SITE STATUS
Jumlah Member :
506.499 member
user online :
243 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Anita Nurul Oktavia


Anita Nurul Oktavia
bulan mei kemaren saya datang bulan tanggal 28, kapan masa subur saya dibulan Juni dan tanggal berapa saya datang bulan kembali, karena siklus Haid saya selalu maju & mundur 3 hari, terimakasih..
22 Jun 2015, 9:18
Dari : Anita Nurul Oktavia

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Berbagai Metode Mendeteksi Masa Subur: Berdasarkan artikel Minggu kemarin, pasti sekarang Bunda sudah bisa menghitung masa subur menggunakan sistem kalender, atau dengan cara mencoba fitur baru “Kalkulator Masa Kesuburan” di infobunda.

Minggu ini dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital dan Eka Hospital masih menerangkan masalah pendeteksian masa subur.

“Selain sistem kalender ada juga cara lain untuk mendeteksi masa subur Bunda.” jelasnya.

Metode lain yang bisa Bunda lakukan :
Mengukur suhu tubuh (Suhu Basal Tubuh)
Caranya dengan melakukan pengecekan suhu tubuh selama sebulan. Pengukuran dilakukan pagi hari ketika Bunda belum melakukan aktifitas apa pun bahkan sebelum berbicara. Ukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer di mulut (bukan di ketiak) dan buatlah perkembangan grafiknya setiap hari. Perhatikan jika grafik suhu tubuh memuncak tajam, maka itulah masa subur Bunda. Ketika memasuki masa subur suhu tubuh bisa naik 0,5 sampai 0,8 derajat Celsius.

Memperhatikan cairan bening pasca menstruasi
Karena pengaruh hormon estrogen, beberapa hari setelah menstruasi akan keluar cairan bening yang lebih encer (tujuannya untuk memudahkan sperma masuk). Untuk mengetahui masa subur dengan metode ini, ambil cairan dengan jari telunjuk. Setelah itu rekatkan dengan ibu jari. Kalau cairan membentuk seperti benang panjang (sekitar 10 cm), artinya Bunda tengah memasuki masa subur. Sebaliknya masa subur dikatakan berlalu kalau cairan tampak lebih kental (tidak membentuk benang panjang) dan berwarna putih susu

Mendeteksi dengan alat khusus (Ovutest)
Sekarang ini sudah ada alat pendeteksi khusus untuk mengetahui masa subur. Seperti layaknya alat deteksi kehamilan, mendeteksi masa ovulasi juga menggunakan air seni. Bedanya untuk mendeteksi masa subur digunakan air seni yang keluar dari rentang jam 10 pagi sampai jam 8 malam, bukan air seni pagi seperti untuk mendeteksi kehamilan.
Nah, Bun ternyata banyak cara ya untuk mendeteksi masa subur. Hanya saja yang perlu Bunda perhatikan mana cara yang paling cocok dan mungkin Bunda lakukan.
Selamat mencoba!

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Felsan" dengan judul pertanyaan "Cara Hitung Masa Kesuburan dengan Menstruasi Tidak Teratur" pada Tanya Dokter: Sore Dr. Tanti.. nama sy felly.. Dokter sy mau tanya, tentang kesuburan pasti wanita.. sy baru menikah des 2009. Sampai saat ini sy blm hamil.. awal januari haid sy teratur tgl 22 stiap bulannya.. sampai bulan mei sy telat 8hari, tgl 30 sy haid, kemudian juni 28, dan juli sy telat smp tgl 3ags, sy pikir ada tanda2 positif, soalnya sempat kembung2 trs, kt tmn sy ituh bs jd tanda2 kehamilan, tetapi tgl 3ags sy dpt haid.. kira2 nih dokter, bulan ini masa subur sy tgl brpa yah pastinya.. ktnya masa subur hanya 1 hari?apa benar? klo teman sy bilang, cara hitungnya.. hari pertama haid +14 hari ituh lah masa suburnya, apa benar dokter/ mohon bantuannya n infonya dokter.. trima ksh sblm dan sesudah atas jawabannya..

dr. Tanti menjawab:
Dear bunda Felly Herawati (Felsan), Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Rumusnya: Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 Contoh suatu kasus: Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya) Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :