SITE STATUS
Jumlah Member :
506.527 member
user online :
1080 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Perut sudah membesar pada khamilan 7 minggu.


Perut sudah membesar pada khamilan 7 minggu.
Hello dok... Prut sy sudah mulai membesar d kehamilan 7 minggu. Apakah itu tanda hamil anak kembar ya?
07 Apr 2015, 18:59
Dari : hastuty.hajar.12

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Pemeriksaan USG Bagi Ibu Hamil: Kehamilan merupakan anugrah dari setiap wanita. Bagi Bunda yang sedang hamil, tentu selalu ingin tahu mengenai perkembangan janin yang dikandungnya. Salah satu cara untuk ‘mengintip’ kondisi janin dalam kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.



Pemeriksaan USG tidak menggunakan sinar X atau rontgen agar dapat mendapatkan gambar janin. USG adalah singkatan ultrasonografi, yakni suatu alat yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dipancarkan transduser pada organ yang diperiksa.

Jenis USG
Terdapat 3 jenis pemeriksaan USG, yaitu:

USG 2D, adalah pemeriksaan USG 2 dimensi ukuran yakni panjang dan lebar saja. USG jenis ini menghasilkan gambar yang sulit dipahami bagi orang awam.
USG 3D, adalah pemeriksaan USG yang meliputi dimesi panjang, lebar dan kedalaman . dengan USG jenis ini dapat terlihat jelas organ tubuh bayi.
USG 4D, pemeriksaan USG jenis ini hamper sama dengan USG 3D, tapi dengan USG ini Bunda juga terdapa dimensi waktu sehingga Bunda dapat melihat gerakan yang dilakukan janin, misalnya saat tangan atau kakinya bergerak.

Manfaat USG
Berikut ini beberapa manfaat USG antara lain:
- Untu mengkonfirmasi kehamilan dan mengetahui usia kehamilan.
- Mengetahui jumlah fetus, apakah terdapat 1 atau lebih sehingga dapat diketahui bila ada kehamilan ganda/kembar.
- Mengukur cairan ketuban, bila jumlah cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menimbulkan masalah.
- Mengetahui bila ada kelainan letak janin.
- Mengetahui bila ada kelainan pada janin, seperti: hidrosefalus, sumbing, syndrome down, dll
- Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi
- Mengetahui kondisi plasenta dan menilai bila terjadi masalah seperti plasenta previa dsb.

Pemeriksaan USG biometry janin pada USG pertama biasanya dilakukan pada saat umur kehamilan 7 minggu. USG kedua pada kehamilan 18-22 minggu dan USG ketiga dilakukan pada usia kehamilan 34 minggu. Namun, pada dasarnya USG dapat dilakukan kapan saja selama kehamilan, karena tidak berbahaya bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "heni.mulyati.560" dengan judul pertanyaan "Perkembangan kehamilan" pada Tanya Dokter: Aslmkm...dok mau tanya bagaimana melihat perkembangan janin sy yg mau 7 mgg karna perut sy gemuk jadi susah untuk melihat perubahan yg ada di dalam perut sy...mksh
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda,
Untuk mengetahui keadaan perkembangan kehamilan dan janin Bunda, dapat dilakukan dengan cara memeriksakan kehamilan (ANC/ Antenatal Care) setidaknya 4 kali selama kehamilan. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan Bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti mengukur tinggi fundus, melakukan timbang berat badan Bunda, memperkirakan berat badan janin, pemeriksaan tensi darah, pemberian suplemen asam folat dan zat besi, pemberian imunisasi Tetanus (TT), USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ridha safrina" dengan judul pertanyaan "Periksa kehamilan di Puskesmas" pada Tanya Bidan:saya kan kemaren ke dokter dibilang bahwa hamil 5 minggu,per tgl 20-1-15,,
tapi setelah 2 minggu disuruh kesana lagi buat cek,,tp saya ngk bisa ksna dikarenakan lagi dluar kota,,seandainya saya cek dipuskesmas saja bagaimana??

Bidan menjawab
Dear bunda Ridha Safrina,

Selamat ya bunda atas kehamilannya, semoga sehat sampai ke persalinan. Untuk pemeriksaan kehamilan, dapat dilakukan dimana saja, disarankan untuk dapat menyertakan buku atau catatan mengenai kesehatan dan perkembangan kehamilan pada saat dilakukan pemeriksaan, agar pertumbuhan serta perkembangan kehamilan dapat terpantau.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter