SITE STATUS
Jumlah Member :
506.337 member
user online :
358 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - mens tidak teratur


mens tidak teratur
hy bunda,, n.sy mau tanya,, menstruasi sya tdk teratur dari p1 sy mens,, sy tanya dokter katax karena hormon tidak stabil,, kemudian sy tanya mama sy ternyata dari gadis juga sama alias faktor keturunan.n.sekarang sy sudah menikah 5 bulan n blm ada tanda" hamil,, n.dan menstruasi sy 3 bln sekali, dalam waktu 1 minggu.nn.yg sy ingin tanyakan apakh faktor genetik itu pengaruh pada kesuburan?? bagaimna sy mnghitung waktu subur sy, dan apa yg harus sy lakukan agar busa cepat hamiln.mhon infonya bundan.trimakasih
07 May 2014, 17:47
Dari : Lynd Fjja

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan Bunda, berikut jawaban yang ada di Infobunda. Bagi Bunda yang menggunakan Android, juga dapat berbagi pengalaman dengan para Bunda lainnya pada forum yang ada di Android, yaitu forum Topik Terpopuler dan Forum yang Diikuti.

Dalam artikel yang saya temukan:
Untuk mengetahui apakah siklus menstruasi Bunda teratur atau tidak tentunya kita harus tahu bagaimana siklus menstruasi yang teratur. Rata-rata siklus yang teratur adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya.
Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/352-Mengapa-Siklus-Menstruasi-Terganggu.html#ixzz2gcw150LI

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Siklus menstruasi memang ada yang teratur (setiap 28 hari) maupun tidak teratur. Seiring berkembangnya waktu, banyak wanita yang mengeluhkan tidak teraturnya siklus menstruasi, di duga karena perubahan pola makan, pola istirahat dan stress dari pekerjaan atau sehari-hari yang tinggi, hal ini dapat berkaitan dengan kestabilan hormonal wanita tersebut. Bila tidak ada masalah dengan organ reproduksi istri anda, maka ketidak teraturan menstruasi dapat di sebabkan oleh faktor hormonal. Sebaiknya Istri anda memeriksakan diri pada dokter kandungan untuk mengetahui keadaan kesehatan organ reproduksi. Selain itu, ketahuilah masa subur istri dengan cara :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
Rumusnya:
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
Berhubungan intim di utamakan ketika perkiraan masa subur tersebut, agar tercapai pembuahan.
Apabila dalam kurun waktu satu tahun belum juga di karunia keturunan, maka anda dan istri dapat memeriksakan kesuburan (tes fertilitas) untuk mengetahui keadaan fungsi organ reproduksi dari sang suami dan istri untuk mendapatkan terapi yang tepat.
http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4209
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter