SITE STATUS
Jumlah Member :
494.718 member
user online :
3005 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Efek PIL KB


Efek PIL KB
Selamat Pagi dokter,Nama saya Rani,Sebelumnya saya pernah hamil tetapi bayi saya meninggal dalam kandungan,pasca lahiran saya KB memakai Pil Planotab dari bidan selama 5bln sekarang sudah 3 bln lepas KB,pertanyaan saya kira-kira berapa lama efek samping dari KB tersebut?karena saya ingin segera mempunyai momongan..terima kasih
03 Nov 2014, 16:16
Dari : Rani Julaeha

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "fitriadavid" dengan judul pertanyaan "apakah mengkonsumsi pil KB sebelum punya anak di perbolehkan?" pada Tanya Dokter: pagi dokter,sy fitria mau tanya. sy menstruasi hr pertama tgl 17 mey 2012 ini,dan sy sblmnya pernah kuret 2 thn lalu.yang sy tnyakan,apakah sy blh minum pil kb?dan apakah pil kb yang nnti sy konsumsi dpt mnyebabkan sy sulit pny anak?lalu,pil kb apkh blh diminum stlh menstruasi sudah selesai/bersih?mohon infonya,terima kasih.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda
Pada umumnya, efek kontrasepsi akan berangsur menghilang setelah tidak digunakan kembali. Namun ada hal yang di sebut sebagai infertilitas atau ketidaksuburan yang dapat mempengaruhi usaha Bunda dalam memperoleh kehamilan. Kesuburan dibutuhkan dari kedua belah pihak yaitu sang suami dan istri. Bila setelah tidak lagi menggunakan alat kontrasepsi tidak juga memperoleh kehamilan, maka sebaiknya pasangan suami dan istri melakukan pemeriksaan kesuburan. Penggunaan awal il kontrasepsi dilakukan pada mens hari pertama ataupun hari ke lima. Untuk mencegah terjadinya kehamilan selama proses awal penggunaan pil KB, gunakanlah alat kontrasepsi kondom selama 7 hari untuk memastikan bahwa efek kontrasepsi telah ditimbulkan oleh pil tersebut. Bila Bunda menggunakan pil KB berjumlah 28 pil, minumlah salah satu dari 21 pil sesuai indikasi hari yang tertera pada kemasan, ketika menstruasi tetap minum 7 pil plasebo pada kemasan pil kontrasepsi (biasanya dibedakan dengan warna pil). Bila Bunda menggunakan pil kontraseps berjumlah 21 butir, maka ketika menstruasi (telah habis 21 pil kontrasepsi) tidak meminum pil KB selama 7 hari, pada hari ke-8 melanjutkan kemasan baru meskipun menstruasi belum berhenti. Sebaiknya cek kesehatan Bunda pada dokter ataupun Bidan sebelum menggunakan kontrasepsi serta berkonsultasi dengan baik.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Bunda.asih" dengan judul pertanyaan "Ingin cepat hamil" pada Tanya Dokter: Ass. Dok saya mau bertnya,, saya menikah sudah hampir 3 tahun tapi saya belum punya anak juga seblmnya saya Kb Pil 1 tahun, terus saya juga sering keputihan dok, mhon solusiny. Terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Secara teori, setelah tidak lagi menggunakan metode kontrasepsi maka siklus menstruasi akan kembali normal dan ovulasi juga terjadi secara baik. Untuk pil kontrasepsi kombinasi, siklus menstruasi dan ovulasi dapat kembali normal sampai sekitar 6 bulan sejak melepas kontrasepsi. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel