SITE STATUS
Jumlah Member :
506.420 member
user online :
568 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Bb anak kurang


Bb anak kurang
Anak sy 17bln bb nya hanya 7kg dok 😭 Berat lahir hanya 2,4kg Dlu sempat sy ksh sufor bblr tp hanya 2hari saja krn dia tdk mau sufor, Jd sejak lahir msh saya kasih asi sampai skrg, Sebulan terakhir ini br mau sufor, apakah terlambat jk sy beri susu BbLR lg d usia nya yg 17bln? Oiya dok apakah jika bayi bb ny susah naik ada kemungkinan terkena flek paru? Tp anak saya sehat dan jaraaaang sekali sakit,
Terimakasih
03 Mar 2017, 2:39
Dari : dhewi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Berat Badan Ideal Si Kecil" :Jangan pernah membandingkan bayi Bunda dengan bayi tetangga yang chubby dan gemuk. Membandingkan bayi sendiri dengan bayi lain bukan langkah tepat. Bayi dilahirkan dengan ukuran dan ciri yang berbeda. Rata-rata berat badan bayi yang baru dilahirkan berkisar antara 2,5 – 4,5 kg.

Ukuran dan berat badan bayi dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Perlu diketahui Bunda, berat badan bayi saat baru dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam pertumbuhannya. Yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.

Oleh sebab itu, daripada "galau" melihat bayi lain, lebih baik mengacu pada grafik pertumbuhan bayi bersumber dari WHO untuk memonitor berat badan dan panjang bayi si kecil setiap bulannya melalui kartu menuju sehat (KMS) yang dapat bunda dapatkan pada posyandu atau dokter spesialis anak (DSA).

Menurut WHO yang disebut berat badan ideal untuk usia 3 bulan adalah yang masuk dalam range 5,1 kg - 8,0 kg dan untuk anak 3 tahun adalah 11,4 kg - 18 kg.

CARA MENGHITUNG BERAT BAYI IDEAL :

1. Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4

a. Untuk usia 1-6 bulan dapat menggunakan rumus : BBL(gr) +(usia x 600 gram)

b. Untuk usia 7-12 bulan dapat menggunakan rumus :

- BBL (gr) + (usia x 500 gram )

- (usia/2) +3

2. Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8

CONTOH :
Anak balita usia 2 tahun 10 bulan, berarti ditulis dengan n = 2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n), jadi hasilnya adalah 4,20.

Hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan, 20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4 + 1,8 = 5.8

4,20 berubah menjadi 5,8, baru kemudian ditambah dengan 8. Maka Berat badan Idealnya adalah 13,8 kg.

* BBL adalah Berat Badan Lahir Usia dinyatakan dalam bulan

Di bawah ini merupakan tabel berat badan anak normal sesuai usianya, yang diambil dari tabel pertumbuhan anak menurut WHO. Pada tabel dibedakan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan, yang memiliki nilai normal masing-masing.

- Anak yang berada antara batas bawah dan batas atas – tergolong berat badan normal sesuai usianya.
- Anak yang beratnya berada di bawah batas bawah – tergolong underweight (berat badan kurang).
- Anak yang beratnya berada di atas batas atas – tergolong overweight (kelebihan berat badan)
Tabel Berat Badan Anak Sesuai Usia menurut WHO (to big for handphone):


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ChelsieCynkDiktazelaloe " dengan judul pertanyaan " Menaikkan Berat Badan Anak " pada Tanya Bidan:Bagaimana cara menAikkan BB ank sy pdhl mkn ny byk.tp ssh naik timbgnny.

Bidan menjawab
Dear bunda ChelsieCynkDiktazelaloe,
Banyak faktor yang dapat menyebabkan berat badan anak tak kunjung bertambah, antara lain faktor genetik, pola aktivitas ( asupan makanan tidak sesuai dengan energi yang dikeluarkan ), pencernaan yang kurang sempurna, serta adanya cacingan ataupun flek paru. Disarankan untuk menambahkan makanan bernutrisi tinggi kalori, beri camilan bergizi sebagai selingan diantara waktu makan, beri tambahan zat besi, pastikan anak memiliki cukup waktu untuk menikmati makanannya, usahan tidak memberikan minum terlalu banyak saat makan. Sebaiknya lakukan pemantauan tumbuh kembang anak secara rutin, sehingga dapat segera ditangani bila terjadi keadaan yang abnormal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " nana tufek " dengan judul pertanyaan " Berat Badan anak yang kurang " pada Tanya Dokter:dokter tanti...bayi saya sekarang sudah berumur 14 bulan minggu ini, dan berat badan hanya 7kg...sangat dibawah normal...saya selama 10 bulan hanya memberi asi dok selain mpasi dan skg saya sudah memberikan tambahan sedikit susu UHT...utk makan tidak susah memberikannya...utk asi juga...tapi berat badan tidak naik-naik dok..apa ada pengaruh dari mknan yg saya makan dok...saya lbh ke vegetarian.... dari perkembangan bicara dan jalan sudah sangat baik dan lncar sejak 12bulan mohon informasi saran dari dokter....terima kasih...

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah Bunda sudah memeriksakan anak Bunda kepada dokter spesialis anak mengenai hal ini? Apabila asupan makanan dan minuman sudah baik namun berat badan tidak juga berada dalam batas normal, maka perlu dicurigai apakah ada hal lain yang menghambat bertambahnya berat badan. Apakah ada keluhan lain seperti diare dan lainnya? Agar lebih jelas sebaiknya anak Bunda diperiksa lebih lanjut lagi agar dapat diketahui penyebab dan terapi yang tepat.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Lely Juniar " dengan judul pertanyaan "vitamin untuk nafsu makan " pada Tanya Apoteker:dok anak saya 3 thn susah banget makannya vit yg bagus apa ya?

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Lely,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Peningkat nafsu makan yang natural seperti fenugreek (klabet), kunyit, jahe dan ginseng dapat diberikan pada anak. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Berikan vitamin khusus anak seperti vitamin C, D, zink, kalsium dan B12. Suplemen yang dapat diberikan untuk peningkat nafsu makan seperti minyak ikan serta madu dapat meningkatkan nafsu makan.

Pemberian makanan yang tinggi nutrisi juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, karena tinggi vitamin dan mineral. Buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat dapat membantu meningkatkan nafsu makan seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberi. Buat makanan tampil semenarik mungkin. Pemberian makanan berbasis susu seperti smoothies dan yoghurt yang kaya akan serat, kalsium serta vitamin B12. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga dapat meningkatkan nafsu makan. Buatlah jadwal makan yang teratur untuk anak.
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu bunda. Terima kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita