SITE STATUS
Jumlah Member :
506.374 member
user online :
577 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - BB anak


BB anak
jika ank umur 4bln BB 4,7 TB 63 normal kah itu,bagaimana cara mengatasinya?
05 Nov 2014, 22:35
Dari : Riska Cahyono

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Pertumbuhan Berat Badan Bayi:
Pertumbuhan berat badan bayi tidak lah sama pada setiap bayi. Ada bayi-bayi yang sangat cepat bertambah berat badannya, namun ada pula yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang lambat pertumbuhan badannya. Rata-rata berat badan bayi waktu lahir adalah 3 kg, pada usia 5 bulan berat rata-ratanya 6 kg, kurang lebih 2 kali berat badan saat lahir.
Dalam prakteknya, bayi-bayi yang lahir dengan berat badan rendah, akan lebih cepat bertambah berat badannya, seakan-akan mengejar ketinggalannya, dan pada saat usianya mencapai 5 bulan maka beratnya mencapai 6 kg.
Bayi-bayi yang besar pada waktu lahir sering tumbuh lambat, selama 3 bulan pertama berat badan bayi rata-rata 70 gram/bulan. Kemudian pertambahan akan makin lambat, pada usia 4-6 bulan berat badannya bertambah 600 gram/bulan. Pada usia 7-9 bulan pertambahan berat badannya hanya 400 gram saja perbulan. Pada usia 10-12 bulan pertambahan berat badannya rata-rata 300 gram perbulan atau 3 kali berat badan saat lahir.

Kutipan dari artikel dengan judul Berat Badan Ideal Si Kecil:
Ukuran dan berat badan bayi dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Perlu diketahui Bunda, berat badan bayi saat baru dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam pertumbuhannya. Yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.

Oleh sebab itu, daripada "galau" melihat bayi lain, lebih baik mengacu pada grafik pertumbuhan bayi bersumber dari WHO untuk memonitor berat badan dan panjang bayi si kecil setiap bulannya melalui kartu menuju sehat (KMS) yang dapat bunda dapatkan pada posyandu atau dokter spesialis anak (DSA).
Menurut WHO yang disebut berat badan ideal untuk usia 3 bulan adalah yang masuk dalam range 5,1 kg - 8,0 kg dan untuk anak 3 tahun adalah 11,4 kg - 18 kg. (Lihat tabel berat badan anak pada link artikel ini)

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "nina_ismth" dengan judul pertanyaan "Keadaan gizi anak" pada Tanya Dokter: Ass,... dok tanti saya usia 24th mpunyai 1ank laki2 usia 1 thn lbh 7hr. Dok, yg mau saya tanyakan adl bagaimana cara mengetahui berat badan ideal pd ank??? Saya juga ingin menanyakan, bb ank saya d usia 1hn in msh 8,6kg ap msh tmasuk normal atw kurus dok?? trima kasih dok tanti, wss Bunda Mirza

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Untuk mengetahui status gizi anak anda serta pertumbuhan dan perkembanyannya, Bunda dapat menggunakan grafik pada KMS (Kartu Menuju Sehat). Pada grafik tersebut di butuhkan pengukuran-pengukuran untuk menentukan apakah anak anda termasuk dalam keadaan normal, kurang gizi atau pun lebih dari keadaan normal. Anda dapat menghubungi dokter anda untuk mengukur berat badan, panjang badan bahkan ketebalan lemak dan lingkar kepala anak anda untuk data yang lebih akurat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter