SITE STATUS
Jumlah Member :
506.538 member
user online :
957 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - persalinan


persalinan
saya baru melakukan persalinan normal yang membuat bnyak jahitan di mis v... pada saat masa nifas darah yang keluar hanaya seperti flek atau keputihan agak keruh dan sedikit setelah 40 hari malah ada darah merah saya pikir itu menstruasi tp biasa hanya jalan 1 minggu ini dari saya bersalin sampai 54 hari masih ada darah yang keluar,,, apakan itu normal dan atau darah istikhadoh
10 Feb 2017, 18:46
Dari : Andrea Zahrana

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan" : Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.
2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.
3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nurul Ishlah Mawaddah" dengan judul pertanyaan "Nifas Belum berhenti dan Luka Jahitan Pasca Melahirkan belum juga kering" pada Tanya Bidan: Bu bidan... sdh lebih 40 hari saya melewati masa nifas saya,ini sudah hari ke 45 pasca persalinan, namun yang saya herankan kok darah nifas saya masih keluar lumayan banyak yah bu Bidan? saya fikir ini hal yg harus diperhatikan karena melebihi waktu 40 hari, belum lagi luka jahitan pasca persalinan blom juga kering2 bu... jadi rasa nyeri selama buang air kecil terus2 saya rasakan... apa yg harus saya lakukan ibu bidan saya takut saya mengidap penyakit kelamin.... atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Nurul Ishlah Mawaddah,
Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kelahiran buah hatinya. Untuk keluhan yang bunda rasakan saat ini, apakah darah yang keluar jumlahnya banyak ? Bila darah yang keluar berwarna merah dan banyak, kemungkinan siklus haid bunda sudah kembali. Untuk luka jahitan, proses penyembuhan biasanya berlangsung selama 7 hari. Bila sampai saat ini luka masih basah/belum mengering dikhawatirkan terjadi infeksi. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan bidan atau dokter yang menangani persalinan bunda, agar dapat diberikan terapi serta tindakan yang sesuai.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Yuni123" dengan judul pertanyaan "Haid setelah masa nifas" pada Tanya Dokter: Dok, sy mau tanya?sy habis melahirkan 3 bulan yg lalu dan sy nifas sktr 69hari baru selesai, sy tdk tahu apa itu disambung lgsg dgn haid apa tidak??yg sy tanyakan kenapa setelah nifas selesei, bulan selanjutnya belum haid yaa dok??,,normal atau tdk ya dok utk ibu yg habis selesai nifas,,terima kasih,,mohon jawabannya,,

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah Bunda sedang menyusui ASI eksklusif? Bila iya, maka Bunda bisa mendapati adanya gangguan siklus menstruasi yang umum terjadi dialami oleh para Bunda yang menyusui ASI eksklusif karena adanya pengaruh hormonal. Namun biasanya gangguan haid ini adalah berhentinya haid sama sekali atau hanya berupa flek. Bila Bunda menggunakan suntik KB 3 bulan atau pil KB laktasi, gangguan haid juga bisa di alami. Pada ibu yang menyusui ASI hendaknya menggunakan KB suntik per 3 bulan, pil KB laktasi, IUD ataupun kondom untuk mencegah kehamilan dan tidak mempengaruhi produksi ASI.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel