SITE STATUS
Jumlah Member :
506.521 member
user online :
1085 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil atau tidak?


hamil atau tidak?
Ass.wr.wb
Dokter saya mau tanya,di bulan november tanggal 24 tahun 2014 saya mendapatkan haid , lalu sekitar tanggal 7 desember 2014 saya dan suami saya melakukan hand job ,tangan saya terkena sperma dan saya lupa tidak mencuci tangan setelahnya. Sekitar 1,5jam saya buang air kecil dan sperma yg telah mengering(lupa belum saya bersihkan) mengenai miss v saya saat membersihkan setelah buang air kecil. Apakah saya bisa hamil dok? Karena saya masih menunda untuk mempunyai momongan karena alasan materi. tetapi anehnya saya merasakan haid/mendapatkan haid pada 22 desember 2014 tentu saja saya mengalami rasa menstruasi seperti biasanya(dilep) sakit perut pada saat menstruasi dan darah yg dikeluarkan sama seperti hadi yg sebelum2nya. Dan sekarang saya merasa perut saya buncit tidak seperti yang lalu,tetapi saya tidak merasakan mual atau tanda2 hamil yg lainnya (payudara membesar,puting menggelap dll) tetapi saya merasa perut saya buncit dan lebih bucit sebelah kiri,sering bersendawa,kembung dimalam hari. Tetapi saya telah TP 6x dan hasilnya negatif. Bagaimana tanggapam dokter?,harap di respon ya dok. Terimakasih sebelumnya
20 Jan 2015, 13:48
Dari : lyla monica

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "cintanisya" dengan judul pertanyaan "Nyeri perut bawah dan tanda kehamilan" pada Tanya Dokter: dok q mau tanya...kalau daerah vagina nyeri n bagian rahim jg nyeri apa itu pertanda hamil...nyerinya seperti kalau mau hamil...wkt q hamil anak pertma seperti itu...dan kalau mmg itu pertanda hamil q sngt syukur alhamdulillah

dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Tanda awal kehamilan yaitu tidak adanya menstruasi, adanya nyeri ringan pada payudara, berubahnya warna daerah sekitar puting payudara menjadi lebih gelap, bertambah nafsu makan, cepat lelah dan terkadang terasa kencang atau nyeri pada daerah perut bawah karena ada perubahan pada rahim. Timbulnya tanda bervariasi pada masing-masing individu, maka itu untuk lebih pastinya anda lebih baik memeriksa urine Beta HCG dengan alat test pack HCG. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Felsan" dengan judul pertanyaan " Tanda-tanda kehamilan" pada Tanya Dokter: "Dear Bunda Felly Herawati,
Tanda-tanda kehamilan yang pada umumnya ditemui adalah: Berhentinya menstruasi, bertambahnya nafsu makan, terasa cepat lelah, bertambahnya frekuensi berkemih, mual dan muntah dan perubahan pada payudara.
Anda dapat memeriksa kadar HCG urine anda dengan menggunakan test pack 2 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir sesuai jadwal siklus menstruasi anda. Apabila ternyata anda tidak hamil, tetapi tidak mengalami menstruasi, kemungkinan anda mengalami ketidak seimbangan hormonal. Anda dapat memeriksakan diri anda kepada dokter anda.".


Berikut ini kami berikan kutipan Artikel Keluhan Umum pada Awal Kehamilan di Infobunda yang berkaitan dengan dengan kasus Bunda:
Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.

Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :