SITE STATUS
Jumlah Member :
506.384 member
user online :
397 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Nyeri Punggung


Nyeri Punggung
Usia Kandungan Saya 32mnggu tapi Saya Sering Merasakan Nyeri di Punggung Kanan Dan Mules2 Seperti Mau Haid Gitu?Apa Itu Pertanda Saya Akan Mendekati Persalinan?
19 Apr 2015, 12:32
Dari : Helena Lina

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya: Sakit punggung
Selama kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Ini persiapan untuk mempermudah bayi lahir. Rahim bertambah berat, akibatnya, pusat gravitasi tubuh berubah. Secara bertahap, ibu hamil mulai menyesuaikan postur dengan cara berjalan. Hal ini menyebabkan sakit punggung dan pegal.
Solusinya :
Mengatasinya tak perlu obat cobalah perbaiki cara berdiri, duduk, dan bergerak. Jika harus duduk atau berdiri lebih lama jangan lupa istirahat setiap 30 menit.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ia.imron" dengan judul pertanyaan "Sakit pada punggung bagian belakang saat hamil" pada Tanya Dokter: pagi dok, saya sedang hamil 20 minggu, yang mau saya tanyakan, kadang-kadang kalau malam saya merasa sakit pada punggung atas bagian belakang posisinya sejajara dengan payudara ... sakitnya itu kadang buat saya gak bisa tidur, sesak dan posisi seperti apapun juga tetep saja terasa sakit... itu kenapa yah dok ??
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda
Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :