SITE STATUS
Jumlah Member :
506.527 member
user online :
1061 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - dok,,saya ibu muda yg bru melahirkn 5 bln lalu. yg mau saya tanya kan apa bnr jika ingin memasang KB hrs haid dlu? sdngkn saya blm haid stlh nifas slesai hingga skrng.was saja takut hamil lagi,,jd slma ini msh pke kondom untk antisipasi. yg d mksd gizi bu


dok,,saya ibu muda yg bru melahirkn 5 bln lalu. yg mau saya tanya kan apa bnr jika ingin memasang KB hrs haid dlu? sdngkn saya blm haid stlh nifas slesai hingga skrng.was saja takut hamil lagi,,jd slma ini msh pke kondom untk antisipasi. yg d mksd gizi bu
dok,,saya ibu muda yg bru melahirkn 5 bln lalu. yg mau saya tanya kan apa bnr jika ingin memasang KB hrs haid dlu? sdngkn saya blm haid stlh nifas slesai hingga skrng.was saja takut hamil lagi,,jd slma ini msh pke kondom untk antisipasi. yg d mksd gizi buruk it sprti apa pada bayi? karena ank sya kecil tp KMS grafik ny naik,,apa mngkn ada faktor keturunan? mhn pnjelasan ny.. trma ksh
15 Jan 2014, 14:10
Dari : bunda Nadhifa

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, fasilitas live chat ini sudah dapat digunakan dengan menggunakan android. Tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/352-Mengapa-Siklus-Menstruasi-Terganggu.html#ixzz2qSXMLcPA

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Dear Bunda,
Setelah masa nifas, siklus menstruasi akan kembali normal meskipun dalam masa yang berbeda-beda pada masing-masing individu. Bila menyusui ASI secara eksklusif, maka siklus menstruasi dapat terganggu karena pengaruh hormonal. Bila Bunda mengalami gangguan siklus menstruasi setelah melahirkan dan tidak menyusui ASI, dapat memeriksakan diri pada dokter kandungan.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/5559-siklus-haid-pasca-melahirkan.html#ixzz2qSXWJp6z

Bagi ibu yang menyusui sebaiknya menggunakan pil KB laktasi (pil KB khusus untuk ibu menyusui, mengandung hormon progestin atau progesteron) , KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD (spiral) ataupun kondom (bagi suami). Menggunakan alat kontrasepsi sebaiknya segera mungkin terutama setelah Bunda mengalami siklus menstruasi yang normal. Konsultasikan dengan Bidan atau dokter untuk menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai (termasuk pengecekan tekanan darah).
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/5142-kapan-waktu-yang-tepat-untuk-kontrasepsi-setelah-bersalin.html#ixzz2qSYajVly

Mengenai Anak Anda :
Masalah tumbuh kembang anak merupakan hal yang memerlukan pemeriksaan dan pengamatan lebih lanjut. Sebaiknya mengukur pertumbuhan anak secara lengkap baik panjang, berat badan sampai lingkar kepala diperhitungkan. Dengan KMS maka dapat dilihat grafik pertumbuhan dan perkembangan anak Anda apakah masih berada dalam batas normal , di atas atau di bawah batas normal berdasarkan variabel-variabel pengukuran seperti berat badan, tinggi badan maupun lingkar kepala.
Penyebab masalah pertumbuhan dan perkembangan anak dapat bermacam-macam. Dapat disebabkan adanya masalah pencernaan sehingga nutrisi yang masuk tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, dapat juga masalah "picky eating" atau anak susah makan maupun masalah metabolisme. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/5463-Berat-Badan-Anak-Turun.html#ixzz2qSYzNx14

Ukuran dan berat badan bayi dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Perlu diketahui Bunda, berat badan bayi saat baru dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam pertumbuhannya. Yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.
Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/412-Berat-Badan-Ideal-Si-Kecil.html#ixzz2qSZ2ytqx
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita