SITE STATUS
Jumlah Member :
506.984 member
user online :
364 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Diskusi Bersama Dokter

Telat haid

New Topic :  
10-11-2013 14:20:35 ke: 1
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Dokter, umur saya 35 thn, sudah 5 thn menikah dan belum punya anak. haid saya teratur dan normal dan selalu maju 3-4 hari. terakhir saya haid bulan lalu tgl 28 sept, namun sampai hari ini tgl 10 nop saya belum haid, per hitungan saya sudah telat 14 hari tapi 5 kali tp selalu negatif, perut saya jg keras dan begah, payudara jg keras tapi warna puting susu saya tidak hitam, mohon saran apa yg harus saya lakukan, thanka
   
10-11-2013 19:05:21 ke: 2
Jumlah Posts : 50
Jumlah di-Like : belum ada like
masalah nya ternyata banyak yg serupa ya...
permasalahan ibu2 yg pgn cpt hamil hehe.. termasuk saya juga salah 1 nya..
semangat bunda Dindah! tunggu ampe sebulan aja.. saya juga tunggu sebulan ini.. saya telat 17 hari udahan.. ke dokter suruh tgu sampe 1bln hehe.,
   
14-11-2013 11:53:54 ke: 3
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bagi pasangan suami istri yang telah menikah setelah 1 tahun dan mengusahakan untuk mendapatkan kehamilan dengan cara tidak memakai kontrasepsi dan melakukan hubungan intim yang teratur, maka sebaiknya memeriksakan kesuburan pada dokter. Apabila anda telah melakukan pemeriksaan, apakah suami anda juga telah melakukan pemeriksaan terhadap fungsi organ reproduksinya?. Terjadinya kehamilan membutuhkan kesuburan dari kedua belah pihak yaitu sang suami dan istri. Apabila salah satu dari pihak tersebut mengalami gangguan dalam fungsi reproduksi, maka akan menimbulkan masalah kesuburan. Apabila suami anda belum melakukan pemeriksaan kesuburan, maka sebaiknya merujuk pada dokter untuk pemeriksaan tersebut. 
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus telat sekitar 4-5 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. 
Nyeri saat menstruasi dapat merupakan tanda dari keadan tertentu seperti kista ovarium atau lainnya, maupun hanya merupakan masalah kram pada otot uterus saja. Bila pada pemeriksaan USG tidak di dapati kelainan, maka kemungkinan besar nyeri tersebut merupakan nyeri saat kontraksi otot uterus dan tidak meimbulkan gangguan lebih lanjut.
Lakukan hubungan intim yang berkualitas pada masa-masa subur tersebut. Jagalah asupan nutrisi anda agar kesehatan dan gizi tercapai dengan baik. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan, kecambah ataupun dalam bentuk suplemen vitamin.
Konsultasikan masalah kesuburan anda dan suami pada dokter Kandungan anda untuk lebih lanjut lagi.
 

   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda