SITE STATUS
Jumlah Member :
506.353 member
user online :
427 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - manfaat vitamin


manfaat vitamin
malam dok...saya mau bertanya saya stiap bulan cek k bidan dan slalu di kasih vitamin folix...vitamin folix itu manfaatnya untuk ap ya dok??apa memang harus d mnum untuk bayinya
09 Feb 2017, 22:49
Dari : Az Zahrabella

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Pentingnya Asam Folat untuk Janin" : Cacat lahir pada bayi terjadi pada minggu ke-3 dan ke-4 kehamilan. Untuk itu asam folat atau juga disebut vitamin B9 wajib dikonsumsi saat hamil terutama pada trimester pertama, dimana otak dan tulang belakang janin mulai terbentuk. Janin yang tumbuh tanpa asupan asam folat yang cukup, sangat beresiko menderita gangguan pembentukan selubung syaraf. Jika gangguan tersebut terjadi di kepala maka tengkorak janin tidak akan terbentuk sempurna (Anencephaly). Selain di kepala kemungkinan lain terjadi pada tulang belakang (Spina Bifida) dimana tulang belakang tidak menutup dengan sempurna.

Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Bahkan asam folat juga bagus untuk pasien yang menderita penyakit


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Syahen" dengan judul pertanyaan "Promil dengan folic acid " pada Tanya Bidan: Mau tanya bu bidan, saya sudah telat haid hampir 5 bln tapi terakhir periksa ke dokter kandungan dinyatakan kalo sel telur saya kecil. Dikasih obat tapi gak ditebus, krn sudah kebanyakan minum obat dokter. Kalo saya minum folic acid apakah dapat memperbesar sel telur saya bu? Trus obat apa ya yg bagus utk memperbesar sel telur saya? Terimakasih, mohon jawabannya bu.

Bidan menjawab
Dear bunda Syahen,
Folic acid / asam folat merupakan suplemen fengan kadar vitamin tertentu yang berguna untuk membantu memperkuat sel telur. Sel telur menurun kualitasnya seiring bertambahnya usia, maka diperlukan suplemen folic acid untuk membantu meningkatkan kualitas sel telur. Namun yang perlu diingat folic acid bukanlah obat penyubur. Untuk membesarkan sel telur pada masa subur, diperlukan obat khusus yang dikonsumsi pada saat masa subur. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kebidanan, USG transvaginal biasanya dilakukan pada hari ke 10-12 haid, tujuannya adalah untuk melihat dan mengukur sel telur, sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "adjeng" dengan judul pertanyaan "Kebutuhan asam folat semasa hamil " pada Tanya Dokter: salam kenal dok, mau tanya. kebutuhan atau fungsi asam folat selama hamil untuk apa sih. terus yg saya tau dr temen2 itu di butuhkan bahkan sampai kita menyusui. nah saya bingung, skr usia kandungan saya 16minggu tp dokter mengganti vitamin saya, tidak ada asam folatnya hanya DHA, kalsium dan vit.D. gmn tuh dok, apa saya boleh masih minum asam folat tanpa sepengetahuan dokter saya di tambah dengan vitamin yg dikasi dokter. mohon sarannya....... terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.


Berikut ini jawaban apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "gutriyana" dengan judul pertanyaan "amankah mengkonsumsi asam folat terus menerus" pada Tanya Apoteker: Saya 2 thn menikah, blm memiliki keturunan. sy mengkonsumsi asam folat sjk september 2014 sampai sekarang...apakah aman jika terus sy konsumsi. Bulan lalu Dokter memberikan FENSIPROS 50 mg...amankah sy konsumsi lagi sementara efek sampingx yg saya baca adlh kanker ovarium ??

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Konsumsi asam folat baik dan aman untuk tubuh, pastikan dosis yang bunda konsumsi maksimal 1,000 micrograms per hari. Fensipros 50 mengandung Clomiphene cirate yang berguna sebagai terapi untuk mengatasi infertilitas (ketidak suburan). Salah satu efek sampingnya adalah kanker ovarium karena obat ini mempengaruhi siklus menstruasi. Pastikan bunda mengkonsumsi sesuai perintah dokter.
Demikian jawaban saya, semoga membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker