SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
337 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
dok .. saya mau tanya .. terakhir saya mens tgl 19 jan 2017 (HPTH)
sekarang saya belum dtg bulan juga ...
apakah mungkin saya hamil ???
sebelumnya mens rutin setiap 28 hari
terimakasih
22 Feb 2017, 11:31
Dari : Anindya Lova Setiyoko

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Persiapkan Perencanaan Kehamilan " :Beberapa pasangan pengantin baru biasanya segera ingin mendapatkan momongan setelah menikah. Bukan hanya pengantin baru, beberapa Bunda yang memiliki batita juga ingin segera memberikan adik pada buah hatinya. Untuk mewujudkan impian itu tentu harus dilakukan perencanaan kehamilan, mulai dari menghitung masa subur, kapan sebaiknya melakukan hubungan intim, memilih vaksinasi yang tepat sebelum hamil hingga memperhatikan asupan nutrisi yang dapat membantu Bunda untuk segera hamil.

Tidak sedikit dari para Bunda yang merencanakan kehamilan merasa kuatir, apakah perencanaannya sudah tepat sehingga kehamilan dapat segera terjadi. Bagaimana dengan Bunda? Apakah Bunda termasuk salah satunya yang merencanakan kehamilan?
Untuk merencanakan kehamilan, tentunya diperlukan persiapan. Berikut beberapa hal yang bisa Bunda lakukan:

1.Menghitung Masa Subur
Menghitung masa subur dapat dilakukan dengan beberapa cara:

-sistem kalender. Masa subur paling tinggi adalah hari ke-14, dihitung dari hari pertama menstruasi (bila siklus menstruasi normal)
-Mengukur suhu tubuh. Buatlah grafik suhu Bunda pasca menstruasi. Pada saat grafik paling tinggi, itulah masa subur Bunda.
-Memeriksa cairan bening setelah menstruasi. Ambil cairan pada telunjuk, lalu rekatkan dengan ibu jari. Bila cairan terlihat panjang pada saat kedua jari dibuka, maka Bunda berada pada masa subur.
-Melakukan masa subur dengan alat tes Ovulasi.

2.Tepat Melakukan Hubungan Intim
Lakukan hubungan intim 2-3 kali dalam seminggu. Frekuensi bisa ditambah pada saat masa subur. Posisi berhubungan intim juga perlu diperhatikan. Posisi Man on Top memberi kemungkinan lebih besar sperma masuk dan bertahan.

3.Vaksinasi
Sebaiknya Bunda melakukan vaksinasi 3-6 bulan sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini bisa Bunda lakukan sebagai upaya pencegahan terinfeksi parasit, bakteri dan virus. Dapatkan vaksinasi TORCH untuk mencegah (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes). Setelah vaksinasi biasanya dokter akan meminta Bunda untuk menunda kehamilan selama 3 bulan.

4. Memperhatikan Nutrisi
Bunda perlu memperhatikan asupan nutrisi Bunda. Makanlah makanan yang mengandung Asam Folat karena Asam Folat dapat meningkatkan kualitas sel sperma dan sel telur. Asam Folat ada pada bayam, brokoli, kacang-kacangan, pisang, melon, dll. Selain Asam Folat, Vitamin E juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Sekarang banyak dijual vitamin E dalam bentuk tablet dan pil. Tetapi bila ingin mendapatkannya secara alami, makanlah salada, buncis, produk susu, kecambah (toge), daging, minyak kedelai, telur, dll.

Nah, kini Bunda sudah tahu bagaimana persiapan untuk merencanakan kehamilan. Bunda tak perlu lagi kuatir lagi. Jangan lupa, semakin Bunda rileks, semakin memudahkan proses kehamilan terjadi.

Tips :
Bila Bunda telah menikah lebih dari 1 tahun tetapi belum juga hamil, sebaiknya Bunda periksakan ke dokter. Begitu juga dengan Bunda yang ingin segera memberi adik pada si kecil. Konsultasikan pada dokter kandungan kepercayaan Bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Noor Laila Rizki Septiani " dengan judul pertanyaan "Terlambat haid dan kram perut tanda hamil? " pada Tanya Bidan: assalamualaikum dok...saya wanita usia 26 sudah menikah akhir tahun kemarin. terakhir haid saya tanggal 19 juli 2016, sampai sekarang belum dapat. seharusnya tgl 20 agustus sudah haid..tapi tgl 18 sempat keluar darah sedikit.saya kira haid, tp sewaktu saya pakai pembalut tdk keluar darah sama sekali..kalau dihitung smpai hari ini saya terlambat 18 hari..tp payudara masih terasa sakit,nyeri,dan agak membesar...anehnya lagi pagi ini sampai siang merasakan kram perut yg amat sakit..apakah ini merupakan tanda kehamilan? tp saya tidak merasakan mual/muntah...mual hanya kadang2 saja...mohon penjelasaanya dok...oh iya dan sebulan ini sudah 2x divonis darah rendah...
terimakasih

Bidan menjawab
Wa'alaikumussalam bunda Noir Laila Rizki Septiani.,
Adanya keterlambatan haid memang dapat menjadi salah satu tanda tidak pasti adanya kehamilan. Keluhan yang bunda alami, selain disebabkan oleh adanya kehamilan, dapat juga disebabkan oleh adanya faktor lain, seperti gangguan hormonal, stress, aktifitas yang berlebih, gangguan pada rahim, serta efek samping dari pemakaian obat. Disarankan untuk melakukan tes kehamilan dengan menggunakan tespack, atau bunda dapat memeriksakan keluhan bunda langsung pada dokter, pemeriksaan fisik, USG dan pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk mengetahui penyebab keluhan, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Felsan(2) " dengan judul pertanyaan " Tanda-tanda kehamilan " pada Tanya Dokter:Siang Dr.Tanti Sy mau tanya nih, agustus kmrn sy haid tgl 3, nah sept ini sy belum juga haid, krna baru telat bbrpa hari kan belum bisa ditestpeck karna sy dah coba 2x test msh negatif.. Tp ya Dr. kenapa yah badan sy rasa nya pegel bngt, perut rasanya pegel, beda sekali sewaktu mau haid, biasanya sy mau haid gak pernah seperti ini, cuma tanda nyeri diperut 2hari atau 1 hari sebelum haid.. klo ini sy alami, seperti pegal, badan sakid, pinggang sakid, linu, gusi tiba2 bengkak, badan kayanya agak gak enak, udah 2x bangun pagi agak gmna gituh suara berubah bindeng, tp siangnya sudah gak lagi.apa kah sy hamil Dr??Puji Tuhan klo sy bener2 hamil.. Apa memang seperti ituh ciri2nya? trims atas jawabannya Dr. Tanti

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Felly Herawati, Tanda-tanda kehamilan yang pada umumnya ditemui adalah: Berhentinya menstruasi, bertambahnya nafsu makan, terasa cepat lelah, bertambahnya frekuensi berkemih, mual dan muntah dan perubahan pada payudara. Anda dapat memeriksa kadar HCG urine anda dengan menggunakan test pack 2 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir sesuai jadwal siklus menstruasi anda. Apabila ternyata anda tidak hamil, tetapi tidak mengalami menstruasi, kemungkinan anda mengalami ketidak seimbangan hormonal. Anda dapat memeriksakan diri anda kepada dokter anda.




Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel