SITE STATUS
Jumlah Member :
506.418 member
user online :
714 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Tentang Kehamilan


Tentang Kehamilan
Dok saya mau tanya , saya hamil 12minggu 6hari divagina saya keluar darah putih kental tapi gak banyak itu kenapa ya dok?
22 Feb 2017, 12:09
Dari : Winda Yulianasari

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Jangan Sepelekan Keputihan!" :Kita perempuan seringkali direpotkan dengan masalah keputihan. Rasa tidak nyaman kerap kali timbul menjelang atau sesudah haid. Meski demikian, bukan berarti Bunda yang sedang hamil tidak bisa mengalami keputihan, lho.

Tenang, jangan lantas panik mendengarnya, lebih baik Bunda kenali dulu macam-macam keputihan.
Jenis Keputihan :
dr. R. Muharam, SpOG (K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menjelaskan beberapa jenis keputihan :
Keputihan normal
terjadi pada saat ovulasi, pre dan pasca haid, saat terangsang mau pun saat kehamilan
Keputihan patologis
disebabkan oleh jamur, bakteri dan benda asing. Ciri-cirinya berbau, gatal dan warna kekuningan
Keputihan ganas
keputihan yang mengakibatkan kanker serviks (leher rahim)
“keputihan pada wanita hamil umumnya disebabkan meningkatnya kadar hormon yang mempengaruhi kelenjar-kelenjar sekitar kelamin sehingga lebih banyak mengeluarkan cairan.” paparnya.

Beberapa jenis buah-buahan juga dikatakan dapat merangsang timbulnya keputihan seperti ketimun dan semangka, tetapi menurut dr. Muharam belum ada penelitian yang mengaitkan kadar lendir serviks dengan buah-buahan.

Efek pada janin :
Pada keputihan yang bersifat patologis bila terjadi infeksi bisa menimbulkan kontraksi dan penipisan selaput lendir rahim yang mengakibatkan pecahnya ketuban, infeksi intra uterin hingga kelahiran premature. Bahkan bisa berujung pada kesakitan dan kematian bayi.

Untuk pengobatan dilihat dari jenis keputihannya. Kalau disebabkan oleh jamur diobati dengan obat jamur, kalau bakteri digunakan obat-obatan yang aman bagi janin. Sebaiknya selalu konsultasikan ke dokter kandungan Bunda.

Tips :
Jangan menggunakan obat-obatan antiseptik secara rutin. Hal ini dapat mengganggu ekosistem pada vagina yang justru merangsang terjadinya keputihan


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "chris31" dengan judul pertanyaan "keputihan tidak kluar cairan dr vagina tapi berbau " pada Tanya Bidan: Dok, sy mau tanya. Sy sdang hamil sekarang dan sy mngalami kptihan.tpi cairan kptihan'y memang tdk kluar dr vagina sy, cuma kalo shabis HB sm suami, itu trcium bau ga enak dr cairan yg ada d dlm vagina. Mnrt dokter apa itu bahaya? Bahaya kah buat janin sy? Mohon infonya dok.. trimakasih dok..

Bidan menjawab
Dear bunda Chris,
Saat hamil karena perubahan hormonal membuat bunda lebih rentan terhadap keluhan cairan divagina. Pada saat hamil cairan vagina mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju rahim, tetapi tidak semua cairan vagina memberikan manfaat, karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, virus, atau parasit justru akan membuat pengaruh buruk dari terjadinya infeksi vagina. Apabila keputihan tidak segera diatasi, maka akan berdampak buruk pada janin, seperti kelahiran prematur, dan menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Feti Zianty" dengan judul pertanyaan " Keputihan saat hamil " pada Tanya Dokter: dr. Yanti yg saya hormati.. usia kehamilan sy 15 minggu, kira2 3 minggu yg lalu keluar cairan encer kl lama2 di CD jd wrna kuning. lama2 gatal trus ada gumpalan putih tp sdikit. kmudian sy k bidan tgl 13 maret 2012(sore) dan diberi Amoxilin (3x sehari selama 5 hr) sm 1 obat lg yg di minum 1xsehari. besok paginya keluar gumpalan putih agak kuning. apa amoxilin tdk berbahaya bagi janin? bagaimana ciri keputihan yang berbahaya bagi janin? apabila ada cairan yang keluar saat hamil apa itu dari air ketuban? terima kasih ats jwbnya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Obat Amoxicillin termasuk antibioyik golongan B yaitu Studi pada reproduksi hewan belum menunjukkan risiko janin tapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau reproduksi hewan studi telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita di trimester 1 (dan tidak terdapat bukti risiko di trimesters kemudian). Dengan kata lain, obat-obatan golongan B dapat diberikan pada ibu hamil dan menyusui dengan pertimbangan bahwa manfaatnya lebih besar dari resiko nya apabila tidak diberikan obat ini. Keputihan patologis dapat membahayakn karena dapat beresiko infeksi lebih lanjut pada kehamilan, dengan ciri-ciri cairan keputihan tersebut berbau, berwarna hijau, kuning atau putih susu seperti keju , gatal bahkan terasa panas pada kulit daerah genital. Cairan yang keluar dari daerah intim tidak selalu cairan ketuban. Untuk membedakan dari cairan vagina, cairan ketuban biasanya berbau khas dan anda akan membedakan bahwa itu bukan lah bau air kencing (urine), pada umumnya berwarna bening, sedikit keruh bahkan kehijauan bila





Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel