SITE STATUS
Jumlah Member :
501.110 member
user online :
828 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Kehamilan


Kehamilan
Selamat malam dok, saya ingin bertanya, pada saya hamil di minggu ke 2 (jalan 3 mggu) saya minum kratingdaeng campur sprite. Kratingdeng 3 botol skligus di jam 10 pagi campur sprite. Dan malamnya saya minum lagi 1 botol kratingdeng. Sprite nya stgh aja lgsng saya buang. Dan pada minggu ke 4 saya minum jamu pelancar dtg bulan. Tpi hanya sekli saja. Dan saya juga perokok dok, tp skrg udh nggak lagi. Saya juga pernah mnum extrajoss susu di masa hamil 4 mggu itu. Saya ingin bertanya apakah akan ada gangguan cacat fisik atau mental pada janin saya dok? Mohon infonya dok. Karna untuk usg usia 13mggu masih blm bisa terlihat dok. Mohon di balas dok
24 Oct 2018, 20:32
Dari : endang_

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil " : Kita semua tahu, asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Terlebih bagi ibu yang sedang mengandung. Pada kemasan rokok pun disebutkan bahwa rokok dapat mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin. Meskipun tidak merokok, ibu yang sedang hamil bisa saja terpapar asap rokok dari sekelilingnya, misalnya dari lingkungan keluarga, rekan kerja, maupun lingkungan sekitarnya.

Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat meracuni janin yang sedang dikandung. Menurut salah seorang peneliti, Jo Leonardi-Bee, PhD yang dimuat di WebMD mengatakan bahwa ibu hamil yang menjadi perokok pasif memiliki peningkatan risiko keguguran dan melahirkan bayi dengan masalah malformasi kongenital. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi pentingnya ibu hamil untuk menjauhi asap rokok selama kehamilan baik di rumah maupun di tempat umum.

Berikut ini beberapa bahaya yang mengacam bila ibu hamil terpapar asap rokok:
1.Asap rokok dapat menimbulkan risiko kematian dini pada janin yang dikandung.
2.Bila sering terpapar asap rokok dapat berrisiko bayi lahir secara premature.
3.Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research di Washington mengatakan bahwa zat kimia yang terkandung dalam asap rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan kerusakan genetik yang dapat memicu penyakit kanker darah (leukemia) dan kanker lainnya.
4.Dapat meningkatkan risiko anak mengidap penyakit jantung bawaan.
5.Dapat meningkatkan risiko memiliki asma pada bayi nantinya.
6.Memperlampat pertumbuhan paru-paru janin yang dikandung.

Agar terhindar dari risiko yang disebabkan oleh paparan asap rokok, mintalah kerabat dan keluarga untuk tidak merokok saat berdekatan dengan ibu yang sedang hamil. Bila memungkinkan pakailah masker saat berada di tempat umum untuk mencegah terhirup asap rokok.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Memey rifahani " dengan judul pertanyaan "Efek minum obat warung, alkohol, obat pelancar haid." pada Tanya Bidan:asalammualaikum bu bidan.. perkenalkan nama saya mery saya berumur 21thn skrng saya lg hamil anak prtama saya.. yng saya mau tanyakan bu apakah ada efek ktika bayi saya lahir nanti sblm saya mengetahui kalo saya sdng hamil saya sering minum obat warung,minuman bersoda dan beralkohol saya juga sering dket sama orng perokok.. dikira cmn tlat blan biasa saya minum kiranti dan em kapsul dan jamu buat perlancar dtng bulan di awal kehamilan,tp stlah 2 bln saya tahu lg hamil semua itu di stop dan ganti minum susu hamil.. sampai usia kandungan saya 6bln dan rutin periksa ke dokter dan bidan.. yng saya tanyakan apakah nanti ada efek nya trhdp bayi saya ketika lahir? trimakasih bu..

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Memey Rifahani,
Mengkonsumsi alkohol selama masa kehamilan efeknya adalah terganggunya perkembangan sel tubuh janin. Asap rokok pun memberikan efek buruk pada pertumbuhan serta perkembangan janin, seperti bayi lahir dengan berat badan lahir rendah. Pada trimester awal kehamilan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan untuk melihat kearah resiko terjadinya kecacatan pada janin, dengan menggunakan USG. Disarankan bunda mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, menghindari alkohol dan rokok, serta tetap rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, agar pertumbuhan serta perkembangan janin tetap terpantau.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Widya Ns " dengan judul pertanyaan " Bahaya merokok bagi Ibu Hamil " pada Tanya Dokter:Malem dok, sy mau tanya kehamilan pertama sy ini sudah menginjak 10minggu, setiap mlm sy susah tidur dok.. Kdang tidur pagi smpe siang.. Terus sy ini awalnya perokok dok dan smnjak kehamilan sy agak kurangin.. Apakah berbaha dok jika sy msh merokok? Sy takut terjadi apa2 sm janin sy dok -trmksh

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Merokok, bagi sang perokok sendiri akan memberikan efek menurunnya kesehatan yang disebabkan oleh kandungan nikotin dan zat racun lainnya yang terdapat pada rokok dan asap rokok. Pada ibu hamil yang merokok dapat terjadi meningkatnya resiko terjadinya keguguran dan janin lahir dalam keadaan mati, menurunnya suplai oksigen di dalam darah janin, meningkatnya detak jantung janin, meningkatnya resiko lahir premature dan berat badan lahir rendah, meningkatnya resiko kecacatan pada janin dan meningkatnya resiko " Sudden Infant death Syndrome" setelah bayi dilahirkan (kematian bayi secara tiba-tiba tanpa diketahui jelas penyebabnya). Pada perokok pasif, resiko-resiko tersebut tetap ada meskipun tidak sebesar perokok aktif ketika hamil. Pada batang rokok yang dibakar, asap yang dihasilkan bahkan lebih berbahaya bila terhisap dibandingkan dengan asap yang dihisap langsung oleh perokok aktif karena mengandung kadar racun yang lebih tinggi. Karena sebagai perokok pasif bukan hanya menghisap asap yang dihembuskan oleh sang perokok aktif tetapi juga menghisap asap dari batang rokok yang terbakar tersebut sehingga kadar tar, karbon monoksida, nikotin dan zat racun lainnya akan lebih tinggi. Anak yang dilahirkan dari ibu sebagai perokok pasif cenderung mengalami resiko asthma, berat badan lahir yang rendah, alergi, infeksi paru dan telinga serta Sudden infant death syndrome yang meningkat. Informasikan kepada suami Bunda mengenai resiko-resiko penyakit yang meningkat tersebut agar beliau mendapatkan informasi dengan baik. Semoga kesadaran untuk berhenti merokok akan tercapai. Bila dengan sangat terpaksa berada dalam lingkungan berasap rokok, segera hindari ruangan berasap yang tertutup. Carilah ruangan dengan udara terbuka, menghindari berdekatan dengan perokok aktif, hindari tempat-tempat merokok dan tertutup (bar atau restauran yang boleh merokok).


Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :