SITE STATUS
Jumlah Member :
506.395 member
user online :
354 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - KOSMETIK YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL


KOSMETIK YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL
Dok,saat ini sy sdg hamil & msh bekerja, saya mau tanya kosmetik yg mengandung methyl parabens & stearid acid apakah berbahaya pada janin yg saya tau hampir semua kosmetik mengandung methyl parabens. klo berbahaya kira2 bedak merk apa yang aman untuk ibu hamil
trims dok.
09 Apr 2015, 14:10
Dari : MARYANIJE

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Bahan Kosmetik yang Berbahaya pada Kehamilan: Sebelum menggunakan produk kosmetik pastikan Bunda membaca kandungan di dalamnya terlebih dahulu. Umumnya kandungan yang berbahan dasar aluminium, timah hitam dan metil merkuri dapat terserap pori-pori dan meracuni janin. Sebaiknya urungkan niat bila menemukan bahan-bahan seperti :

1. Salicylic Acid (BHA atau Beta Hydroxy Acid) dan Benzoil Peroksida
Bahan ini biasanya ada pada produk-produk untuk mencegah dan mengobati jerawat dan juga pada obat anti penuaan kulit. Bila Bunda mengonsumsi aspirin dan menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan ini dapat mengakibatkan keguguran dan terjadi komplikasi pada kehamilan.
2. Retinol A
Retinol A merupakan jenis Vitamin A untuk mengobati jerawat dan pengelupasan kulit mati. Dosis yang tinggi dapat mengganggu pertumbuhan janin.
3. Parabens
Parabens marak dipakai pada kosmetik untuk perawatan kulit seperti body lotion. Walau pun belum dibuktikan, beberapa dokter kulit mencurigai Parabens dapat mempengaruhi alat reproduksi janin, khususnya yang berjenis kelamin laki-laki.
4. Phathalates
Bahan ini umumnya ditulis Dibutyl Phathalate (DBP). DBP ini dapat dideteksi bila adanya aroma tertentu yang tercantum pada label kemasan. Bahan ini banyak terdapat dalam produk seperti cat kuku, deodoran, hair spray atau parfum. Sebaiknya pilih produk yang non parfum.
5. Accutane
Pengobatan oral untuk mengobati jerawat biasanya mengandung Accutane. Bila dikonsumsi bumil, bahan ini dapat mengakibatkan keguguran dan membuat bayi lahir cacat serius.
6. Hidrokortison
Krim tropikal paling sering menggunakan bahan ini untuk mengobati jerawat. Dipercaya bahan ini dapat meracuni janin yang berujung pada lahir dalam kondisi cacat.

Kini Bunda sudah tahu bahan-bahan kosmetik yang perlu dihindari. Ada pula kiat-kiat yang harus Bunda lakukan untuk tetap sehat dan cantik, adalah :
1. Utamakan kebersihan. Mandi minimal 2 kali sehari.
2. Jika kulit terlalu berminyak, gunakan bedak tabur, dan jika kering gunakan bedak padat.
3. Pilih kosmetik berbahan dasar air dan terdaftar di Depkes/Badan POM.
4. Hindari segala produk pemutih (pasta gigi, lotion tubuh dan wajah)

Tips:
- selalu konsultasikan ke dokter Bunda bila menerima obat, khususnya obat oral. Perlu diketahui obat oral tidak diberikan pada bumil dengan usia kandungan di bawah 16 Minggu.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "tyas krisna" dengan judul pertanyaan "Produk kecantikan Untuk Ibu hamil" pada Tanya Dokter: Dok.. sebelumnya sy udh konsultasi ke dokter kulit di lbc, & menyatakan kl produk tsb aman utk ibu hamil, tp sy ingin meyakinkan apakah menurut dokter produk dr lbc tsb mmg aman utk ibu hamil?

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Berkaitan dengan kandungan obat-obatan yang Bunda maksudkan, saya tidak dapat berpendapat karena tidak mengetahui secara pasti tentang kandungan obat tersebut. Saya dapat memberikan saran secara umum mengenai keamanan produk kosmetik bagi ibu hamil secara umum.
Bahan-bahan seperti Differin (adapelene), Retin-A, Renova (tretinoin), Retinoic acid, Retinol, Retinyl linoleate, Retinyl palmitate, Tazorac and avage (Tazarotene), Tretinoin,Beta hydroxy acid, dan BHA biasanya terdapat di dalam berbagai kosmetik pencerah kulit atau pengobatan jerawat harus dihindari. Paraben juga menjadi kontroversi, karena beberapa pendapat sebaiknya menggunakan kosmetik bebas paraben. Dalam jumlah kecil, Salicylic acid biasanya terdapat hampir terdapat pada sebagian besar jenis kosmetik, bila dalam jumlah yang kecil dan tidak terus menerus terpapar kulit, maka aman untuk digunakan. Sebagai pelindung kulit atau sun screen, dapat menggunakan yang berbahan titanium dioxide dan zinc oxide karena tidak menyerap jauh ke dalam kulit. Untuk perlindungan terbaik adalah dengan menghindari sinar matahari sejak pukul 10 pagi hingga 4 sore, gunakan topi dan pakaian yang menutupi kulit agar terhindar dari radiasi. Berbagai jenis kosmetik seperti pewarna kuku, penghapus cat kuku, pewarna rambut, pelurus rambut, maupun pemutih kulit sebaiknya tidak digunakan ketika hamil. Perhatikan petunjuk pemakaian dan peringatan bagi ibu hamil pada setiap produk kosmetik yang ibu hamil gunakan.
Tetap cantik ketika hamil, tentunya dapat menggunakan bahan-bahan alami. Memakai masker buah-buahan yang dibuat sendiri di rumah pada wajah maupun rambut, dapat memberikan nutrisi bagi kecantikan. Buah alpukat, wortel, tomat, minyak zaitun dan madu dapat menjadi bahan alternative alami untuk menjadi masker wajah dan rambut. Perhatikan asupan nutrisi dan cairan agar kulit tetap segar dan bernutrisi.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Felsan" dengan judul pertanyaan " Tanda-tanda kehamilan" pada Tanya Bidan:

Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "dea.kicaribi" dengan judul pertanyaan "vitamin kulit & kosmetik " pada Tanya Apoteker: vitamin kulit &kismetik yang cocok untuk ibu hamil apa ya ???

Rachel, S.Farm, Apt menjawab:
Dear Bunda Dea,
Terima kasih atas pertanyaanya.
Hindari yang mengandung :
- Retinoid
- Asam salisilat dan turunannya
- Beta hydroxy acid
- Lethicin
- Phosphatidylcholine
- Soy
- Textured vegetable protein
- Obat jerawat (konsultasi terlebih dahulu dengan dokter)
- Depilatori
Mohon juga hindari penggunaan pewarna kuku, pembersih pewarna kuku, pewarna rambut, pelurus dan pengeriting rambut.
Demikian jawaban saya, semoga membantu bunda
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :