SITE STATUS
Jumlah Member :
506.337 member
user online :
387 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
dok ,,, saya mau tny usia kehamilan saya 3 bulan tp merasakan rasa nyeri ky mau dtg haid rasax di bawah perut sebelah kiri itu knp ya dok ???
bahaya lah tuk janinQ ??
04 Mar 2017, 12:41
Dari : Bunda Rasya Phinkhers

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Nyeri Perut Bawah saat Hamil " :Pada masa kehamilan, Bunda akan merasakan nyeri pada perut bagian bawah, hal ini normal dirasakan, karena peregangan ligamen untuk menahan perkembangan rahim yang semakin membesar. Namun, nyeri perut bawah pada masa kehamilan dapat menjadi masalah yang serius, walaupun hal tersebut sangat jarang terjadi. Yuk, kita ketahui apa saja masalah serius yang menjadi penyebabnya.

Apa Saja sih Masalah Serius tersebut?
1.Kehamilan Ektopik
Kehamilan Ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Segera periksa ke dokter, jika Bunda merasakan gejalanya, semisal: nyeri perut bawah yang berlebihan, pendarahan atau spotting (bercak darah), rasa nyeri hebat ketika melakukan aktifitas sehari-hari dan nyeri di pundak.

2.Abortus Spontan
Biasanya terjadi pada 20 minggu pertama kehamilan. Spotting disertai perdarahan, merupakan gejala awalnya, diikuti dengan nyeri perut bagian bawah selama beberapa jam atau berhari-hari.

3.Persalinan Prematur
Salah satu gejala Persalinan Prematur adalah ketika Bunda mengalami kontraksi yang lebih sering dan menyakitkan sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu, dan merasakan nyeri punggung yang terus-menerus. Kontraksi tersebut tidak selalu disertai dengan pecah ketuban atau pendarahan, bahkan banyak yang tidak dapat membedakannya dengan Braxton Hicks (Kontraksi Palsu).

4.Abrupsi Plasenta
Abrupsi Plasenta dapat menyebabkan pendarahan hebat secara tiba-tiba, namun gejala tersebut tidak selalu sama pada tiap orang, beberapa ada yang mengalami pendarahan ringan, spotting, sakit punggung, kontraksi cepat dan sakit kepala.

5.Preeklamsia
Preeklamsia merupakan kondisi dimana Bunda akan mengalami tekanan darah tinggi yang disertai dengan meningkatnya kadar protein dalam urin. Gejala dari preeklamsia adalah nyeri perut bawah, sakit kepala, bengkak pada bagian tubuh dan gangguan visual.

6.Infeksi Saluran Kemih
Gejalanya adalah nyeri di bawah perut dan kesulitan untuk berkemih. ISK yang tidak ditangani akan menimbulkan masalah serius pada kehamilan.

Apa Saja Penyebab Nyeri Perut yang Tidak Berbahaya?
Ketika Bunda memasuki masa pertengahan kehamilan, kadangkala Bunda akan merasakan rahim mengencang dan kembali normal seperti semula, jenis kontraksi ini disebut dengan Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu. Kembung dan Konstipasi juga merupakan penyebab nyeri perut yang tidak berbahaya.

Tidak setiap nyeri perut bawah pada kehamilan adalah berbahaya, selama nyeri tersebut berlangsung sebentar, maka aman. Rasa nyeri tersebut dapat Bunda minimalisir dengan melakukan olah tubuh ringan, berendam air hangat, perbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Tapi, tetaplah waspada! Jika Bunda tidak yakin mengenai aman tidaknya nyeri yang dirasakan, segera periksa ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Sofie Moniaga " dengan judul pertanyaan "Usia Kehamilan 7w Perut Bagian Bawah Sakit " pada Tanya Bidan:kehamilan saya sdh msk 7w, tp knp ya suka sakit di perut bagian bawah yg sebelah kiri. trims

Bidan menjawab
Dear bunda Sofie Moniaga,
Nyeri perut bagian bawah bisa disebabkan karena buah kehamilan yang semakin membesar, membuat ligamentum penggantung rahim menjadi melar dan tertarik sehingga menjadi nyeri, karena lokasinya berada di sisi kanan dan kiri rahim maka nyeripun dapat dirasakan pada kedua sisi ataupun hanya di satu sisi saja.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Valeria 1988 " dengan judul pertanyaan "Perut nyeri di kehamilan 12 minggu " pada Tanya Dokter:Selamat sore dok, saya mau nanya sewaktu memasuki kehamilan 12 minggu sampai menginjak kehamilan 13 minggu ini perut saya sering sekali nyeri terutama di perut kanan agak ke bawah, tapi tidak terlalu kontinyu hanya lumayan sering, dan sakitnya jg kadang-kadang berpindah-pindah setelah hampir seharian nyeri di perut kanan, nanti siang setelah makan pindah sedikit nyeri di kiri atau di tengah, atau di bawah tepat diatas kandung kemih. Apakah normal ya dok? atau perlu perhatian khusus? jadwal cek dokter saya masih kurang lebih 2 minggu lagi jadi saya agak2 kurang sreg kalau harus cek ke dokter kandungan saya sekarang. Terimakasih jawabannya dok.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk pertanyaan Bunda memerlukan pemeriksaan secara langsung. Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. Keluhan nyeri pada daerah ulu hati juga bisa ditemukan karena adanya asam lambung yang tinggi saat kehamilan. Makanlah dalam porsi kecil namun sering, kunyahlah makanan hingga lembut dan hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang pedas atau asam. Apabila Bunda menemui adanya perdarahan menyertai keluhan nyeri Bunda maka segera periksa ke dokter meski belum waktunya untuk kontrol kehamilan. Semoga jawaban saya dapat membantu Bunda.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :