SITE STATUS
Jumlah Member :
499.816 member
user online :
891 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Xz. xx z


Xz. xx z
dok gmn caranya menyapih anak? soalnya saya sdang hamil 25 minggu tapi anak saya usianya 2 tahun setengah masih nenen padahal ga keluar asi.
04 Aug 2014, 0:37
Dari : Dull Rozak

Jawaban
Hi Bunda,
Kami akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel dengan judul Beberapa Fakta Seputar Menyapih Anak: Keputusan berhenti menyusui adalah pilihan masing-masing ibu. Usia menyapih biasanya sekitar 2 tahun, namun ada juga yang sampai 4 tahun atau lebih. Menurut beberapa peneliti, komposisi ASI terus berubah hingga anak berusia 2 tahun dan masih tetap mengandung nutrisi penting yang berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh anak.

Namun ada beberapa pertimbangan, diantaranya:
Masa paling ideal untuk menyapih adalah dengan mengikuti proses perkembangan anak. Menyapih secara alami dan bertahap ketika anak mulai menerima makanan padat yang mengandung zat besi. Sementara anak lain menyapih diri pada usia saat mulai berjalan. Dia menikmati aktifitas barunya dan mulai kurang senang duduk menyusu.
Akan tetapi Anda mulai bisa menyapih lebih dini karena alasan Anda sendiri. Seperti, Anda akan pergi dalam waktu lama, kehamilan baru, dan hambatan pekerjaan. Namun demikian, Anda masih bisa menyusui ketika Anda hamil lagi atau kembali bekerja dengan mengurangi frekuensi menyusui, dan mengimbanginya dengan memberikan susu formula.
Perubahan dirumah. Jika Anda hamil atau memiliki bayi baru, ini bukan waktu yang tepat untuk menyapih. Demikian halnya dengan perubahan lain, seperti pindah ke rumah baru, masalah perkawinan, masalah perawatan anak baru, kembali bekerja, atau situasi lainnya yang mungkin menyebabkan stress, bukanlah saat yang tepat untuk menyapih. Saat terbaik jika Anda akan mulai menyapih, ketika kondisi tidak membuat Anda dan anak Anda stress.
Cara paling efektif untuk memulai penyapihan secara bertahap pada anak berusia satu tahun atau lebih adalah dengan tidak menawari anak untuk menyusu kecuali anak memintanya. Tahap termudah penyapihan adalah membuat jadwal menyusui pada pagi hari, disaat anak sudah mendapatkan makanan padat atau makanan cair lainnya, seperti susu atau jus buah.
Dalam menyapih, sebagaimana semua proses perkembangan, sebaiknya anda mengikuti keinginan anak anda, biasanya saat favorit menyusu adalah satu kali pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Pada waktu-waktu tersebut, jarang sekali terganggu dengan jadwal lain keluarga yang paling menyibukkan, selain itu juga merupakan saat baik untuk tetap menjaga kedekatan yang khusus dengan anak Anda.

Jika Anda menolak menyusuinya, hanya akan membuat dia semakin ingin menyusu. Mengganti dengan makanan baru atau interaksi yang bermacam-macam dan sumber-sumber kenyamanan emosinya (seperti selimut favorit dan bantal berbentuk hewan) akan membantu anak melalui masa transisi dengan lebih mudah.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : ASI
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : ASI