SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
944 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - merasakan sakit daerah kaki dan pinggang


merasakan sakit daerah kaki dan pinggang
dok.. di usia kehamilan saya berusia 17minggu ini,ko betis dan telapak kaki suka sakit ya..
rasanya kaya uda lama ga olahraga gitu,senut2 buat jalan sakit..
sering juga atas pinggang kiri slalu sakit :( padahal masih usia 17minggu,,apakah wajar??
09 Oct 2014, 12:07
Dari : mona.fathiah.3

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya:
Sakit punggung
Selama kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Ini persiapan untuk mempermudah bayi lahir. Rahim bertambah berat, akibatnya, pusat gravitasi tubuh berubah. Secara bertahap, ibu hamil mulai menyesuaikan postur dengan cara berjalan. Hal ini menyebabkan sakit punggung dan pegal.
Solusinya :
Mengatasinya tak perlu obat cobalah perbaiki cara berdiri, duduk, dan bergerak. Jika harus duduk atau berdiri lebih lama jangan lupa istirahat setiap 30 menit.

Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "amelialubis" dengan judul pertanyaan "Nyeri di persendian atauTulang Pinggul" pada Tanya Dokter: Dok, saya mau nanya..pinggul dan seputaran kaki kiri saya yang sebelah kiri terasa nyeri sudah hampir sebulan ini. Apakah ini pengaruh dari kehamilan saya atau bagaimana ya Dok?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Rizky Amelia Lubis, Rasa nyeri dari daerah pinggul yang menjalar ke kaki dapat juga di sebut low back pain, kemungkinan karena bertambah beratnya tubuh Anda, namun untuk jelas mengetahui keluhan anda ini, sebaiknya anda mengunjungi dokter kandungan Anda, dokter anda juga dapat memberikan obat anti nyeri untuk mengurangi keluhan Anda tersebut. Demikian jawaban saya.

Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Nisya Andien" dengan judul pertanyaan "nyeri punggung" pada Tanya Bidan: usia kandungan sdh 27w, sya mulai ada keluhan pada bagian punggung sbelah kanan. klu dipke buat duduk agak lama lngsung sakit. jdi skrg susah,gk bs duduk lama2 wlupun sdah memakai kursi yg ada sandarannya tetap sakit.kira2 knpa ya bu? terima kasih..

Bidan Yustianti, AMKeb menjawab
Dear bunda Nisya Andien,
Keluhan nyeri punggung yang bunda rasakan dapat disebabkan karena beban pada punggung yang menopang berat tambahan, sehingga postur tubuh menjadi tidak proposional dan condong kedepan. Produksi ekstra hormon yang berfungsi untuk merilekskan sendi dan ligamen ( jaringan yang menyambung tulang satu dengan tulang yang lain ).
Saran saya lakukan olah raga, makan makanan yang banyak mengandung kalsium serta segera memeriksakan diri bila keluhan semakin mengganggu.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Forum
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :