SITE STATUS
Jumlah Member :
497.628 member
user online :
1095 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


usg
sore dok mau tanya nih,, lbih baik usg atau kebidan dlu ya utk memastikan kehamilan dan prkmbngan si JB ,, krn usianya baru 6w
08 Aug 2018, 16:40
Dari : Sunny Juetex

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Pemeriksaan USG Bagi Ibu Hamil " :
Kehamilan merupakan anugrah dari setiap wanita. Bagi Bunda yang sedang hamil, tentu selalu ingin tahu mengenai perkembangan janin yang dikandungnya. Salah satu cara untuk ‘mengintip’ kondisi janin dalam kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG tidak menggunakan sinar X atau rontgen agar dapat mendapatkan gambar janin. USG adalah singkatan ultrasonografi, yakni suatu alat yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dipancarkan transduser pada organ yang diperiksa.

Jenis USG
Terdapat 3 jenis pemeriksaan USG, yaitu:

USG 2D, adalah pemeriksaan USG 2 dimensi ukuran yakni panjang dan lebar saja. USG jenis ini menghasilkan gambar yang sulit dipahami bagi orang awam.
USG 3D, adalah pemeriksaan USG yang meliputi dimesi panjang, lebar dan kedalaman . dengan USG jenis ini dapat terlihat jelas organ tubuh bayi.
USG 4D, pemeriksaan USG jenis ini hamper sama dengan USG 3D, tapi dengan USG ini Bunda juga terdapa dimensi waktu sehingga Bunda dapat melihat gerakan yang dilakukan janin, misalnya saat tangan atau kakinya bergerak.

Manfaat USG
Berikut ini beberapa manfaat USG antara lain:
-Untu mengkonfirmasi kehamilan dan mengetahui usia kehamilan.
-Mengetahui jumlah fetus, apakah terdapat 1 atau lebih sehingga dapat diketahui bila ada kehamilan ganda/kembar.
-Mengukur cairan ketuban, bila jumlah cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menimbulkan masalah.
-Mengetahui bila ada kelainan letak janin.
-Mengetahui bila ada kelainan pada janin, seperti: hidrosefalus, sumbing, syndrome down, dll
-Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi
-Mengetahui kondisi plasenta dan menilai bila terjadi masalah seperti plasenta previa dsb.

Pemeriksaan USG biometry janin pada USG pertama biasanya dilakukan pada saat umur kehamilan 7 minggu. USG kedua pada kehamilan 18-22 minggu dan USG ketiga dilakukan pada usia kehamilan 34 minggu. Namun, pada dasarnya USG dapat dilakukan kapan saja selama kehamilan, karena tidak berbahaya bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya.
sumber: berbagai sumber


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " resa.carox " dengan judul pertanyaan " info perkembangan janin, belum pernah periksa " pada Tanya Bidan:Dear Ibu Bidan Yustianti..
usia kehamilan saya saat ini sudah 15 minggu, terakhir periksa pada umur 10 minggu.
Apakah saya sudah tertinggal jauh untuk info perkembangan janin saya karena sampai saat ini saya blm juga memeriksakan diri ke bidan karena kesibukan kerja. Terimaksih

Bidan menjawab
Dear bunda Resa Carox,
Belum terlalu tertinggal bunda, pemeriksaan kehamilan memang dapat dilakukan 4x, 1x pada trimester awal, 1x pada trimester 2, dan 2x pada trimester 3 kehamilan, namun sebaiknya pemeriksaan kehamilan dilakukan tiap bulan sampai usia kehamilan 6 bulan, tiap 2 minggu pada kehamilan 7-8 bulan, dan 1 minggu sekali pada saat usia kehamilan memasuki 9 bulan. Pemeriksaan kehamilan yang rutin bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan kehamilan, kondisi janin, ataupun adanya penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " alfariz " dengan judul pertanyaan " Bolehkah Melakukan USG pada Trimester Pertama? " pada Tanya Dokter:Dok sy mau tanya apakah ibu hamil trisemester pertama boleh melakukan usg?ada yg bilang sinar dr usg dapat mengganggu janin,bahkan bisa terjadi keguguran.Tolong dijwb dokter,karena sampai saat ini sy masih takut konsultasi ke dokter sebelum trisemester.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda fera auliyati, Pemeriksaan USG aman dilakukan pada ibu hamil. USG dapat digunakan dan biasanya digunakan pada minggu 4-5 kehamilan untuk mendeteksi adanya kehamilan. Sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa USG menimbulkan gangguan atau efek samping buruk pada kehamilan. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " idaido " dengan judul pertanyaan " periksa dokter kandungan " pada Tanya Dokter:Selamat malam dok. Saya baru saja melakukan testpack dan hasilnya positif. (FYI: ini hari ke-25 dari hari pertama haid terakhir, siklus mens saya 28 hari, artinya saya belum telat mens) Yang ingin saya tanyakan, pada usia kandungan berapa week sebaiknya saya melakukan pemeriksaan pertama ke dokter kandungan. Apakah sebaiknya secepat mungkin atau menunggu berapa week? Terima kasi. Salam :)

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Lakukan ANC ( Ante Natal Care) pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :