SITE STATUS
Jumlah Member :
506.516 member
user online :
403 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Susu untuk bayi BBLR


Susu untuk bayi BBLR
Dok, anak saya lahir dengan berat 2110. Beratnya naik menjadi 2150 saat pulang dari RS setelah 9 hari di inkubator. Di RS sempat diberikan susu PRENAN karena hari pertama dirawat ASI belum keluar. Tapi besok paginya sudah mulai full ASI.
Setelah pulang, saya full ASI meskipun PRENAN masih ada.
Hari ke 17 berat sudah 2430gram.
Haruskan saya memberikan PRENAN juga agar berat badan anak saya cepat naik? Atau cukup ASI saja?
26 Oct 2016, 15:16
Dari : Aurachmi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini kami berikan kutipan Artikel "Pertumbuhan Berat Badan Bayi" di Infobunda yang berkaitan dengan dengan kasus Bunda:
Pertumbuhan berat badan bayi tidak lah sama pada setiap bayi. Ada bayi-bayi yang sangat cepat bertambah berat badannya, namun ada pula yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang lambat pertumbuhan badannya. Rata-rata berat badan bayi waktu lahir adalah 3 kg, pada usia 5 bulan berat rata-ratanya 6 kg, kurang lebih 2 kali berat badan saat lahir.

Dalam prakteknya, bayi-bayi yang lahir dengan berat badan rendah, akan lebih cepat bertambah berat badannya, seakan-akan mengejar ketinggalannya, dan pada saat usianya mencapai 5 bulan maka beratnya mencapai 6 kg.

Bayi-bayi yang besar pada waktu lahir sering tumbuh lambat, selama 3 bulan pertama berat badan bayi rata-rata 70 gram/bulan. Kemudian pertambahan akan makin lambat, pada usia 4-6 bulan berat badannya bertambah 600 gram/bulan. Pada usia 7-9 bulan pertambahan berat badannya hanya 400 gram saja perbulan. Pada usia 10-12 bulan pertambahan berat badannya rata-rata 300 gram perbulan atau 3 kali berat badan saat lahir.

Pertambahan berat badan pada tahun kedua hanya 200-250 gram/bulan saja. Pertambahan ini akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya makanan dan keaktifan pencernaan, jenis makanan, dan lain-lain. Bila anda menemukan pertambahan berat badan bayi anda hanya 125 gram saja, padahal biasanya ia naik 200 gram maka anda tidak perlu cemas. Apalagi, kalau ia tampak sehat. Tunggulah sampai minggu berikutnya, mungkin beratnya naik sampai 300 gram untuk mengejar ketinggalannya di minggu lalu.

Selain itu, perlu dipertimbangkan pula bahwa semakin besar bayi, makin lambat kenaikan berat badannya. Bagaimana halnya dengan bayi yang memiliki berat badan berlebih/kegemukan?

Menurut beberapa peneliti, seorang bayi yang waktu kecilnya sangat gemuk cenderung tetap gemuk seumur hidup mereka. Jika seorang menjadi gemuk, bukan berarti sel-sel tubuhnya penuh lemak, tetapi karena sel-sel lemaknya yang bertambah dan berlipat ganda. Sekali sel-sel lemak ini dibentuk, ia akan tetap tinggal dalam tubuh seumur hidup.

Sebagian masyarakat berpendapat, bahwa bayi yang gemuk sangat lucu, menarik, dan menggemaskan, sehingga mereka senang sekali jika memiliki bayi yang gemuk, yang menandakan bahwa orang tuanya pandai merawat anak. Padahal anggapan seperti ini keliru. Anak yang terlalu gemuk tidak selalu anak yang sehat. Segera setelah bayi menunjukkan tanda-tanda ia terlalu gemuk, dokter mungkin akan membatasi diet lemak dan karbohidratnya serta menggantinya dengan buah dan sayuran. Lemak dalam susu bisa dikurangi dengan mengganti susu yang dikonsumsi dengan susu rendah lemak. Mentega, margarine, cr�me jangan diberikan. Kurangi pemberian roti, biskuit, dan kue-kue, terutama yang manis-manis. Puding boleh diberikan seperti biasa, terutama yang terbuat dari agar-agar. Tetapi walaupan sedikit makanan bayi yang harus mengandung lemak juga, karena dari segi nutrisi tidak terlalu baik kalau menghapus lemak sama sekali dari diet bayi.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "atapinky" dengan judul pertanyaan "Bayi prematur dan berat badan yang rendah" pada Tanya Dokter: Siang dok, saya mau tnya. Anak saya lahir prematur dgn bb 2,25kg. Riwayatnya kuning tinggi, infeksi lambung, jantung ada lubang namun bisa tertutup seiring dia bertumbuh, dan ada klep pd tenggorokannya yg menyebabkan bunyi grok2 dan sdkt sulit mnum susu. Saat ini usianya sdh 3 bulan, dan bratnya sangat jauh dibwh rata2 yakni 2,78kg. Sedih melihatnya. Bagaiman ya dok agar dpt gemuk? Bayi saya mnum sufor dan asi krna asi saya sdkt. Mohon bantuannya. Terima kasih.

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Anak-anak yang lahir prematur dapat mengalami sedikit keterlambatan perkembangan dibandingkan dengan anak-anak lahir sesuai umur pada umumnya. Apabila sampai dengan usia balita masih mengalami sedikit kemajuan, maka Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak terlebih dahulu. Kemungkinan untuk dilakukan terapi supportif pada anak Anda yaitu dengan terapi khusus yang dilakukan oleh gabungan beberapa ahli pada bidang tumbuh kembang anak. Melalui wawancara dan pengamatan, dapat ditentukan terapi-terapi yang tepat untuk anak Bunda. Seiring waktu, anak Bunda akan mengejar ketertinggalannya mencapai berat badan yang baik, namun dibutuhkan kesabaran dan kasih sayang yang ekstra dalam hal ini. Usahakan terus memeras ASI dan memberikan ASI sebanyak mungkin, tambahan susu formula bila memang sangat diperlukan dan di bawah nasihat dokter. Tetap semangat dan memberikan nutrisi yang baik untuk anak Bunda sebagai pendukung perkembangannya.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Forum