SITE STATUS
Jumlah Member :
506.420 member
user online :
338 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
siang dok..dok sy mau nanya,usia kehamilan sy 22w..kmrn hasil usg posisi debay sy uda normal kepalanya uda dibawah..yg sy mau tanyakan dok,apakah krn posisi kepala sidebay yg sudah dibawah,gerakan2ny hanya terasa dibagian bawah perut,kemudian perut sebelah kanan bagian bawah kadang2 terasa kram atau tegang,dn pinggul atau pinggang sebelah kanan jg terasa pegal..memng nnti tb2 hilang sndiri dok..apakah memng seperti itu atau bagaimana dok?sy jg suka klu buang air kecil klu uda bnyak minum..gk bsa tertahankan.
dn klu tidur katanya gk boleh terlentang ya dok?kadang klu miring Kekiri tidurnya terasa kurang nyaman dok..lbih nyaman terlentang dok.apakah memang bahaya ya dok tidur terlentang dri trimester ke 2 sampai ke 3 nnti?trima kasih dok sblmnya atas saran dn pendapatnya..
17 Mar 2017, 12:26
Dari : Apriani Rida

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan " :1. Memasuki trimester kedua mual-mual mulai berkurang. Tetapi mungkin Bunda akan sedikit merasa nyeri di bagian perut. Hal ini wajar karena rahim yang membesar dan mengakibatkan peregangan di sekitar ligamen.

2. Usia janin 15-16 minggu sudah sering bergerak meskipun Bunda belum terlalu merasakan gerakannya. Tulang tengkoraknya semakin solid dan ia sudah bisa mengisap jempolnya. Pada trimester kedua matanya sudah sensitif terhadap cahaya.

3. Beberapa Bunda merasakan sesak napas pada trimester ini. Jangan kuatir, hal ini masih normal. Paru-paru mulai terangkat naik karena rahim yang membesar. Jangan berlebihan makan supaya berat badan tidak meningkat pesat sehingga menambah sesak napas.

4. Lingkar pinggul dan pinggang Bunda mulai melebar. Mulailah membeli baju-baju hamil. Bunda tak nyaman lagi menggunakan t-shirt kesayangan Bunda. Pada minggu ke-27 berat badan Bunda akan bertambah 7-10kg. Berat badan yang naik bisa menimbulkan stretchmark. Nikmati saja Bunda! Stretchmark akan berkurang setelah melahirkan.

5. Produksi ASI mulai terasa pada trimester ini. Bunda mungkin merasa payudara Bunda bertambah besar dan keras. Mungkin Bunda harus membeli bra baru. Belilah bra untuk menyusui yang bisa dipakai saat si kecil sudah lahir nanti. Bila payudara terasa nyeri, Bunda bisa melakukan pemijatan memutar. Bersihkan puting dengan kapas basah.

6. Lebih bergairah. Memasuki bulan ke-4 dan 5 mungkin Bunda merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Tubuh Bunda menghasilkan lebih banyak hormon estrogen sehingga membuat Bunda lebih bergairah.

7. Sakit punggung dan pinggang. Perut yang semakin membesar membuat Bunda malas untuk berdiri tegak dan memilih sedikit membungkuk. Akibatnya sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Lakukan stretching saat bangun tidur dapat mengurangi sakit punggung dan pinggang.

8. Beberapa wanita hamil mengalami kaki, tangan, leher bahkan wajah bengkak. Kurangi konsumsi garam supaya bengkak menurun. Pastikan posisi kaki lebih tinggi saat Bunda tidur. Gunakan bantal untuk meletakkan kaki.

Meski perubahan-perubahan terjadi dalam tubuh, tetaplah nikmati kehamilan Bunda. Karena Bunda hamil yang bahagia dapat membantu pertumbuhan janin. Sehat terus kehamilannya ya Bun!
Tips: konsultasikan dengan dokter bila Bunda merasa ragu dengan perubahan yang terjadi.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bunda_Ayu24 " dengan judul pertanyaan "Keram Perut Saat Hamil" pada Tanya Bidan: Dear Bu Bidan...
saya memang punya riwayat kram perut kalau mau mentruasi, sekarang kehamilan saya sudah 5 minggu. tapi kram perut masih sering terasa padahal saya sedang hamil.

Bidan menjawab
Dear bunda Ayu,
Kram perut memang kadang menyertai kehamilan, pada kehamilan awal kram dapat terjadi akibat meregangnya otot yang menopang rahim, kram yang memburuk dan bertambah parah pada awal hingga pertengahan kehamilan dapat pula menjadi pertanda jika terjadi keguguran. Terlebih jika kram diikuti dengan perdarahan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "lilid " dengan judul pertanyaan " Posisi tidur ibu hamil " pada Tanya Dokter:dear dokter, saya saat ini sedang hamil 7 minggu. saat ini saya sering tertidur dengan posisi tengkurap, karna bila tidur telentang perut terasa kembung dan bila bangun dari tidur terasa mual.. Adakah pengaruh posisi tidur saya ini terhadap janin saya? tks, lilid

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda kawarina, Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung anda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS. Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :