SITE STATUS
Jumlah Member :
312.103 member
user online :
1733 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kehamilan

mandi malam saat hamil baik atau gak yah?

New Topic :  
15-12-2009 22:38:55 ke: 1
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : 1
Dear bunda2 yg smart,,
Alhamdulillah,Usia kandunganku skrng udh mulai masuk minggu ke-7,,krn aku pulang kerja selalu malem diatas jam 7mlm, bahkan kdng bisa sampai jam 10mlm, jadinya aku sering sekali mandi malem sepulang kntr,,hal ini hampir tiap hr aku lakukan dr semenjak blum nikah sampe skrng aku hamil 7minggu.
Yang mau aku tanyain,,sebenrnya baik ga sih bagi baby aku kalo aku suka mandi malem dengan air dingin??apa nanti bisa ada efek sampingnya??krn terus terang,kalo pulang kerja trus aku ga mandi,aku gak bs tidur karena gerah dan berasa badan kotor krn udh beraktifitas diluar rmh seharian.
Atau sebaiknya aku mandi pake air hangat aja ya bund??
Mohon sharingnya ya bunda2 yang baik :)

Salam hangat,

Bunda pinkan
   
16-12-2009 09:35:47 ke: 2
Jumlah Posts : 80
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda Pinkan

Lam knal yah! Selamat atas kehamilannya.

Aduh Bun, mending jgn mandi mlm deh. Kasian janin masih terlalu muda dan rentan. Kata orang tua mah pamali atuh org hamil mandi mlm2. Yg uda hamil tua aja ga leh mandi mlm apalagi yg hamil muda?

Takut nanti de2nya masuk angin loh! Kan kasian. Apalagi dlm usia kandungan Bunda masih rentan keguguran. Jgn sepelekan mandi mlm loh.. Cerita sedikit yah (bkn maksud nakut2in). Blm lama ini tetanggaku kehilangan bayinya karena sering mandi mlm (katanya sih gerah mulu jadi mandi mlm). Karena itu trs dilakukan, hingga suatu ketika dy merasa keram perut yg berujung meninggalnya janin usia hampir memasuki 9bln. Kasian kan Bun padahal sedikit lagi lahir. Tapi karena kesalahan Bundanya, dy harus mengalah...

Sebaiknya Bunda di lap aja pakai air hangat. Usahakan jgn mandi wlwpn pakai air hangat. Karena ibu hamil saat mlm hari itu rentan sekali msk angin.

Semoga bermanfaat yah Bun...

Putri
   
09-01-2010 18:15:29 ke: 3
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Dear Pinkan,

Mengenai mandi malam dan segala macam mitosnya itu tergantung pada kepercayaan ibu. Saya sendiri lebih suka mandi malam hari karena lebih adem, secara saya tidak percaya ada penyakit yang namanya masuk angin (kok bisa?). Walau banyak yang bilang mandi malam itu tidak sehat, tapi tidak pernah terbukti secara medis kalau mandi malam berpengaruh dengan kesehatan. Buktinya saya sering mandi malam sejak remaja sampai sekarang tidak ada komplain masuk angin/tidak enak badan/rematik/dll.

Sewaktu sedang hamil 2 bulan, saya masih mandi malam, walaupun mertua saya sering marahin saya. Katanya bisa kembar banyu (kembar air). Yang setelah saya cari tahu penyebabnya, sebenarnya bukan mandi malam yang menyebabkan kembar air. Kondisi ini didapat pada ibu hamil tanpa sebab yang jelas, yang pasti ada masalah di pencernaan.

Jadi, saya se, kurang setuju dengan pendapat Putri yang ada kasus tetangganya itu. Keram perut sepertinya menunjukkan tanda-tanda kontraksi. Kemungkinan pada saat kontraksi itu air ketuban sudah pecah, tapi dia tidak menyadari hal itu, hingga akhirnya habis deh stok air ketuban, menyebabkan janin meninggal di dalam kandungan.

Walau saya hobi mandi malam, saat hamil ini kalau pun mau mandi malam, saya usahakan dengan air hangat. Bukan kenapa-kenapa (hidup saya mah jauh deh dari mitos), soalnya kalau mandi air biasa, jadi susah tidur. Bawaannya segar terus soalnya. Jadi paginya lemas karena begadang. Kalau mandi air hangat tubuh jadi rileks, dan kalau tidur jadi tenang, sehingga dapat tenaga baru begitu bangun pagi harinya.

Maaf, bukan mengajari, saya sendiri punya prinsip kalau hamil itu bukan penyakit atau penghalang untuk melakukan aktivitas. Walau saya sudah trimester 3, saya masih berani nyetir mobil sendiri dan melakukan kegiatan lainnya (cuci mobil malah). Hamil bagi saya adalah anugrah, jadi saya sering sekali mengucap syukur pada TUHAN dan mengajak janin saya bicara, merasakan tendangannya. Tidak sabar rasanya melahirkan nanti, ingin membuktikan kalau melahirkan itu tidak sesakit seperti yang dikatakan orang.

IMHO,
Lotta
   
09-01-2010 19:47:36 ke: 4
Jumlah Posts : 651
Jumlah di-Like : 3
dear bunda pinkan...

saya malah tiap malam mandi sejak hamil, pake air dingin ato air anget kalo lagi pengen. justru buat saya itu bikin seger dan rilex, tidur jadi lebih nyaman...
   
25-02-2012 09:29:37 ke: 5
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
 dear bunda pingkan..
 selamat ya atas kehamilannya
Usia kandunganku sudah 30 week dr awal kehamilan aq suka mandi malam..malah baru tahu kl itu gak boleh.. tapi syukurnya sampe sekarang siy gak ada keluhan yang berarti..
Kalo saya siy sependapat sama bunda lota karna sy jg kurang bgt percaya mitos biasanya sy cr dl info nya lewat internet..tp cb aja tanya sama dokternya
   
25-02-2012 11:26:45 ke: 6
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda Pinkan,,,,
Salam kenaL nih...
Selamat yaaaa atas kehamilan nya,,
Aku juga sering mandi malam koq,, usia kehamilan'ku sekarang sudah masuk 24 minggu. Bahkan bagiku,kehamilan sama sekali tidak mengganggu aktivitasku. Aku pulang kerja sore hari,lalu aku terkadang ada kegiatan lagi sepulang kerja sampai malam harinya, jadi aku terkadang mandi sampai rumah jam.09 atau 10 malam. Bahkan aku mandi tidak pernah dengan air hangat, aku mandi slalu dgn air dingin. Aku tidak percaya yg namanya bayi didalam kandungan bisa masuk angin. Kalau kita sebagai ibunya jorok pulang kerja malam tdk mandi,kan kasian jg anak yg dalam kandungan kita. Memang orangtua slalu hawatir jika aku slalu mandi malam,apalagi kehamilanku ini anak yg pertama. Tapi aku tidak slalu percaya dgn mitos, aku hanya Lillaahita'aLa saja. Yang terpenting aku slalu minumin vitamin dari dokter buat bayi dalam kandunganku ini.
So....jgn hawatir bunda,jgn jadikan kehamilan bunda sebagai beban.

 
   
25-02-2012 12:03:42 ke: 7
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda Pinkan,,,,
Salam kenal nih...
Selamat yaaa atas kehamilan nya ,,

Aku juga sering mandi malam koq,, usia kehamilan'ku sekarang sudah masuk 24 minggu.
Bahkan bagiku,kehamilan samasekali tidak mengganggu aktivitasku. Aku pulang kerja sore hari,lalu aku terkadang ada kegiatan lagi sepulang kerja sampai malam harinya, jadi aku terkadang mandi sampai rumah jam.09 atau 10 malam. Bahkan aku mandi tidak pernah dengan air hangat, aku mandi slalu dengan air dingin. Aku tidak percaya yg namanya bayi didalam kandungan bisa masuk angin. Kalau kita sebagai ibunya jorok pulang kerja malam tidak mandi,kan kasian juga anak yg dalam kandungan kita. memang orangtua slalu hawatir jika aku slalu mandi malam,apalagi kehamilan'ku ini anak yg pertama. Tapi aku tidak slalu percaya dgn mitos., aku hanya Lillahita'ala saja. Yang terpenting aku slalu minumin vitamin dari dokter buat bayi dalam kandunganku ini.
So....jgn hawatir Bunda,, jgn jadikan kehamilan bunda sebagai beban.
 

elliez,,
   
25-02-2012 15:32:10 ke: 8
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : 2
all bunda---->aku juga dulu pas hamil mandi malam terus lho bun,berendem pke air hangat klo ndak mandi and berendem  ndak bisa tidur.mitos kadang memberatkan malah bikin ribet,(aku juga menhindari yang namanya mitos ini itu),tpi kadang suami yng marah2 dikit  aku berendemnya terlalu lama sesudahnya aku masuk angin muntah2.aku hamil di trismeter ke-3 badannya gerah terus bun ....
   
26-02-2012 12:30:22 ke: 9
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : 1
saya jg hampir tiap hari mandi malam, sekitar jam 7an...
tp pake air biasa, krn saya tinggal di daerah panas jd airnya walaupun malem pun kerasa ga dingin..
menurut saya sih, kalo mandi malam tuh mungkin ditakutkan si ibu kedinginan, akhirnya babynya jg kedinginan.. apalagi sampe menggigil kan kasian...
ga usah percaya mitos ini itu deh kalo ga ada bukti secara medisnya... ntar malah hidup kita terbatas.. hamil itu bukan penyakit lho...

   
 page  1   
atau login dengan Facebook Anda