SITE STATUS
Jumlah Member :
506.378 member
user online :
425 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Gatal saat Hamil


Gatal saat Hamil
dok sy ingn bertanya bagaimana mengatasi gatal saat kehamilan, apalagi saat malam hari intensitasnya sangat gatal sekali, sy hamil 8week dan saya menderita gatal diseluruh perut dan PD awalnya ada dileher setelah sy bw ke dokter kulit dikasih saleb racikan sembuh, kemudian sy terapkan pada perut tidak berefek apapun malah semakin gatal, bagaimana solusinya dok...trims 😊😊
Hidden Image
07 Feb 2017, 17:58
Dari : Harum Melati Widjaya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ndha.fankha " dengan judul pertanyaan " gatal saat hamil " pada Tanya Bidan:dok sya sekarang sedang hamil 25 minggu, sya sering merasakan gatal pd tubuh sya, apakah itu normal? bagaimana solusinya dok krn sangat mengganggu aktivitas sya

Bidan menjawab
Dear bunda Ndha.Fankha,
Keluhan yang bunda rasakan diakibatkan adanya perubahan hormon ( hormon esterogen & HCG ), selain itu kulit yang kering juga dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal. Pada dasarnya keluhan ini masih dianggap wajar, keluhan akan menghilang dengan sendirinya setelah masa kehamilan selesai. Untuk meringankan keluhan disarankan untuk mandi dengan air dingin, menggunakan sabun dengan ph rendah, mengoleskan minyak zaitun pada seluruh tubuh sesuai mandi, menggunakan pakaian longgar dan berbahan katun, hindari menggaruk kulit.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "v3suparman" dengan judul pertanyaan"Kulit gatal saat hamil " pada Tanya Dokter: dokter, saya fitri. Usia kehamilan saya 5 bulan. Saya sering mengalami gatal pada bagian perut. Kt teman tdk boleh digaruk,krn akan berbekas hitam. Mohon info nya apakah ada obat atau cream untuk mengatasi gatal gatal. Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Saat hamil kerap kali bunda akan mengalami rasa gatal pada kulit atau perubahan lainnya seperti perubahan warna kulit, timbul flek kecoklatan pada kulit ataupun garis-garis halus pada kulit yang di akibatkan perubahan hormone saat kehamilan. Perubahan-perubahan tersebut pada umumnya bersifat sementara sampai pada berakhirnya kehamilan bunda. Bunda dapat mengoleskan pelembab yang aman untuk di gunakan pada saat kehamilan untuk mencegah kulit dari kekeringan yang dapat mengakibatkan bertambahnya rasa gatal tersebut. Apabila bunda merasakan bahwa rasa gatal tersebut sangat mengganggu, maka bunda dapat berkonsultasi dengan dokter OBSGYN anda. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "charirohbundanemoza" dengan judul pertanyaan " gatal gatal " pada Tanya Apoteker: saya mo tanya,.aq sering gatal gatal terutama di area lipatan..obatnya apa ya??

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Siti,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Beberapa wanita hamil merasa gatal pada telapak tangan atau kaki dan lipatan tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan esterogen.

1. Atasi dengan menghindari mandi air panas yang menyebabkan kulit kering dan memperparah rasa gatal. Gunakan sabun yang lembut (seperti sabun bayi) dan bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Gunakan body lotion setelah mandi. Gunakan body lotion yang lembut dan hypoalergenic.

3. Penggunaan krim bayi untuk gata-gatal dapat membantu (seperti yang mengandung zinc oxide)

4. Gatal pada lipatan tubuh terasa karena suasana yang lembab, sehingga menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Pastikan bunda menggunakan pakaian yang menyerap keringat, terutama pakaian dalam.

Jika ada reaksi pada kulit, seperti berwarna merah, bentol-bentol dan adanya ruam, segera hubungin dokter.
Terima kasih.
Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter