SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
351 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


18w
dok, mau tanya. usia kehamilan saya 18w, sering ngerasa kebelet pipis. dan kalau kebelet kayak udah lama nahan gitu. padahal kalau udah dipipisin ya keluarnya ndak sebanyak rasa kebeletnya. bagaimana itu dok? apa itu normal?
14 Mar 2017, 16:30
Dari : Vindi Iktafi Masykuroh

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan" :
Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui di trimester kedua kehamilan Bunda:

1. Memasuki trimester kedua mual-mual mulai berkurang. Tetapi mungkin Bunda akan sedikit merasa nyeri di bagian perut. Hal ini wajar karena rahim yang membesar dan mengakibatkan peregangan di sekitar ligamen.

2. Usia janin 15-16 minggu sudah sering bergerak meskipun Bunda belum terlalu merasakan gerakannya. Tulang tengkoraknya semakin solid dan ia sudah bisa mengisap jempolnya. Pada trimester kedua matanya sudah sensitif terhadap cahaya.

3. Beberapa Bunda merasakan sesak napas pada trimester ini. Jangan kuatir, hal ini masih normal. Paru-paru mulai terangkat naik karena rahim yang membesar. Jangan berlebihan makan supaya berat badan tidak meningkat pesat sehingga menambah sesak napas.

4. Lingkar pinggul dan pinggang Bunda mulai melebar. Mulailah membeli baju-baju hamil. Bunda tak nyaman lagi menggunakan t-shirt kesayangan Bunda. Pada minggu ke-27 berat badan Bunda akan bertambah 7-10kg. Berat badan yang naik bisa menimbulkan stretchmark. Nikmati saja Bunda! Stretchmark akan berkurang setelah melahirkan.

5. Produksi ASI mulai terasa pada trimester ini. Bunda mungkin merasa payudara Bunda bertambah besar dan keras. Mungkin Bunda harus membeli bra baru. Belilah bra untuk menyusui yang bisa dipakai saat si kecil sudah lahir nanti. Bila payudara terasa nyeri, Bunda bisa melakukan pemijatan memutar. Bersihkan puting dengan kapas basah.

6. Lebih bergairah. Memasuki bulan ke-4 dan 5 mungkin Bunda merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Tubuh Bunda menghasilkan lebih banyak hormon estrogen sehingga membuat Bunda lebih bergairah.

7. Sakit punggung dan pinggang. Perut yang semakin membesar membuat Bunda malas untuk berdiri tegak dan memilih sedikit membungkuk. Akibatnya sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Lakukan stretching saat bangun tidur dapat mengurangi sakit punggung dan pinggang.

8. Beberapa wanita hamil mengalami kaki, tangan, leher bahkan wajah bengkak. Kurangi konsumsi garam supaya bengkak menurun. Pastikan posisi kaki lebih tinggi saat Bunda tidur. Gunakan bantal untuk meletakkan kaki.

Meski perubahan-perubahan terjadi dalam tubuh, tetaplah nikmati kehamilan Bunda. Karena Bunda hamil yang bahagia dapat membantu pertumbuhan janin. Sehat terus kehamilannya ya Bun!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Murtamah.Empien" dengan judul pertanyaan "Sering buang air kecil saat hamil" pada Tanya Bidan:sore Dok: saya siti, saya mau tanya Dok, kan usia kandungan saya sudah 2 bulan selama saya mengandung setiap malam hari saya selalu mengalami buatng air kecil terus menerus, yg saya mau tanaykan apakah itu ada efek nya ke janin Dok, untuk mengatasinya bagai mana ya Dok, terimakasih seblum dan sesudahnya

Bidan menjawab
Dear bunda Murtamah.Empien,
Keluhan sering buang air kecil saat hamil, timbul akibat tertekannya kandung kemih oleh rahim yang mulai berkembang sesuai dengan usia kehamilan. Keluhan ini masih dianggap wajar, dan tidak memberikan efek negatif ke janin. Disarankan untuk tidak menahan keinginan untuk buang air kecil karena dapat menyebabkan timbulnya infeksi saluran kencing, walaupun sering BAK sebaiknya porsi minum jangan dikurangi.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "
claluw.dhattii" dengan judul pertanyaan "Sering buang air kecil saat hamil" pada Tanya Dokter: Dok,,sya mau tanya gimana mengatasi selalu buang air kecil saat hamil karna sya mau pulang ke kampung.terus apakah ada pembalut yang mampu menampung urin?saat ini usia kehamilan sya 14w. Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Ketika hamil, tubuh Bunda mengalami banyak perubahan baik secara hormonal dan juga bertambahnya volume darah di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan banyaknya aliran darah dan cepatnya aliran darah yang diproses di ginjal sehingga menghasilkan air seni atau urine. Hal ini terjadi secara alami, terutama semakin membesarnya ukuran rahim maka kandung kemih akan semakin tertekan menyebabkan selalu terasa ingin buang air kecil. Untuk menyiasati hal ini, hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein ( contoh: kopi atau teh), ketika Bunda sedang buang air kecil, condongkan sedikit tubuh ke arah depan untuk membantu mengosongkan kandung kemih yang tertekan. Jangan menahan BAK karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi saluran kemih, jangan pula mengurangi asupan air minum agar tidak terjadi dehydrasi. Bila Bunda harus bepergian, berhenti pada tempat-tempat istirahat untuk BAK akan lebih baik.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :