SITE STATUS
Jumlah Member :
506.525 member
user online :
1117 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tentang kehamilan


tentang kehamilan
Siang dok saya mau tanya
saya baru menikah 3 bulan,setelah mneikah mens saya mnejadi tidak lancar sampai telat 10hari terkadang?saya udah minum obat dari bidah folaxin.itu gimana ya dok?
19 Jan 2017, 10:38
Dari : pipityani

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul " Nutrisi Pada Program Kehamilan " :
Konsumsi asam folat sangat penting selama progam kehamilan. Dengan mengkonsumsi 400mcg asam folat per hari, terutama pada masa sebelum dan selama masa awal kehamilan, dapat mengurangi resiko gangguan perkembangan otak pada janin. Asam folat dapat Bunda peroleh dalam bentuk suplemen atau dari sumber alami semisal: alpukat. Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada alpukat ditunjang pula dengan kandungan vitamin B6, betakaroten, vitamin E dan klorofil. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi vitamin B6 sekurangnya 10mg/hari selama program kehamilan, mampu meminimalisir efek morning sickness pada masa kehamilan.
Vitamin lain yang menujang proses kehamilan adalah vitamin C dan E. Kedua vitamin ini sama pentingnya dengan asam folat. Selain menunjang daya tahan tubuh, vitamin C mampu meningkatkan kesuburan, asupan vitamin C alami bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan semisal: stroberi, jambu biji, jeruk, papaya, dll. Bosan dengan buah-buahan tersebut? Tidak masalah, bunda dapat mengolahnya menjadi smoothie, jus bahkan gelato. Selanjutnya, vitamin E memiliki peran yang tak kalah penting, Bunda! selain berperan sebagain antioksidan, ia juga mampu melindungi sel telur dari radikal bebas. Sumber vitamin E alami selain alpukat, dapat Bunda peroleh melalui konsumsi kacang almond, bayam, brokoli, dll.
Beberapa tips berikut ini dapat membantu Bunda dalam menjalani program kehamilan:
1. Hindari rokok
2. Konsultasikan program hamil kepada dokter
3. Istirahat yang cukup
4. Stop konsumsi alkohol
5. Olah raga yang cukup

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Acyacii " dengan judul pertanyaan " Bedanya folavit dan folic acid " pada Tanya Bidan: Dok,saya lg promil dari dokter,mau tau bedanya folavit dan folic acid? Terus yg bagus di minum yg mana dok?
Makasih :)
Bidan menjawab
Dear bunda Acyacii,
Folavit dan folic acid sama-sama suplemen yang mengandung kadar vitamin asam folat yang secara medis memiliki khasiat, fungsi dan kegunaan untuk membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Selain itu asam folat berguna untuk mengurangi resiko cacat pada bayi dan memberikan nutrisi dan kekuatan pada sel telur. Diskusikan dengan dokter yang menangani bunda, untuk penggunaan obat yang dapat bunda konsumsi.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Felsan " dengan judul pertanyaan " Cara Hitung Masa Kesuburan dengan Menstruasi Tidak Teratur " pada Tanya Dokter:
Sore Dr. Tanti.. nama sy felly.. Dokter sy mau tanya, tentang kesuburan pasti wanita.. sy baru menikah des 2009. Sampai saat ini sy blm hamil.. awal januari haid sy teratur tgl 22 stiap bulannya.. sampai bulan mei sy telat 8hari, tgl 30 sy haid, kemudian juni 28, dan juli sy telat smp tgl 3ags, sy pikir ada tanda2 positif, soalnya sempat kembung2 trs, kt tmn sy ituh bs jd tanda2 kehamilan, tetapi tgl 3ags sy dpt haid.. kira2 nih dokter, bulan ini masa subur sy tgl brpa yah pastinya.. ktnya masa subur hanya 1 hari?apa benar? klo teman sy bilang, cara hitungnya.. hari pertama haid +14 hari ituh lah masa suburnya, apa benar dokter/ mohon bantuannya n infonya dokter.. trima ksh sblm dan sesudah atas jawabannya..
dr. Tanti menjawab
Dear bunda Felly Herawati (Felsan), Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Rumusnya: Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 Contoh suatu kasus: Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya) Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

Berikut ini jawaban apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " lutfi05 " dengan judul pertanyaan " vitamin promil " pada Tanya Apoteker: Sebelumnya terima kasih buat saudari
saya ingin bertanya,kira2 vitamin apa yg harus saya konsumsi untuk program hamil,klu boleh tau,pil apa saja yg mengandung asam folat n zat besi tinggi.
terimakasih atas jawabannya.
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Terima kasih atas petanyaannya.
Untuk asam folat, bunda bisa menggkonsumsi folavit, vitafem atau vitamin lain yang mengandung asam folat.
Untuk makanan, bunda bisa mengkonsumsi Bayam, asparagus, brokoli, melon, alpukat, kol dan tauge untuk asam folat. Untuk zat besi, bunda bisa mengkonsumsi daging, ayam, seafood, sayur bayam, kismis dan juga roti atau sereal.
Demikian jawaban saya, semoga membantu

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :