SITE STATUS
Jumlah Member :
506.495 member
user online :
385 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - suntik imun


suntik imun
Met pagi d0k,usia kehamilan sya sdah 13 minggu per tgl 09feb2017 llu stlah cek di bidan terdekat. Dri awal nikah smp skrg sya blm ada suntik imunisasi d0k,, apkah itu gpp bwt sya dan bayi sya ?? Prnh tnya di puskesmas utk suntik imun, kta org puskesmas jgn dlu krna usia khamilan msih muda, nnti di usia 6 bln bru suntik imun gpp,, apa bnar itu d0k ?? Pngaruh bwt sya n kehamilan andai tdak suntik gmna ?? Makasih
11 Feb 2017, 9:55
Dari : astry_0102

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Sistem Imun Pada Ibu Hamil":Terlebih bila Anda sedang hamil, karena ibu yang sistem imunnya kurang baik, sering kali mengalami kegagalan dalam kehamilannya. Baik itu keguguran, kehamilan dengan berat badan bayi rendah, kehamilan prematur (kurang bulan), keracunan kehamilan (preeklampsia atau eklampsia), ataupun kematian bayi di dalam kandungan. Tentulah hal ini tidak Anda inginkan.
Penelitian dari Potter (1992) menyebutkan terjadinya kegagalan awal dari kehamilan 40% disebabkan karena faktor kekebalan tubuh, 6% karena faktor kromosom, 5% karena abnormalitas fungsi reproduksi, 10% karena penyakit sistemik dari ibu, 29% karena gangguan hormon, sedangkan 10% karena faktor yang tidak diketahui (unexplained).
Perlu diketahui bahwa saat kehamilan memasuki umur empat bulan biasanya terjadi “morning sickness”, yang ditandai dengan tubuh lemas, pusing, mual bahkan muntah di pagi hari hingga sepanjang hari. Namun, mabuk pagi ini sifatnya hanya individual dan gejala ini hanya dialami 50-90% wanita. Ketika morning sickness muncul, banyak calon ibu sering atau tak sengaja mengabaikan kebutuhan gizi. Padahal, pada trimester pertama ini kebutuhan gizi justru perlu perhatian lebih, baik dari segi jumlah maupun mutu makanan. Bila asupan gizi tidak terpenuhi akan menyebabkan sistem imun menurun.

Asupan gizi yang diperlukan Ibu hamil untuk menjaga sistem imun agar tidak gampang sakit:
Protein Berfungsi untuk membangun sel-sel baru, termasuk sel darah, kulit dan jaringan otot. Protein juga dibutuhkan plasenta untuk membawa makanan ke janin. Protein terdapat pada daging, keju, ikan, telur, kacamg-kacangan, tahu, tempe dan oncom.

Kalori
Kalori dibutuhkan untuk perubahan dalam tubuh ibu hamil. Meliputi pembentukan sel-sel baru. Pengalihan makanan dari pembuluh darah ibu janin melalui plasenta dan pembentukan enzim dan hormon yang mengatur pertumbuhan bayi.

Vitamin dan Mineral Diperlukan vitamin dan mineral yang merupakan zat gizi penting selama hamil. Vitamin A dengan jumlah optimal sangat diperlukan unruk pertumbuhan janin. Vitamin B1,B2 dan Niasin berguna untuk proses metabolisme tubuh. Sedangkan B6 dan B12 berguna untuk penggunaan protein dalam tubuh. Vitamin C penting untuk menyerapan zat besi dalam tubuh untuk mencegah anemia. Untuk pembentukan tulang dan sendi janin diperlukan vitamin D, namun tentu saja kalsium juga berperan penting. Vitamin E berguna untuk pembentukan sel darah merah serta melindungi lemak dari kerusakan. Asam folat dan seng berguna untuk pembentukan saraf pusat. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat mengurangi risiko kelainan sistem saraf pusat dan otak janin. Makanan yang kaya asam folat yaitu jeruk, pisang, brokoli, wortel dan tomat.

Serat
Konsumsi serat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran, membantu kerja sistem ekskresi sehingga mudah buang air besar.

Air
Dalam keaadan normal saja kita dianjurkan meminum air putih sehari, apalagi bagi wanita hamil yang mengalami morning sickness diharuskan minum lebih banyak air untuk mengurangi dehidrasi.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ratih aida" dengan judul pertanyaan " suntik sebelum nikah " pada Tanya Bidan: bu Bidan mau nanya dong emang penting yach suntik sebelum nikah kta tetanggaku, aku lupa namnya suntuk apa? aku mau nikah skrg cma minum susu lovamil utk ibu hamil bekas kaka ku masih banyak kali aja udah nikah aku langsung hamil ? mohon info bu bidan

Bidan menjawab
Dear Ratih Aida,
Imunisasi TT adalah vaksin yang mengandung Toksoid Tetanus yang telah dimurnikan, yang berfungsi untuk pencegahan tetanus dan tetanus pada bayi yang baru lahir. Imunisasi TT pra nikah sangat penting, karena setelah menikah pada saat awal melakukan hubungan intim, umumnya vagina akan mengalami luka akibat robeknya selaput dara, luka ini bisa jadi jalan masuknya bakteri tetanus. Untuk bisa mendapatkan perlindungan optimal, suntik TT harus dilakukan sebanyak 5 kali dengan jadwal yang benar dan teratur. Apabila suntik TT sudah lengkap 5 kali dengan jadwal sesuai anjuran, maka anda dapat terlindungi dari tetanus selama 25 tahun mendatang. Untuk persiapan kehamilan disarankan untuk melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, olah raga teratur, menjauhi makanan yang mengandung bahan pengawet, MSG, alkohol serta rokok.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " susiisnani " dengan judul pertanyaan " Suntik TT " pada Tanya Dokter:dok, saya mau tanya. apa masih boleh suntik TT di usia 7 bulan. karena selama ini belum pernah suntik TT ? kata nya tidak papa gak suntik TT kalau lahiran nya di rumah sakit. minta info nya ya dok. terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Suntikan vaksin TT diberikan setidaknya 1 bulan sebelum proses kelahiran. Sejak awal diketahuinya kehamilan, sudah dapat diberikan suntikan vaksinasi TT, suntikan diberikan 2 kali dengan jarak waktu 4 minggu diantara suntikan pertama dan kedua. Saat ini kebersihan dan sterilitas alat persalinan sudah semakin baik sehingga infeksi tetanus tidak banyak terjadi, namun adanya vaksinasi dapat mencegah terjadinya tetanus dengan pembentukan antibody pada tubuh. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter yang akan menolong persalinan dalam hal ini.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum