SITE STATUS
Jumlah Member :
506.527 member
user online :
1094 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - telat 2 hari testpack samar hari ke 3 haid


telat 2 hari testpack samar hari ke 3 haid
selamat siang dokter,
mau tanya yaa, saya bln ini telat 2 hari saya testpack 2x samar lalu hari ke 3 saya haid...Sebelumnya saya sudah tanyakan ke bidan kata bidan testpacknya terlihat samar,tp disarankan ke spog untuk usg dgn pengalaman saya kehamilan kedua usia 5 mggu belum terlihat dan vonis BO di usia 10 mggu pada 25 april 2016 say di kuret..yang mau saya tanyakan apakah saat ini saya hamil atau tidak ? dan mohon saran sebaiknya kapan saya harus ke spog untuk usg.sekedar info saya bln september haid tgl 17 september 2016 dan bln ini saya haid tgl 19 oktober 2016 dan hari ini haid saya berhenti.terima kasih
25 Oct 2016, 15:00
Dari : ierawati89

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda nita_cute. Dengan judul pertanyaan Hasil test pack HCG dan USG kehamilan pada tanya dokter: pagi dokter, sy dibuat bingung sm hasil testpack. Beberapa hari lalu sy iseng2 testpack, muncul 2 garis tp yg 1 tipiiiisss banget. Besok harinya sy test lg hasilnya sama. Siang itu jg sy ke dokter dan hasilnya memang sdh ada cincin hamil. Hari berikutnya sy cb testpack pg hari bgn tidur, garisnya koq jd nda kliatan dok. Akhirnya sy pergi ke dokter tp beda dokter, dr usg nya hasil sama sh terbentuk kantung, ukurannya msh 5.2mm kt dokter usia msi 2-3 minggu. Yg sy tanyakan dsni kenapa hasil antara testpack dan usg bisa beda ya dok?? lalu sy harus percaya mana dan hrs bagaimana?? karena ini anak pertama sy, stlh 2th pernikahan. trimakasih

dr. Tanti menjawab :
Dear Bunda, untuk memakai urine HCG test pack di sarankan pada waktu pagi hari (kadar urine terkonsentrasi) ,2 minggu setelah hubungan intim dengan harapan apabila terjadi pembuahan pada saat itu, kadar HCG telah dapat di deteksi dengan urine test pack. Meskipun tergolong akurat, urine HCG test pack dapat memberikan hasil positif palsu apabila penggunaannya tidak sesuai dengan petunjuk pemakaian atau anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin misalnya. USG juga dapat dipakai untuk mendeteksi kehamilan. Kedua metode ini termasuk akurat dalam menentukan kehamilan, namun dengan menggunakan urine test akan mempermudah test awal yang dapat anda lakukan sendiri. Mengenai hasil test pack yang terlihat tipis, ada beberapa pendapat bahwa kadar HCG pada urine anda masih sangat sedikit meskipun telah terjadi kehamilan. Namun anda telah menggunakan USG dan terlihat kantung kehamilan, maka kemungkinan besar memang telah terjadi kehamilan. Demikian jawaban saya.

Kutipan dari artikel yang berjudul Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu :
Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?
Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?
Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Dian Ratnasari" dengan judul pertanyaan "Positif palsu pada kehamilan" pada Tanya Dokter: dok,sy haid setiap tgl 22 or 25,bln agust ini sy blm haid,tgl 31 agst sy cek dg bidan jam 5 sore tes pack garis 2 tp garis satunya samar/pink lalu tgl 3 sept cek pake USG 2 dimensi dg dokter kandungan,sy lihatkan hsl tes pack,dr hasil USG ada titik putih,kalo hsl tespack dokter menerangkan bahwa itu positif palsu,dr USG dokter tsb mengatakan bahwa titik tsb br akan membelah diri,jk sy haid dlm 2 minggu ini berarti sy tdk hamil,jk titik putih tsb jd titik hitam & tdk haid mk sya hamil.sy tdk mengerti info dokter tsb,benarkah sy positif palsu ? mengingat hamil anak 1 jg hasil tespack samar.mohon info dr dokter ttg masalah sy diatas..makasih dokter yg cantik..

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda Dian Ratnasari, Titik putih yang dimaksudkan oleh dokter anda adalah sel telur (ovum). Apabila terjadi kehamilan, maka ovum itu akan membelah membentuk sel-sel bakal janin. Apabila anda mengalami menstruasi dalam 2 minggu ini, sel telur tersebut tidak akan membelah dan akan luruh beserta darah menstruasi anda. Bila anda tidak mengalami menstruasi, anda dapat kembali cek urine HCG anda dengan menggunakan test pack pada pagi hari dan memeriksakan kembali diri anda kepada dokter anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Anita Wulandari1" dengan judul pertanyaan "
B.O (Blighted Ovum)" pada Tanya Dokter: Dok saya mau tanya saya lagi hamil 8 minggu dokter bilang kalo kehamilan saya ini B.O karena dri kehamilan 5 minggu saya keluar flek dan sempat keluar darah sedikit ,, dokter msih kasih waktu kalo seminggu lagi masih belum keliatan janin nya maka harus dikuret .. Apa kalo flek itu pasti dibilang B.O DOK ??apa kehamilan saya masih bisa dipertahankan dok??apa saya harus cari opini dari dokter lain dok??

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah BO yang Bunda maksudkan adalah Blighted ovum?
Pada Blighted Ovum memang biasanya tidak dapat diketahui dan baru terdeteksi setelah pemeriksaan USG karena tanda dan perkembangannya seperti layaknya kehamilan pada umumnya namun janin tidak berkembang. Setelah sekitar minggu ke 5-7 kehamilan, pada kehamilan yang normal akan di temukan kantong dan janin di dalam rahim dengan pemeriksaan USG. Terkadang dokter akan menunggu sampai beberapa minggu untuk pemeriksaan USG ulangan. Bila setelah USG ulangan tetap tidak di temukan janin di dalam kantung kehamilan, maka tidak ada janin yang berkembang dan harus di kuretase. BO juga biasanya akan mengalami keguguran secara alami, meskipun tidak semua mengalaminya. Adanya flek perdarahan pada Bunda mungkin ada kaitannya dengan Blighted Ovum karena secara alami BO bisa mengalami keguguran. Namun, bisa juga tidak berhubungan langsung dengan adanya BO. Bunda dapat mengikuti saran dokter untuk menunggu pemeriksaan selanjutnya, selagi menunggu jangan lupa untuk meminum suplemen asam folat dan memakan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan saat hamil. Semoga hasil yang diharapkan menyertai Bunda.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter