat dari respon terhadap suara keras tapi bisa juga ini terjadi secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

Refleks moro ini salah satu dari banyak refleks perlindungan yang memang sudah dimiliki bayi sejak lahir, jadi gak perlu khawatir yah bunda. Ini sebagai tanda bahwa sistem syaraf si bayo berfungsi dengan baik. Justru bunda harus lebih khawatir kalau si bayi tidak memiliki refleks moro atau refleks kejut ini.

Selain itu ada beberapa refleks lain yang sering ditunjukkan bayi, yuk simak

Babinski Reflek

Ini refleks primitif pada bayi berupa gerakan jari-jari mencengkram ketika bagian bawah kaki diusap, ini sebagai indikasi syarafnya berkembang dengan normal, dan akan hilang di usai 4 bulan.

Swallowing reflek

Reflek gerakan menelan benda-benda yang didekatkan ke mulut. Tapi harus hati-hati yah bunda, karena tidak semua benda bisa dimasukkan ke mulut. Bunda baiknya beli biskuit karena ini aman bagi bayi.

Breathing reflek

Refleks seperti menghirup dan menghembuskan nafas secara berulang-ulang. Fungsinya menyediakan O2 dan membuang CO2.

Eyeblink reflek

Reflek di mana bayi akan menutup dan mengejapkan mata dan ini berfungsi melindungi mata dari cahaya dan benda asing. Aku pernah isengin bayiku niup matanya, dan dia langsung nutup matanya dan mengerjap-ngerjap, lucu banget, hihihi

Puppilary reflek

Refleks gerakan menyempitkan pupil mata terhadap cahaya terang, membesarkan pupil mata di lingkungan gelap. Berfungsi melindungi dari cahaya terang dan menyesuaikan terhadap suasana gelap.

Sumber : childrenfootclinic.wordpress, bundakonicare

   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda