SITE STATUS
Jumlah Member :
505.880 member
user online :
411 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Berat Badan ideal


Berat Badan ideal
dear dr. Tanti, anak saya 16 bulan BB 8kg TB 80cm jadi terlihat kurus tapi lincah dan aktif. anaknya susah maem nasi tapi suka ngemil kalo sufor sehari 1X 120ml ASI full. dengan BB dan TB segitu apa kurang ideal???apa perlu tambahan vitamin ato sufor untuk menambah berat badan??mohon sarannya dok, terimakasih
17 Apr 2014, 14:00
Dari : Poeza Bunda Fiand

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, fasilitas live chat ini sudah dapat digunakan dengan menggunakan android. Tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Pertumbuhan berat badan bayi tidak lah sama pada setiap bayi. Ada bayi-bayi yang sangat cepat bertambah berat badannya, namun ada pula yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang lambat pertumbuhan badannya. Rata-rata berat badan bayi waktu lahir adalah 3 kg, pada usia 5 bulan berat rata-ratanya 6 kg, kurang lebih 2 kali berat badan saat lahir.

Dalam prakteknya, bayi-bayi yang lahir dengan berat badan rendah, akan lebih cepat bertambah berat badannya, seakan-akan mengejar ketinggalannya, dan pada saat usianya mencapai 5 bulan maka beratnya mencapai 6 kg.

Bayi-bayi yang besar pada waktu lahir sering tumbuh lambat, selama 3 bulan pertama berat badan bayi rata-rata 70 gram/bulan. Kemudian pertambahan akan makin lambat, pada usia 4-6 bulan berat badannya bertambah 600 gram/bulan. Pada usia 7-9 bulan pertambahan berat badannya hanya 400 gram saja perbulan. Pada usia 10-12 bulan pertambahan berat badannya rata-rata 300 gram perbulan atau 3 kali berat badan saat lahir.

Pertambahan berat badan pada tahun kedua hanya 200-250 gram/bulan saja. Pertambahan ini akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya makanan dan keaktifan pencernaan, jenis makanan, dan lain-lain. Bila anda menemukan pertambahan berat badan bayi anda hanya 125 gram saja, padahal biasanya ia naik 200 gram maka anda tidak perlu cemas. Apalagi, kalau ia tampak sehat. Tunggulah sampai minggu berikutnya, mungkin beratnya naik sampai 300 gram untuk mengejar ketinggalannya di minggu lalu.
(Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=113 )

Menurut WHO yang disebut berat badan ideal untuk usia 3 bulan adalah yang masuk dalam range 5,1 kg - 8,0 kg dan untuk anak 3 tahun adalah 11,4 kg - 18 kg.

CARA MENGHITUNG BERAT BAYI IDEAL :

1. Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4

a. Untuk usia 1-6 bulan dapat menggunakan rumus : BBL(gr) +(usia x 600 gram)

b. Untuk usia 7-12 bulan dapat menggunakan rumus :

- BBL (gr) + (usia x 500 gram )

- (usia/2) +3

2. Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8

CONTOH :

Anak balita usia 2 tahun 10 bulan, berarti ditulis dengan n = 2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n), jadi hasilnya adalah 4,20.

Hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan, 20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4 + 1,8 = 5.8

4,20 berubah menjadi 5,8, baru kemudian ditambah dengan 8. Maka Berat badan Idealnya adalah 13,8 kg.

* BBL adalah Berat Badan Lahir Usia dinyatakan dalam bulan
(Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/berita/beritashow.php?id=412 )

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Untuk mengetahui status gizi anak anda serta pertumbuhan dan perkembanyannya, Bunda dapat menggunakan grafik pada KMS (Kartu Menuju Sehat). Pada grafik tersebut di butuhkan pengukuran-pengukuran untuk menentukan apakah anak anda termasuk dalam keadaan normal, kurang gizi atau pun lebih dari keadaan normal. Anda dapat menghubungi dokter anda untuk mengukur berat badan, panjang badan bahkan ketebalan lemak dan lingkar kepala anak anda untuk data yang lebih akurat.
(Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4523 )
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter