SITE STATUS
Jumlah Member :
241.398 member
user online :
5762 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kehamilan

Cara mengatasi nyeri ulu hati & sesak napas saat hamil.

New Topic :  
22-02-2011 14:47:52 ke: 1
Jumlah Posts : 122
Jumlah di-Like : 1
Hallo Bunda, share yuk..

Sekarang usia kandunganku masuk 5 bulan, tp kenapa jadi suka sesak napas (napas tidak seperti biasanya) dan yg paling menyakitkan terkadang suka nyeri ulu hati, rasanya seperti terbakar gitu.... nyerinya kadang muncul kadang hilang. Apakah ini membahayakan & memberi efek langsung bagi janin??? Aku takut bgt, takut janinnya knp2.. cuma pas nyeri ulu hati dateng, janinku malah aktif nendang2 seolah2 seperti kalo lagi ngajak main kayak biasanya......

Apa ya yg harus dilakukan atau yg pantang dilakukan bumil supaya ga sesak napas & nyeri ulu hati?

Share disini yuk Bunda2 semuaa :)
   
23-02-2011 08:08:03 ke: 2
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda youngmama...
Aku juga udah ngerasain nyeri ulu hati n terkadang sesak napas, padahal usia kandungan saya baru 4 bulan 4 hari dan perut saya juga belum begitu besar bund...(soalnya orang2 juga banyak yang bilang klo perutku belum begitu kelihatan....hiks..hiks...)
Maaf tidak bisa banyak share untuk ngatasin keluhan bunda, tapi semoga artikel ini bermanfaat bagi kita....
Coba buka ajah di artikel info bunda, judul artikelnya "Asma Menyerang Saat Hamil" dan "Pirosis (Heartburn) atau Rasa Terbakar Saat Hamil".....

Owwwh iya...boleh sharing g bund, apa yang dirasain ketika hamil usia 4 bulan????
Soalnya aku belum begitu bisa ngerasain tendangan2 babyku....hihihi...ato aku yang g bisa membedakannya n merasakannya....^^

Maksi y bund....Happy Pregnant....
Semoga Allah selalu melindungi dan melancarkan proses persalinan kita nanti...amin ya robbal'almain,,,
   
23-02-2011 10:29:18 ke: 3
Jumlah Posts : 122
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal ya bun :)

Terima kasih atas info artikelnya ya bunda Indica :)

Nyeri ulu hati kemarin karena saya telat makan, jadi mengakibatkan asam lambung naik (padahal tidak punya maag atau asma). Ga lagi2 deh telat makan gitu, nyiksaaaa :(

Berbagi pengalaman sedikit ya bun, di usia kandungan 3-4 bulan saya kemarin tidak ada keluhan apa2, hanya kita makin bisa merasakan gerak janin yg makin hari makin aktif...... beda halnya ketika bulan 1-2 saya terkena sindrom Hiperemesis Gravidarum (mual, muntah hebat) untungnya ga sampai ke tahap parah (dehidrasi hingga muntah darah)..... sindrom muntah2 itu hilang gitu aja ketika masuk minggu ke 13. Nah, mulai ada keluhan lg di minggu2 sekarang2 ini nih bun (minggu ke 23), yaitu punggung jd jrawatan, suka sesak napas (padahal ga punya riwayat penyakit asma, jantung, ataupun paru2), sama nyeru ulu hati untuk pertama kalinya. Kalo jerawatan sih dr awal kehamilan sudah muncul2 diwajah, katanya babynya cowok, tp dokterku pelit ga mau ngasih tau tiap USG, katanya biar surprise, hehehe.....

kalo untuk keluhan kaki bengkak, kurangi garam bun, begitu sih katanya dari apa yg aku baca :)

Happy pregnant jg ya bun..... nikmati setiap gerakan janin didlm perut, selalu ajak komunikasi agar ikatan batin antara kita dan si calon baby tetap terjalin dengan baik :)
   
23-02-2011 10:44:43 ke: 4
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Maksi bunda youngmama untuk sharingnya....
Waaaaach...ternyata bunda sama banget yach dengan aku...aku juga kena hyperemesis gravidarium ampe d opname juga..hihihi....N dah mulai menghilang sejak usia 13 minggu klo sekarang masih sich, tapi jarang banget paling klo telat makan karena ku juga punya riwayat maag...
Oooowh gitu y bunda nyeri ulu hatinya krena telat makan???Klo bisa lagi2 jangan sampe deh bund, telat makan...sakiiiiiiiiiiiiiiiiiit rasanya....Klo aku telat makan bisa ampe muntah buund.....
Tapi klo yang aku tahu dari beberapa artikel n dokter, memang klo selama hamil itu produksi asam lambung kita meningkat, aku aj klo tidur pake bantal yang tinggi supaya asam lambungku g naik...
Tapi tetep ajah naik klo misal pas g kebetulan....hihihi....
Untuk kaki bengkak Alhamdulillah aku g ngalamin bund...
Tapi....untuk gerakan bayinya tuh seperti apa sich bund????
Klo selama minggu ke-15 itu...yang aku rasain cuman kadang terasa penuh banget di perut sebelah kanan ato kiri....trus klo dipegang keras banget n klo di elus2 gitu enak rasanya....
Tapinya juga kadang kayak ada sedikit benjolan gitu bund n kadang juga klo dibuat sujud...rasanya kayak ada yang ngganjel....

Jadi aku masih penasaran ma gerakan babynya bund...Kayak apah y bund, jelasnya????hihihi
   
23-02-2011 11:13:06 ke: 5
Jumlah Posts : 1381
Jumlah di-Like : belum ada like

Nyeri ulu hati Jika mengalami keluhan ini jangan panik. Hal ini disebabkan adanya sejumlah kecil isi lambung yang lewat di pangkal saluran kerongkongan (penghubung mulut dengan lambung). Solusinya: Tak perlu ke dokter untuk mengatasinya. Malah pencegahannya tergolong mudah. Selama kehamilan, jangan membungkuk atau berbaring datar. Kalaupun ingin berbaring cobalah gunakan bantal yang tinggi. Sediakan pula segelas susu di samping tempat tidur dan minumlah sedikit-dikit setiap kali terasa nyeri.
Sesak napas, dada ampeg, dada tidak nyaman.
Cara mengatasi:
• Duduk dan berdiri dengan postur yang baik.
• Ketika istirahat dengan posisi setengah duduk (semi fowler).
• Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu.
• Latihan nafas.

   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda