SITE STATUS
Jumlah Member :
505.929 member
user online :
402 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hmil 3 bulan perut blm terlihat membesar


hmil 3 bulan perut blm terlihat membesar
Dok, saya mau tanya. Saya saat ini sedang hamil 3 bulan perut saya kok belum tetlihat rmembesar ya. Padahal makan sudah banyak dan minum susu ? Ditunggu jawabannya
25 Apr 2015, 15:51
Dari : yunita pramana

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Berat Badan Ideal Ibu Hamil:
Satu hal yang pasti dialami Bunda ketika menjalani masa kehamilan adalah berat badan yang bertambah. Berita baiknya, kenaikan berat badan tersebut bukan merupakan suatu masalah, malah merupakan salah satu indikator yang baik untuk memantau tumbuh kembang janin.

Namun, bila Bunda mengalami kenaikan berat badan yang terlalu berlebihan pada masa kehamilan, hal tersebut tentu dapat meningkatkan resiko hipertensi serta diabetes. Sebaliknya, berat badan dibawah rata-rata dapat meningkatkan resiko persalinan prematur, berat bayi lahir rendah dan komplikasi lainnya. Jadi, bagaimanakah pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil?

Pertambahan berat badan tiap Bunda pastilah berbeda satu dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kalori yang berbeda-beda, kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh jumlah berat badan Bunda sebelum masa kehamilan. Bagi Bunda yang mengalami kehamilan kembar, tentu memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih banyak. Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil.

Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi sangat dianjurkan bagi Bunda, semisal: gandum, kacang hijau, beras merah, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka diharapkan janin akan memperoleh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Hindarilah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tapi minim nutrisi.

Dan jangan lupa, kunjungi dokter untuk mengetahui seberapa banyak kenaikan berat badan yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan, Bunda!

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Vina Masrida" dengan judul pertanyaan "Perut belum keliatan buncit" pada Tanya Dokter: Siang dok, saya ingin bertanya, usia kehamilan saya pada saat ini 14 minggu, tapi masih belum keliatan buncit, biasanya perut keliatan buncit itu mulai usia kehamilan berapa bulan yaa?? *terimakasih sebelumnya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Tinggi Fundus uteri adalah tinggi puncak tertinggi rahim yang dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan. Pada bidang kebidanan, Tinggi Fundus Uteri (TFU) dipakai dengan berbagai metode untuk memperkirakan usia kehamilan. Dengan metode palpasi atau perabaan, Tinggi fundus uteri untu usia kehamilan 12 minggu adalah 1/3 bagian di atas simfisi pubis. Sedangkan pada usia kehamilan 16 minggu diperkirakan setinggi antara simfisis pubis dengan pusar. Rajinlah memeriksakan kehamilan Bunda pada dokter atau bidan secara rutin.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Afifah18" dengan judul pertanyaan "Berat badan tidak bertambah sempurna" pada Tanya Bidan: Siang dok , saya afifah .. 1).sekarang usia kandungan saya 19 minggu 5 hari , dalam tabel kehamilan pertambahan berat badan ibu seharusnya 3.8kg namun berat badan saya hanya bertambah 2kg , apa ada yg salah ya dok ??
2) pertanyaan kedua, apakah masih diperbolehkan untuk melakukan hubungan dgn suami dok? lalu ada bahayanya tidak untuk janin . terima kasih

Bidan menjawab:
Dear bunda Afifah,
Tidak perlu khawatir bunda, selama berat badan janin sesuai dengan masa kehamilan, dan bunda dalam keadaan sehat, ini tidak menjadi masalah yang serius. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukup cairan serta mineral, vitamin, dan besi, makanan selingan diantara waktu makan, dan jangan lupa tetap rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar dapat terpantau pertumbuhan serta perkembangan janin. Untuk hubungan intim, boleh dilakukan, selama tidak ada keluhan pada bunda serta kehamilan.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :