SITE STATUS
Jumlah Member :
506.496 member
user online :
347 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - sesudah melahirkan


sesudah melahirkan
Mau nnya bu klo lahiran itu di dlem vagina nya di jait apa gk , klo di luar keliatan jaitan ku , masalahx di dalem itu di jait apa gk?
di dalam vagina saya terasa banget guuaatteeellll nya smpek bengkak , itu kenapa ya bu?
13 Oct 2018, 20:27
Dari : Aisyatun Nafisa

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Pemulihan Pasca Melahirkan (Normal dan Caesar) " :Kelahiran si kecil merupakan hal yang dinantikan oleh para ibu hamil. Pada proses persalinan dibutuhkan tenaga, mental dan kesiapan Bunda untuk melaluinya. Saat si kecil telah lahir ke dunia, semua perjuangan Bunda seperti terbayar . Rasa bahagia dan lega muncul dengan hadir nya si kecil.

Tidak hanya kesiapan dalam proses melahirkan yang Bunda perlu ketahui, tapi Bunda juga perlu tahu bagaimana proses pemulihan pasca melahirkan, baik persalinan normal maupun operasi caesar. Proses pemulihan pasca operasi caesar memang cenderung lebih lama daripada persalinan normal. tetapi hal-hal yang perlu Bunda perhatikan untuk mempercepat pemulihan di bawah ini berlaku untuk persalinan normal dan operasi caesar.

Jangan mengangkat beban berat
Pasca melahirkan kondisi Bunda belum pulih, karena itu jangan mengangkat beban berat lebih dari pada berat bayi Bunda meskipun Bunda merasa kuat dan baik-baik saja. Hal ini agar proses penyembuhan otot-otot di perut Bunda berjalan dengan baik. Setidaknya selama 6 minggu atau selama masa nifas Bunda beristirahat dan tidak mengangkat beban berat.

Perbanyak minum air dan mengonsumsi makanan berserat
Saat proses persalinan Bunda banyak mengeluarkan cairan, seperti ketuban, darah dan cairan tubuh lainnya. Untuk itu diperlukan cairan pengganti. Perbanyak juga mengonsumsi buah-buahan dan makanan berserat agar mempermudah Bunda saat buang air.

Aktif bergerak
Setelah melahirkan, cobalah secara bertahap untuk aktif bergerak. Bunda bisa melakukan jalan ringan di pagi hari di taman sekitar kompleks. Hal tersebut membantu memperlancar sirkulasi darah, membantu proses pemulihan, menguatkan otot serta mencegah terjadinya pendarahan.

Mengikuti saran dan petunjuk dokter
Ikuti jadwal kontrol pasca melahirkan baik melahirkan secara normal maupun operasi caesar. Terutama bagi Bunda yang memiliki penyakit selama proses kehamilan, seperti anemia. Ikuti saran dokter dan taaati pantangannya.

Perhatikan luka bekas jahitan
Melahirkan secara caesar tentunya akan meninggalkan bekas luka jahitan. Luka bekas operasi bisa terinfeksi bila tidak dirawat dengan baik. Untuk mengatasinya, jagalah kebersihan tubuh, konsumsi makanan yang mengandung cukup nutrisi dan bila perlu olesi cream atau minyak khusus untuk bekas caesar yang dijual di apotek atau sesuai rekomendasi dokter Bunda.

Tips:
Mintalah pasangan atau keluarga Bunda untuk bergantian menjaga sang buah hati atau membantu Bunda mengerjakan pekerjaan rumah, sehingga Bunda dapat beristirahat dengan cukup.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Novii Kurniasihh" dengan judul pertanyaan " mluka jahit pada miss V " pada Tanya Bidan:ass....ibu maf mau tanya luka jaitan sehabis lahiran sembuhnya brapa lma yah dan perawatany bgaimana...trus brapa lama jg bisa dipake HB terimakasih.....saya lahiran tgl 23 desember 2015

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Novii Kurniasihh,
Selamat atas kelahiran buah hatinya, semoga menjadi kebanggan keluarga. Luka jahitan rata-rata akan kering dan baik dalam waktu kurang dari satu minggu. Perawatan luka jahitan sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menjaga kebersihan luka, menjaga luka agar tetap kering dengan sering mengganti pembalut dan pakaian dalam bila dirasakan lembab, dan konsumsi makanan bergizi dan berprotein tinggi. Hubungan intim dapat dilakukan setidaknya hingga masa nifas berakhir atau sekitar 40 hari. Pasalnya proses persalinan adalah proses yang traumatik, area sekitar vagina mengalami perlukaan akibat episiotomi sehingga perlu dilakukan recovery sebelum kembali melakukan hubungan intim, selain itu rahim pun butuh waktu untuk dapat kembali seperti saat sebelum hamil.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dwi Aditya Retno Wulandari " dengan judul pertanyaan " Luka jahitan setelah melahirkan terasa gatal " pada Tanya Dokter:
Pagi dok... Saya lahiran normal sdh 3 minggu dengan jahitan luar dalam.pake benang yg bisa jd daging.semalam ada benang bekas Bundelan yg copot. Paginya sy melihat dengan kaca, ternyata ada luka sobekan yang menganga sekitar 1cm.berwarna merah. Luka jahitan sdh tidak sakit. Namun terkadang terasa gatal. Apakah itu jahitannya lepas dok?

dr. Tanti menjawab
Halo,
Gumpalan benang yang Anda temukan mungkin merupakan benang yang tidak terserap dengan baik oleh jaringan kulit di sekitar perineum Anda (area di antara vagina dan anus, tempat biasanya terjadi sobekan/pengguntingan saat proses persalinan). Hal ini dapat merupakan kondisi yang wajar. Luka yang sudah tidak menimbulkan keluhan mungkin menandakan tidak ada kondisi infeksi atau proses penyembuhan luka yang terganggu. Namun menurut Anda masih terdapat bagian luka yang belum menutup sempurna. Waspadai tanda berikut yang menandakan kondisi abnormal pada luka paska persalinan :

·Luka terasa nyeri disertai kemerahan dan bengkak di area luka yang masih terbuka.

·Muncul nanah disertai bau tidak sedap pada luka.

·Demam dan meriang yang bersamaan dengan luka yang terasa nyeri.

·Muncul darah dalam jumlah banyak dari luka yang belum menutup dengan baik.

Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh dan cermat, terutama untuk melihat kondisi luka paska persalinan, apakah sudah dalam masa penyembuhan dan tidak terjadi infeksi. Bila diperlukan, Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang tambahan seperti pemeriksaan darah, dan analisis air seni. Penanganan yang terbaik akan dilakukan berdasarkan kondisi medis yang Anda alami. Bila memang luka paska persalinan belum menutup sempurna disertai dengan kondisi infeksi yang berat, biasanya Dokter akan melakukan tindakan tambahan untuk menutup luka.

Lakukan hal-hal berikut untuk mejaga kesehatan vagina dan mendukung proses penyembuhan luka paska persalinan :
·Sebaiknya tidak terlalu sering menyentuh bagian luka yang dalam proses penyembuhan. Selalu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, sebelum dan sesudah membersihkan vagina.

·Menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan membasuhnya menggunakan air mengalir dan sabun yang lembut. Hindari terlalu sering menggunakan sabun untuk membersihkan vagina karena akan menimbulkan iritasi pada vagina. Lap area selangkangan dengan handuk bersih untuk menjaga tetap kering

·Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut. Gantilah pakaian dalam secara teratur untuk menjaga agar daerah selangkangan tetap kering.

·Menghindari penggunaan pantyliner karena beresiko membuat kondisi vagina dan selangkangan menjadi lembab. Kondisi selangkangan yang lembab dan kurang bersih dapat menimbulkan infeksi vagina. Bila Anda tetap memutuskan menggunakan pantyliner, gantilah secara teratur setiap maksimal 3 jam sekali.

·Bila sedang menstruasi, gantilah pembalut minimal 3x dalam sehari.

·Lakukan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbang, berolahraga rutin, beristirahat cukup di malam hari dan mengelola stress dengan bijaksana. Kondisi tubuh yang sehat mendukung proses penyembuhan luka paska persalinan.
Demikian Info Kami, semoga membantu Anda.



Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :