SITE STATUS
Jumlah Member :
502.809 member
user online :
605 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - obat penunda haid


obat penunda haid
mau tanya bun obat penunda menstruasi untuk ibu menyusui apa ya
03 Jan 2019, 15:13
Dari : Abellia Yuliana

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan " :Pasca melahirkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur? Terkadang sebulan bisa menstruasi dua kali dan dalam tempo yang lama, terkadang tidak menstruasi sama sekali. Atau bahkan ada yang belum menstruasi hingga si kecil berusia 1,5 tahun. Hal ini tidak jarang membuat Bunda kuatir dan merasa ada sesuatu yang tidak normal. Jangan kuatir,Bun. Yuk, simak artikel berikut.

Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.

2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.

3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Solusi
Siklus mentruasi yang tidak teratur saat ini hanya bersifat sementara dan itu semua normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Diet seimbang dengan nutrisi lengkap setiap hari, olahraga ringan, banyak minum air putih, jus buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup dapat menghindarkan Bunda dari stress yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Bunda.

Nah, Bunda tidak perlu kuatir lagi. Karena terganggunya siklus menstruasi ini dialami hampir semua wanita pasca melahirkan. Bila Bunda ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda.

Tips:
Konsumsi suplemen asam folat sebagai penunjang nutrisi tambahan Bunda pasca melahirkan dan selama menyusui.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Obat Menghentikan flek " dengan judul pertanyaan " Nagase Tomoya Purnomo " pada Tanya Bidan:Malam bu..
Maaf malam2 chat ibu bidan gini bu apakah ada obat untuk menghentikan flek soalnya suami mau cuti cuma 2 hari saya flek terus mohon bu pencerahanya

Bidan menjawab
Dear bunda Nagase Tomoya Purnomo,
Apakah bunda mengalami flek pada saat awal masa haid ? Penundaan haid dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Lutenyl 1x1 tablet dan untuk menghentikan flek bunda dapat mengkonsumsi transamin 2×1 tablet


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " connyraimon " dengan judul pertanyaan " Menstruasi pasca melahirkan " pada Tanya Dokter:Hallo dok, saya melahirkan dadakan tgl 6 januari lalu (otomatis di cesar). saya stop peras ASI tgl 20 mei (krn ASI nya sdh gak sampe 10 ml dan si anak tidak bisa nyedot ASI) nah sebulan kemudian baru (5 bln pasca melahirkan) keluar menstruasi sedikit demi sedikit ... tapi kog lama sekali ya dari tgl 20 juni hingga hari ini 07 juli (hitungannya 2 minggu lebih nih) masih mens juga, bahkan sejak 3 hari terakhir semakin bertambah banyak (full) (krn saya minum coca cola). 2 minggu lalu sakit perut selama bbrp hari, dan skrg mules lagi spt org haid di hari pertama kedua. pertanyaan saya, normal gak dok ? tolong dijelaskan ya .. makasih. NB : wkt haid pertama pasca melahirkan anak pertama hampir 5 thn yg lalu (cesar juga tp beda kasus) .. haid pertama setelah anak saya lepas ASI di usia 15 bln, dan hny 5 hari haid (pokoknya kurang dari seminggu) Makasih sudah membaca dan membalas pertanyaan saya yah.. salam.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik per 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.


Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :