SITE STATUS
Jumlah Member :
506.509 member
user online :
1059 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - minggu 13 msh pusing lemes mual


minggu 13 msh pusing lemes mual
dok,saya mau tanya knapa d minggu ke 13 msh ngrasa badan lemes,ga ad tenaga,pusing ,mungkin efek lebaran kali ya...atw karna ak kena batuk flu jd muntah2 trs tiap kali batuk.
23 Jul 2015, 9:56
Dari : Leni Andriawan

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya: Pusing
Keluhan ini merupakan keluhan awal dan umum terjadi. Pengaruh hormon saat kehamilan yang menjadi penyebabnya. Hormon progesteron memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat calon ibu merasa pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Solusinya:
Penanganan yang tepat tentu harus dengan mengetahui lebih dulu penyebabnya. Bila akibat pengaruh hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Sementara bila karena anemia dan hipertensi, mau tidak mau harus diatasi dulu faktor penyebabnya. Sedangkan jika karena tekanan darah rendah, kurangi aktivitas dan hemat pengeluaran energi. Juga hindari gerakan mendadak seperti dari posisi duduk atau jongkok langsung ke posisi berdiri. Kalaupun merasa perlu menelan obat antisakit kepala lantaran tak kuat lagi menahannya, pilihlah yang paling aman. Salah satunya parasetamol yang masih bisa ditoleransi untuk dikonsumsi ibu hamil sekalipun tanpa resep dokter.


Mual dan Muntah
Menurut Dr. HM. Bayu Wahyudi, MOH, SPOG, sekitar 50 hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami rasa mual dan terkadang disertai pegal, pusing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama kehamilan di usia 6-14 minggu. Keluhan ini kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini prosentasenya meninggi sesuai dengan pertumbuhan plasenta. Diperkirakan, hormon inilah yang mengakibatkan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini makin cepat merangsang muntah. Sebenarnya hormon HCG sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Selain membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga janin tumbuh dengan baik.
Solusinya :
Sediakan snack atau makanan ringan seperti, crackers, kue beras atau sebatang coklat di samping tempat tidur Anda. Makanlah bahan makanan tersebut ketika Anda bangun atau setelah mual hilang. Makanan-makanan tersebut dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, jagalah pola makan dan makanlah sesering mungkin walaupun dalam porsi kecil. Tujuannya untuk menjaga agar perut tidak berada dalam keadaan kosong dan tetap menjaga gula darah yang stabil. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, perbanyak minum, mengkonsumsi vitamin B6, istirahat cukup, menjauhi makanan pedas serta bersikap positif terhadap kehamilan dapat mengurangi gejala mual-mual.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "FaiVi" dengan judul pertanyaan "Hamil muda, lemas dan pingsan" pada Tanya Dokter:Siang Dok,,,sya mau tanya,sekarang saya hamil 3 bln,,dr awl kehamilan saya sering sekali lemes,,bahkan kmrin smpet pingsan,,,itu gmna dok?? thanks
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Pada kehamilan terjadi perubahan fisik sang bunda salah satunya adalah system sirkulasi darah. Terjadi vasodilatasi perifer (pelebaran pembuluh darah perifer0 akan mengakibat kan hypotensi (tekanan darah rendah). Keadaan hypoglikemia (rendahnya kadar gula darah) juga dapat menyebabkan gejala seperti yang bunda alami. Bunda dapat merasakan lemas, lesu bahkan pingsan. Selalu periksakan keadaan tensi darah anda, juga perhatikan asupan makanan dan minuman. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Herti Marlina" dengan judul pertanyaan "Morning sickness" pada Tanya Apoteker:Diskusi ini datang pertanyaan Bunda : Herti Marlina

"Siang Bunda...,saya lagi hamil 3 bulan ( 12 minggu ) tp masih selalu morning sickness sampai usia berapa y habis mual-mual nya..?dan kalau malam susah tidur pada hal dari pagi sampai sore saya ngantor,kadang saya minta obat tidur dari Bidan apa bole y bunda? soalnya sudah berapa kali saya minum obat tidur dari bidan.Mohon jawabannya y Bunda.."
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Herti,

Terima Kasih atas pertanyaannya.



Morning sickness, merupakan hal yang dialami lebih dari setengah dari wanita hamil.walaupun lebih dikenal sebagai morning sickness, mual dan muntah saat kehamilan dapat dialami sepanjang hari. Rasa mual selama kehamilan ini biasa dirasakan dari awal kehamilan sampai 14 minggu. Namun ada sebagian kecil wanita hamil yang mengalami ini hingga melahirkan. Jika mual dan muntah ini sangat mengganggu, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.



Ada beberapa saran yang mungkin dapat mambantu :



Makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering sehingga perut tidak kosong. Simpan cemilan disamping tempat tidur seperti biskuit. Saat bangun pagi, makan beberapa biskuit dan kembali beristirahat selama 20 menit sebelum beraktifitas.

Hindari makanan dan bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.

Hindari makanan berlemak, karena lebih sulit dicerna. Hindari makanan yang pedas, asam dan goreng-gorengan yang dapat mengiritasi sistem pencernaan bunda.

Minum air yang cukup. Jangan minum terlalu banyak dalam sekali minum. Jika sering muntah, dapat minum cairan yang dapat mengganti ion tubuh.






Saya tidak menyarankan obat tidur. Segera konsultasi dengan dokter kandungan bunda.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu tidur:



- Kurangi stress.

- Cari posisi tidur yang nyaman.

- Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur.

- Minum susu hangat.

- Mandi dengan air hangat.

- Latih tubuh untuk tidur dan bangun pada jam yang teratur setiap hari.



Semoga informasi dari saya dapat membantu bunda.

Terima Kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter