SITE STATUS
Jumlah Member :
505.904 member
user online :
206 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


KB
Malam dok saya mau tanya, ssya kn baru melahirkan usia ank saya sekarang masih 3 bulan,dan saya ikut KB 3 bulan ,pertanyaan saya apa iya meskipun ikut KB 3 bulan masih bisa hamil secepat itu?
14 Mar 2019, 19:11
Dari : Hikma Avidha

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Sinta Oktaviana " dengan judul pertanyaan " Berhubungan sebelum Suntik KB, bisa hamilkah? " pada Tanya Bidan:Assalamualaikum...
Bu Bid Saya mau tanya masalah KB niihh...
Saya kan KB Sunti 1 Bulan yaahhh naah misalkan tanggal suntik di tanggal 10 berarti kan bulan depannya saya harus kembali lagi di tanggal 10 juga,akan tetapi apabila saya selesai menstruasi pada tanggal 6 dan di tanggal 7 saya melakukan hubungan intim Bu dan baru Suntik KB di Tanggal 10 kira2 bisa hamil gaa yaah bu??? Saya takut aja niih masalahnya Baby Saya baru 6 Bulan..Minta Pencerahan Jawabannya yaa Bu..:-)

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Sinta Oktaviana,
Menghitung tanggal kb suntik 1 bulan, adalah dengan cara tambahkan tanggal kb suntik terakhir dengan 28 ( siklus menstruasi normal ), atau dengan melihat kalender ( jika suntik kb pertama hari senin tanggal 10 Agustus, maka suntik kb berikutnya adalah pada hari senin tanggal 7 September. Hari dalam melakukan suntik KB selalu sama, jika pertama dilakukan pada hari senin maka selanjutnya akan selalu hari senin. Apabila hubungan intim dilakukan pasca haid, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Echy Roby Hadiisuwarno " dengan judul pertanyaan " apakah bisa hamil walau sudah suntik kb 3 bulan ? " pada Tanya Dokter:Dok, saya mau tanya . Awal saya menstruasi tanggal 3 dan saya melakukan suntik kb pertama kali pada tanggal 6 atau tepatnya hari ke 3 saat menstruasi . dah pada tanggal 17 saya baru campur dengan suami , namun tak sengaja suami mengeluarkan sperma didalam . Apakah ada kkemungkinan saya bisa hamil Mohon jawabannya dok Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang digunakan untuk menunda kehamilan. Suntik KB di Indonesia terdiri dari 2 jenis, yaitu :

suntik KB 1 bulan : berisi hormon pregestin dan esterogen
suntik KB 3 bulan : berisi hanya hormon progestin

Umumnya penyuntikan dilakukan di area tubuh tertentu, misalnya lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan secara bertahap menurun hingga suntikan selanjutnya. Suntik KB 3 bulan mampu mencegah kehamilan dengan cara menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim sehingga mencegah terjadinya pembuahan juga berperan dalam menebalkan cairan vagina sehingga mencegah sel sperma mencapai sel telur, dan menipiskan dinding rahim sehingga mencegah pertumbuhan janin

Berikut adalah kelebihan dari suntik KB 3 bulan :
-aman digunakan untuk ibu menyusui
-tidak berinteraksi dengan obat lain
-dapat digunakan oleh wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang mengandung esterogen, misalnya wanita dengan penyakit darah tinggi, kanker payudara, gangguan jantung dan pembuluh darah
-penyuntikan dilakukan setiap 3 bulan sekali (dapat bertahan hingga 8-13minggu, tergantung jenisnya)
-jika ingin berhenti tidak perlu repot ke dokter
-memberi perlindungan terhadap kanker rahim dan penyakit radang panggul

Kekurangan suntik KB 3bulan antara lain :
gangguan haid (menimbulkan flek pada awal pemakaian, haid sedikit, atau bahkan tidak haid)
nyeri kepala, peningkatan berat badan
membutuhkan waktu hingga setahun setelah dihentikan untuk mengembalikan kesuburan
mengurangi kepadatan tulang namun akan kembali bila suntikan diberhentikan
tidak melindungi dari penyakit menular seksual
Suntikan sebaiknya diberikan pada masa menstruasi. Perlindungan terhadap kehamilan akan efektif dalam jangka waktu:
bila disuntikkan dalam 5 hari pertama periode haid, efek perlindungan akan langsung efektif
bila disuntikkan di luar periode haid, efek perlindungan hanya efektif setelah 7 hari
Apabila terdapat keluhan selama menggunakan suntik KB, Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter atau dokter kandungan. Demikian pula apabila Anda ingin memilih metode kontrasepsi lainnya. Baca :

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :