SITE STATUS
Jumlah Member :
501.936 member
user online :
1012 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - masalah ke hamilan


masalah ke hamilan
saya baru masuk 7bln tp kenapa pantat dan pinggang terasa panas,dan terasa seser"an kaya mau kencing
08 Oct 2018, 20:55
Dari : Oktan Zira

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan " :Bila dua minggu lalu Infobunda membahas kehamilan trimester pertama, minggu ini kita akan membahas kehamilan trimester kedua. Hamil adalah perjalanan yang menyenangkan. Bersiaplah untuk merasakan perubahan menakjubkan lainnya di trimester kedua. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui di trimester kedua kehamilan Bunda:

1. Memasuki trimester kedua mual-mual mulai berkurang. Tetapi mungkin Bunda akan sedikit merasa nyeri di bagian perut. Hal ini wajar karena rahim yang membesar dan mengakibatkan peregangan di sekitar ligamen.

2. Usia janin 15-16 minggu sudah sering bergerak meskipun Bunda belum terlalu merasakan gerakannya. Tulang tengkoraknya semakin solid dan ia sudah bisa mengisap jempolnya. Pada trimester kedua matanya sudah sensitif terhadap cahaya.

3. Beberapa Bunda merasakan sesak napas pada trimester ini. Jangan kuatir, hal ini masih normal. Paru-paru mulai terangkat naik karena rahim yang membesar. Jangan berlebihan makan supaya berat badan tidak meningkat pesat sehingga menambah sesak napas.

4. Lingkar pinggul dan pinggang Bunda mulai melebar. Mulailah membeli baju-baju hamil. Bunda tak nyaman lagi menggunakan t-shirt kesayangan Bunda. Pada minggu ke-27 berat badan Bunda akan bertambah 7-10kg. Berat badan yang naik bisa menimbulkan stretchmark. Nikmati saja Bunda! Stretchmark akan berkurang setelah melahirkan.

5. Produksi ASI mulai terasa pada trimester ini. Bunda mungkin merasa payudara Bunda bertambah besar dan keras. Mungkin Bunda harus membeli bra baru. Belilah bra untuk menyusui yang bisa dipakai saat si kecil sudah lahir nanti. Bila payudara terasa nyeri, Bunda bisa melakukan pemijatan memutar. Bersihkan puting dengan kapas basah.

6. Lebih bergairah. Memasuki bulan ke-4 dan 5 mungkin Bunda merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Tubuh Bunda menghasilkan lebih banyak hormon estrogen sehingga membuat Bunda lebih bergairah.

7. Sakit punggung dan pinggang. Perut yang semakin membesar membuat Bunda malas untuk berdiri tegak dan memilih sedikit membungkuk. Akibatnya sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Lakukan stretching saat bangun tidur dapat mengurangi sakit punggung dan pinggang.

8. Beberapa wanita hamil mengalami kaki, tangan, leher bahkan wajah bengkak. Kurangi konsumsi garam supaya bengkak menurun. Pastikan posisi kaki lebih tinggi saat Bunda tidur. Gunakan bantal untuk meletakkan kaki.

Meski perubahan-perubahan terjadi dalam tubuh, tetaplah nikmati kehamilan Bunda. Karena Bunda hamil yang bahagia dapat membantu pertumbuhan janin. Sehat terus kehamilannya ya Bun!

Tips: konsultasikan dengan dokter bila Bunda merasa ragu dengan perubahan yang terjadi.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Miell Mu"in Al-citrawiyyi" dengan judul pertanyaan " Nyeri Bokong atau Panggul saat hamil " pada Tanya Bidan:bu,, knpa ya masuk minggu ke 24 saya sering sakit bokong ,, pada saat saya mau tidur ,, bokong terasa senut-senutan ,, trus aktifitas debay nya udh mulai aktif v saat dia gerak perut saya terasa sakit ?? kenapa ya bu ?

Bidan menjawab
Dear bunda Miell Mu"in Al-citrawiyyi,
Berdasarkan keluhan yang bunda kemukakan, kemungkinan bunda mengalami nyeri panggul belakang yang biasa dikenal sebagai Pelvic Grindle Pain ( PGP ). PGP disebabkan oleh kekakuan sendi panggul. Saat hamil tubuh akan memproduksi hormon relaksin yang berguna untuk melenturkan ligament sehingga memudahkan proses kelahiran bayi, namun hal ini ternyata membuat pergerakan antar sendi menjadi lebih tidak stabil. Ketidak stabilan serta kekakuan sendi inilah yang menyebabkan timbulnya keluhan nyeri. Peningkatan berat badan bunda juga berperan terhadap timbulnya keluhan nyeri pada panggul. Disarankan untuk melakukan senam untuk memperkuat otot dasar panggul, menghindari mengangkat beban terlalu berat, tidur dengan posisi miring dan tambahan bantal diantara kaki serta istirahat yang cukup. Segera periksakan keadaan bunda pada dokter, bila keluhan dirasakan semakin mengganggu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " eha hamdani " dengan judul pertanyaan " Sakit pinggang " pada Tanya Dokter:siang dok.. saya mw nnya kalo sering sakit pinggang seperti mw haid diusia kandungan 8 bulan dan kadang kaki jg sering jemper kalo untuk jalan. apa itu semua berbahaya dok? terimakasih..

dr. Tanti menjawab
Ketika hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri Bunda. Perubahan tersebut termasuk bertambahnya volume cairan di dalam tubuh, bertambahnya berat badan dan beban yang di topang oleh tubuh juga perubahan hormonal.
Bertambahnya volume cairan di dalam tubuh dapat memberikan beban dan menumpuk pada ujung-ujung alat gerak tubuh Bunda seperti tangan dan kaki. Tidak perlu di khawatirka bila keadaan tekanan darah dan protein urin dalam batas normal. Angkat dan tinggikan kaki Bunda saat beristirahat, lakukan gerakan memompa seperti menekuk dan meluruskan kembali kaki Bunda serta berjalan-jalan ringan. Begitu juga dengan tangan, Bunda dapat memberikan kompres dingin bila terasa nyeri, menggerakkan telapak tangan, mengurangi asupan garam dan minum air yang cukup.
Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin dan progesteron. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini.
Keluhan-keluhan tersebut tidak mempengaruhi janin Anda bila tidak ada keluhan atau komplikasi lainnya.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :