SITE STATUS
Jumlah Member :
506.496 member
user online :
262 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - dok. saya baru hamil pertama, usia 8 minggu, masih sering mual2 kdg sehari sehat tanpa mual tpi kdang bsa seharian mual.. untuk tahap awal ini asupan apa saja yg bagus untuk saya konsumsi.. minum susu hamil itu pa wajib?? cz saya k dokter d beri obat DHA,


dok. saya baru hamil pertama, usia 8 minggu, masih sering mual2 kdg sehari sehat tanpa mual tpi kdang bsa seharian mual.. untuk tahap awal ini asupan apa saja yg bagus untuk saya konsumsi.. minum susu hamil itu pa wajib?? cz saya k dokter d beri obat DHA,
dok. saya baru hamil pertama, usia 8 minggu, masih sering mual2 kdg sehari sehat tanpa mual tpi kdang bsa seharian mual.. untuk tahap awal ini asupan apa saja yg bagus untuk saya konsumsi.. minum susu hamil itu pa wajib?? cz saya k dokter d beri obat DHA, Asam Folat dan Obimin Pembah darah pa itu memang suplemen yg hrus d imbangi dg makan??
03 Mar 2015, 14:07
Dari : ditha.trisanti

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya: Mual dan Muntah
Menurut Dr. HM. Bayu Wahyudi, MOH, SPOG, sekitar 50 hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami rasa mual dan terkadang disertai pegal, pusing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama kehamilan di usia 6-14 minggu. Keluhan ini kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini prosentasenya meninggi sesuai dengan pertumbuhan plasenta. Diperkirakan, hormon inilah yang mengakibatkan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini makin cepat merangsang muntah. Sebenarnya hormon HCG sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Selain membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga janin tumbuh dengan baik.
Solusinya :
Sediakan snack atau makanan ringan seperti, crackers, kue beras atau sebatang coklat di samping tempat tidur Anda. Makanlah bahan makanan tersebut ketika Anda bangun atau setelah mual hilang. Makanan-makanan tersebut dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, jagalah pola makan dan makanlah sesering mungkin walaupun dalam porsi kecil. Tujuannya untuk menjaga agar perut tidak berada dalam keadaan kosong dan tetap menjaga gula darah yang stabil. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, perbanyak minum, mengkonsumsi vitamin B6, istirahat cukup, menjauhi makanan pedas serta bersikap positif terhadap kehamilan dapat mengurangi gejala mual-mual.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Winzzth" dengan judul pertanyaan "Mengkonsumsi susu selama kehamilan" pada Tanya Dokter: Dok, apakah bumil wajib minum susu selama kehamilan? Saya tipe yg gak suka minum susu tapi rajin konsumsi buah-buahan dan sayuran.

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Bila Bunda tidak dapat meminum susu dalam bentuk cairan, maka dapat memakan makanan yang berbahan dasar susu. Selain itu jangan lupa konsumsi suplemen tambahan bagi ibu hamil dapat berupa tablet, terutama yang mengandung asam folat, zat besi , kalsium dan vitamin serta mineral lainnya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "raaherra" dengan judul pertanyaan "Asam Folat" pada Tanya Bidan: Assalamualaikum buu,
Saya di beri oleh bidan saya asam folat Anelat, saya baru tau kalau dosisnya 100mcg, ditambah saya rutin minum susu 2x sehari serta makan buah"an dan sayuran yg mengandung asam folat , yg saya ingin tanyakan , asam folat yg saya konsumsi menjadi over dosis ga ya buu ? mohon jawabannya ya bu , terima kasih :)
Bidan menjawab
Wa'alayku,ussalam bunda Raaherra,
Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan wanita hamil, yang bermanfaat untuk pembentukan tabung syaraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang bayi. Dosis asam folat yang dianjurkan untuk wanita hamil adalah 600 sampai 800 mcg, namun bunda tidak perlu khawatir, karena asam folat termasuk dalam vitamin yang larut dalam air, maka resiko over dosis dalam jumlah yang telah disebutkan, akan rendah, karena vitamin akan dikeluarkan melalui urine atau keringat.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter