SITE STATUS
Jumlah Member :
506.538 member
user online :
949 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - masa subur setelah lepas kb suntik


masa subur setelah lepas kb suntik
selamat sore dok.
sebelumnya kenalkan nama saya wida umur 28thn dgn 1 putri umur 3,5thn.
setelah melahirkan saya memutuskan untuk melakukan kb suntik 1bulan, tetapi akhir februari 2015 saya tidak kb lagi. yang ingin saya tanyakan setelah berapa bulan saya bisa mendapatkan haid karena waktu msh kb haid saya tdk lancar dan sampe sekarang saya blum mendapatkan haid.
minggu kmaren saya mendpt keputihan seperti berwarna cokelat muda tpi iti keluar hanya sekali, PD terasa berisi & kadang terasa sedikit gatal serta sakit.
24 May 2015, 15:01
Dari : wida28

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Sulit Hamil Setelah Lepas KB: Jenis KB
Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Bunda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.
Berbeda dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi Bunda bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.
Jenis KB spiral dan IUD lebih disarankan untuk Bunda yang ingin memiliki momongan lagi setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun. KB Spiral bukan KB tanpa diberi hormon. Tetap diberikan hormon, hanya saja kadarnya tidak sebanyak KB suntik. Bila ingin KB yang tanpa hormonal, gunakan kondom. Tetapi jangan lupa ya, Bun. Efek samping KB pada setiap Bunda memang berbeda-beda, jadi tidak perlu cemas dengan terus membanding-bandingkan dengan wanita lainnya.

Periksa ke Dokter
Memang efek KB pada setiap wanita berbeda-beda, tetapi biasanya dalam kurun waktu 1 tahun hormon sudah kembali normal dan Bunda siap hamil. Bila Bunda pernah hamil dan memiliki anak tetapi kini sulit untuk hamil lagi, itu dinamakan infertilitas sekunder.
Penanganannya hampir sama dengan infertilitas primer di mana kualitas sperma suami dan sel telur Bunda diperiksa terlebih dahulu. Bila ternyata kualitasnya bagus, maka harus dicari penyebab lain mengapa belum bisa hamil.
Bila Bunda ragu, tidak perlu menunggu 1 tahun Bunda boleh periksa dan konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "diefa.diani" dengan judul pertanyaan "Masa subur setelah KB suntik 3 bulan" pada Tanya Dokter: dok saya mw tanya stlh lepas kb dri suntik 3 bln stlh itu aq haid trus lalau q dianjurkan doktr umum sekitar sni utk minum primoluth,,,stlh minum primoluth haid saya berhenti sekitar 3 bulan,,,namun stlh beberapa wktu llu saya pertnyakan dg dokter lwt link info bunda ini bhwa menurut dokter hormon akn kembali subur stlh lepas kb membutuhkan wktu sekitr 6 bulan hga 1 thn,,,tpi tgl 30 november kemarin sy dtg haid dok,,,apakah itu prtnda hormon saya sudh kembali normal dan siap hamil

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,

Setelah tidak lagi mendapatkan suntikan KB 3 Bulan (Depo), maka kesuburan akan terjadi kembali. Kesuburan dapat terjadi dengan segera, namun pada beberapa pengguna suntik KB memerlukan waktu selama 6-9 bulan atau bahkan 1 tahun untuk kembali subur karena efek suntik KB tersebut. Ketika menstruasi sudah menjadi teratur, maka kemungkinan besar ovulasi juga sudah terjadi secara teratur.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :