SITE STATUS
Jumlah Member :
506.337 member
user online :
418 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - keakuran tespek??


keakuran tespek??
dokter saya haid bln yg lalu tgl 17... dan bln I I smpi tgl 24 sy blm dpt haid... tp saya tes pek d tgl 24 hslx negatif... saya harus gmn dok
24 Sep 2013, 18:05
Dari : Dwi Sari

Jawaban
Hai Bunda, Berkaitan dengan pertanyaan bunda, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter live chat pada link : http://www.infobunda.com/pages/chat/chat.php yang diadakan setiap hari kamis jam 14.00 - 17.00 WIB, tetapi juga bunda akan menemukan beberapa informasi lainnya yang kami sarankan di bawah ini.

Dalam artikel yang saya temukan:
Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/352-Mengapa-Siklus-Menstruasi-Terganggu.html#ixzz2fsXrnpuc

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Dear Bunda, untuk memakai urine HCG test pack di sarankan pada waktu pagi hari (kadar urine terkonsentrasi) ,2 minggu setelah hubungan intim dengan harapan apabila terjadi pembuahan pada saat itu, kadar HCG telah dapat di deteksi dengan urine test pack. Meskipun tergolong akurat, urine HCG test pack dapat memberikan hasil positif palsu apabila penggunaannya tidak sesuai dengan petunjuk pemakaian atau anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin misalnya. USG juga dapat dipakai untuk mendeteksi kehamilan. Kedua metode ini termasuk akurat dalam menentukan kehamilan, namun dengan menggunakan urine test akan mempermudah test awal yang dapat anda lakukan sendiri. Mengenai hasil test pack yang terlihat tipis, ada beberapa pendapat bahwa kadar HCG pada urine anda masih sangat sedikit meskipun telah terjadi kehamilan. Namun anda telah menggunakan USG dan terlihat kantung kehamilan, maka kemungkinan besar memang telah terjadi kehamilan.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/2284-Hasil-test-pack-HCG-dan-USG-kehamilan.html#ixzz2fsXykvyr

Tidak datangnya menstruasi memang dapat menjadi tanda awal terjadi kehamilan. Selain itu tanda kehamilan juga terasa nyeri dan perubahan pada payudara yaitu bertambah gelapnya daerah sekitar puting payudara, payudara bertambah kencang dan berisi. Selain itu bunda juga dapat memeriksakan beta HCG urine dengan test pack. Bila hasilnya negative maka bunda sebaiknya menunggu sampai bulan depan untuk test kembali atau pemeriksaan USG. Tidak datangnya menstruasi juga dapat terjadi di karenakan perubahan hormonal namun tidak terjadi kehamilan, hal ini juga terkadang di ikuti dengan perubahan tekstur payudara namun tidak ada perubahan warna yang bertambah gelap pada daerah di sekitar puting payudara. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
Infobunda : http://www.infobunda.com/dokter/3778-Telat-menstruasi.html#ixzz2fsYEqLS6

Pada kasus sebelumnya bidan kami mengatakan:
Bila sampai saat ini haid tak kunjung datang, bunda dapat melakukan tespack ulang pada saat 2 mgg setelah haid. Bila hasil tespack tetap menunjukkan hasil negatif, kemungkinan bunda berada pada kondisi Oligomenore ( siklus haid lebih panjang dari biasa, lebih dari 35 hari dan kurang dari 3 bulan ), Oligomenore disebabkan karena ketidak seimbangan hormon, faktor fisik ( kelelahan ), faktor psikis ( sterss ).
Saran saya bila 3x siklus haid terlewati, segera temui dokter Obgyn untuk memastikan kondisi kesehatan bunda yang sebanarnya.
Infobunda : http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19228&start=0&topik=telat-8-hari-tapi-tp---&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2fsY6JJby
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter