SITE STATUS
Jumlah Member :
503.557 member
user online :
466 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - 38 Minggu


38 Minggu
bu, sya hamil tua 38minggu sebelumnya posisi kepala bayi udah dibawah tapi ini kok geser sedikit gimana ya , padahal udah mendekati hpl tpi belum masuk panggul
04 Feb 2019, 10:50
Dari : Friz Ka

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-Hal Penting di Trimester Ketiga kehamilan " :Memasuki trimester ketiga adalah tahap di mana Bunda akan merasakan keajaiban yang luar biasa. Dalam hitungan sekitar tiga bulan ke depan, Bunda akan melihat buah hati yang selama ini selalu terlindungi di dalam rahim Bunda. Berikut info dan tips seputar trimester ketiga kehamilan Bunda:

1.Trimester ketiga adalah rentang kehamilan 29 - 40 minggu. Berat janin usia 29 minggu sekitar 1,2kg dengan panjang 37cm. Janin akan memenuhi seluruh rahim Bunda sehingga Bunda mudah terasa sesak.

2.Pastikan nutrisi Bunda tercukupi mengingat sebentar lagi Bunda akan membutuhkan tenaga yang cukup untuk melalui proses persalinan nanti. Konsumsi omega 3, protein dan vitamin yang dapat membantu daya tahan tubuh sehingga Bunda tetap fit.

3.Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, yoga khusus wanita hamil, berenang yang dapat membantu janin masuk ke dalam posisi melahirkan (tidak sungsang).

4.Jika Bunda mengalami sakit punggung segera periksa posisi berdiri dan duduk Bunda. Biasanya wanita hamil akan cenderung membungkuk karena ingin melindungi perut Bunda yang membesar. Pastikan tulang belakang Bunda tetap tegak dengan cara mendorong dada ke depan. Jangan kuatir, Bun! Mendorong perut sedikit ke depan masih terhitung aman.

5.Untuk beberapa wanita hamil, akan mengalami kesulitan tidur. Bisa jadi dikarenakan perut yang semakin membesar, tetapi bisa juga karena stress yang berlebihan. Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu Bunda tidur nyenyak.

6.Bila Perlu ikutlah ke dalam kelas yang memberikan pengetahuan tentang persalinan, memberikan Air Susu Ibu (ASI), mengurus bayi baru. Informasi dari kelas tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Bunda untuk menghadapi persalinan dan mengurus si kecil nanti.

7.Sebaiknya jangan mengurut perut ke tukang urut untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin. Bila janin belum berada dalam posisi melahirkan, konsultasikan pada dokter.

Nah Bunda kini tinggal tunggu moment bahagia itu. Jangan lupa, yang paling penting adalah Bunda menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, si kecil pun akan merasakan bahagia.
Sehat selalu ya, Bunda!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ari rosliana " dengan judul pertanyaan " Kapan Kepala Janin Masuk Panggul?? " pada Tanya Bidan:bu bidan mau tanya kepala bayi masuk k panggul itu di usia berapa minggu?
cara efektif agar kepala bayi cepat masuk k panggul bagaimana?
tq

Bidan menjawab
Dear bunda Ari Rosalina,
Kepala janin masuk kedalam panggul secara teori adalah pada usia kehamilan 36 minggu ( pada primipara ), sedangkan pada multipara pada usia kehamilan 39 minggu sampai dengan persalinan. Cara yg mungkin membantu adalah melakukan gerak pinggul serta berkomunikasi dengan janin.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " aizarselalu " dengan judul pertanyaan " Posisi lintang " pada Tanya Dokter: Posisi bayi saya melintang ,bagaimn cara nya agar posisi kepala bayi saya di bawah?? Usia kandungan 32 minggu

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan posisi janin letak lintang pada kehamilan. Penyebab yang umumnya terjadi antara lain panggul sempit, plasenta previa atau lainnya. Usaha yang dapat dilakukan untuk merubah posisi janin menjadi kepala di bawah adalah melakukan knee-chest position (poisisi lutut-dada), berlututlah seperti dalam posisi sujud, letakkan dada anda pada dasar lantai, bernafaslah dengan rileks, lakukan posisi ini antara 5 sampai 10 menit. Posisi knee-chest dapat dilakukan 1 sampai 3 kali sehari tergantung kemampuan Bunda dalam melakukannya. Apabila tidak ada perubahan posisi letak lintang, maka kemungkinan dokter anda akan melakukan manuver versi luar, memutar posisi janin anda dari luar perut Ibu. Bila usaha-usaha yang sudah dilakukan tidak menghasilkan perubahan posisi, maka kemungkinan dilakukan persalinan dengan jalan operasi. Diskusikan keadaan kehamilan Bunda dengan dokter yang memeriksa. Demikian jawaban, semoga dapat membantu Anda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " @Munawaroh " dengan judul pertanyaan " Kehamilan 38 minggu " pada Tanya Dokter:Dok bagaimana kondisi perkembangan janin diusia 38 mnggu ?ϑαη bagaimana awal mula kontraksi terjadi ?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada usia kehamilan 38 minggu, diharapkan kepala janin sudah sudah berada di bawah, Perkembangan organnya sudah semakin baik, paru janin terus mempersiapkan diri dan kematangannya agar dapat bernafas dengan baik setelah Ia dilahirkan nanti. Rambut halus pada tubuh janin mulai lepas dan bercampur dengan cairan ketuban. Janin Anda sudah memiliki mekonium atau kotoran (tinja) yang akan Ia keluarkan pertama kali setelah Ia dilahirkan nanti. Pada usia ini, Anda semakin mendekati masa persalinan. Meskipun demikian, tidak ada yang mengetahui kapankah persalinan tersebut akan terjadi. Mendekati usia 40 minggu kehamilan, kontraksi palsu Braxton Hicks akan sering terjadi. hal ini dapat menyulitkan Bunda dalam membedakan apakah kontraksi yang terjadi adalah kontraksi palsu ataukah tanda persalinan. Kontraksi sebagai bagian persalinan akan terjadi lebih kuat, terasa nyeri lebih panjang dan semakin sering terjadi teratur dan terus-menerus, sementara kontraksi palsu tidak seperti itu dan terjadi pada waktu kapan saja kemudian menghilang.
Selain kontraksi yang kuat, teratur dan semakin dekat jaraknya, tanda persalinan lainnya adalah adanya lendir baik bening atau kecoklatan atau bercampur darah (pink) dan ataupun pecahnya cairan ketuban. Jika Bunda mendapati hal ini, lebih baik segera periksa pada Bidan atau dokter Bunda. Persiapkan kebutuhan persalinan Bunda sejak dini agar tetap lancar pada saatnya bersalin.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :