SITE STATUS
Jumlah Member :
506.395 member
user online :
338 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - dok saya perempuan usia 24 tahun, baru tadi saya melakukan olahraga berlari -lari kecil, setelah selesai kok perut saya serasa keram dan sakit sebelah kanan bawah, sampai rumah pun vagina saya mengeluarkan darah berwarna merah kecoklatan. padahal baru saj


dok saya perempuan usia 24 tahun, baru tadi saya melakukan olahraga berlari -lari kecil, setelah selesai kok perut saya serasa keram dan sakit sebelah kanan bawah, sampai rumah pun vagina saya mengeluarkan darah berwarna merah kecoklatan. padahal baru saj
dok saya perempuan usia 24 tahun, baru tadi saya melakukan olahraga berlari -lari kecil, setelah selesai kok perut saya serasa keram dan sakit sebelah kanan bawah, sampai rumah pun vagina saya mengeluarkan darah berwarna merah kecoklatan. padahal baru saja 1 minggu yang lalu saya selesai menstruasi. apakah ini berbahaya dok untuk saya saat ingin promil dok?
20 Jan 2015, 10:51
Dari : whinda

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu: Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?
Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?
Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Tips :
- sisihkan waktu untuk rileks dan memanjakan diri setiap hari. Hal ini dapat menghindari kita dari stress yang bisa mengganggu siklus menstruasi.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Loolee" dengan judul pertanyaan "Program kehamilan" pada Tanya Dokter: Salam kenal dokter Tanti, saya sedang menjalani program kehamilan sejak bln Okt'11, saya ingin menanyakan apakah boleh selama program kehamilan ini saya olahraga treatmill atau senam aerobic? Apakah kecapekan dan stres merpkan salah satu penyebab susahnya kehamilan? Selama konsultasi dokter saya dinyatakan normal dan sehat...terima kasih sebelumnya.
dr. Tanti menjawab:
Dear Bunda, Olah raga yang baik adalah olah raga yang seimbang. Perhatikan asupan gizi dan cairan, perhatikan kondisi tubuh serta tidak memaksakan diri untuk berolahraga. Sebaiknya anda menjaga kebugaran tidak dengan cara memforsir tubuh untuk berolahraga hingga kelelahan. Tujuan dari olahraga adalah mencapai kebugaran tubuh bukan dengan kelelahan. Pilihlah jenis olahraga yang anda anggap baik dan cocok untuk anda, waktu untuk berolahraga pun di sesuaikan dengan kemampuan anda, sebaiknya tidak sampai kelelahan. Penyebab tidak terjadinya kehamilan sangatlah luas, maka itu sebaiknya pasangan suami dan istri melakukan pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui fungsi dari alat reproduksinya masing-masing. Ketahuilah masa subur anda, agar mendapatkan waktu yang tepat untuk berhubungan intim sehingga terjadi pembuahan. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "wa ode lestari" dengan judul pertanyaan "Flek tanda hamilkah?" pada Tanya Bidan:aku mau nanya ni bu bidan,sblm nikah sy suntik KB satu bulan tgl 18 des 2013 sy nikah tgl 23 des 2013.sy M tgl 1 januari 2014. tetapi tgl 18 januari kemudian sy haid lgi tetapi darah yg keluar itu lbh kental dan berwrna coklat tua tp gak sampe tmbus di CD slm 2 hr.tp anehx drhx yg keluar terakhir brwrn pink tp sdkt.stlh itu sy mrskn pusing perut sprti masuk angin.sekrg sy sdh telt 11 hri. sy mrskn tanda2 kehamilan tp sy TP ko hasilx negatif.mnrt ibu sy hamil tau apa ya ?? soalx PD sy terasa berat dan nyeri

Bidan menjawab:
Dear bunda Wa Ode Lestari,
Selain melakukan tes urine, sebaiknya bunda melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter, USG mungkin akan dilakukan untuk mencari penyebab terjadinya keterlambatan haid, sehingga terapi dan tindakan dapat diberikan sesuai dengan diagnosa.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter