SITE STATUS
Jumlah Member :
506.524 member
user online :
1081 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - imunisasi


imunisasi
selamat pagi, saya mau bertanya, anak saya terlambat di imunisasi DPT & Polio, sekarang anak saya mau 7 bln, terakhir saya imunisasi DPT tanpa polio karena di kliniknya tidak terdapat/ blm tersedia obat utk imunisasi polio, pertanyaan saya, apakah boleh imunisasi polio di lakukan menyusul setelah imunisasi DPT ? apakah ada dampak buruknya ? terima kasih
20 Jan 2017, 10:29
Dari : risah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Mengenal Lebih Dalam Tentang Imunisasi DPT":Sebelum kita membahas mengenai demam yang muncul setelah diimunisasi DPT, Bunda perlu tahu dulu apa sih sebenarnya imunisasi DPT itu?
“Imunisasi DPT yaitu imunisasi / vaksin kombinasi yang terdiri dari bakteri pertusis yang telah dimatikan, toksoid (zat yang menyerupai racun) dari difteri dan juga tetanus. Vaksin DPT ini diberikan untuk mencegah penyakit difteri yang bisa mematikan, penyakit pertusis yang sering disebut batuk 100 hari dan penyakit tetanus.” jelas Dr. Berni.
Vaksin dikombinasikan dengan tujuan supaya anak tidak perlu disuntik berkali-kali untuk mendapatkan tiga vaksin sekaligus.
Kapan dan Berapa kali diberikan?
Menurut Jadwal Imunisasi Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tahun 2008 imunisasi DPT dapat diberikan pada usia minimal 6 minggu sampai 2 bulan. Lalu dilanjutkan pada usia 4 bulan dan 6 bulan. Setelah itu diulang kembali pada usia 18 bulan. Dr. Bernie menganjurkan supaya anak diberikan lagi vaksin DPT pada usia 5 tahun dan 12 tahun. Bila ternyata usia bayi Bunda sudah melewati 2 bulan dan belum mendapatkan imunisasi DPT Bunda tak perlu panik. Lakukan saja imunisasi DPT segera dengan mengikuti jadwal usianya. Misalnya usia bayi Bunda sekarang 5 bulan, Bunda tak perlu menambahkan imunisasi DPT untuk usia 2 bulan sebelumnya. Namun, memang akan lebih baik bila si kecil diimunisasi sesuai jadwalnya.

Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mama rani " dengan judul pertanyaan " imunisasi polio terlambat " pada Tanya Dokter:Dokter, anak saya umur 8.8thn. dia belum imusisasi polio ke 5 yg harusnya dilakukan usia 6thn. kalo imunisasi tsb dilakukan skrg apakah boleh? dan apakah tdk berbahaya krn sdh telat? terima kasih dok atas jawabnnya
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Seri pemberian vaksin bertujuan untuk memperkuat vaksin yang diberikan sebelumnya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa lebih baik terlambat daripada tidak diberikan sama sekali, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang menangani anak Bunda dalam hal pemberian vaksin yang terlambat ini sesuai dengan kondisi anak Bunda.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel