SITE STATUS
Jumlah Member :
501.758 member
user online :
656 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


hamil
dok saya mau nanya sya telat datang buln hmpir 3 bulan saya cek pkai test pack hsil nya positif saya cek ke bidan tpi yg ad cma anak buah nya,, jdi ank buah nya yg memeriksa saya di raba nya perut saya kta nya katanya sebesar telur ayam janin saya terus habis itu saya periksa lagi tapi dengan anak buah yang berbeda Katanya anak buahnya berkata bayinya belum bisa diraba jadi saya bingung pada usia kehamilan 3 bulan apakah sudah bisa diraba atau belum
11 Jul 2018, 9:24
Dari : Fatimah Azzahrah2

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " USG di Awal Kehamilan " :Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dessy Rahma " dengan judul pertanyaan " Hamil perut belum besar " pada Tanya Bidan:bu bidan saya mau tanya . ko saya tidak merasa payudara membesar ya. maf bu bidan karna saya pernah gagal dalam kehmilan pertama jadi saya agak takut karna perut saya tidak tetlihat hamil setelah bngun tidur. trimakasih

Bidan menjawab
Dear bunda Dessy Rahma,
Berapakah usia kehamilan bunda saat ini ? Sebaiknya untuk memastikan adanya kehamilan disarankan bunda untuk melakukan USG, agar dapat dinilai keadaan kehamilan. Karena pada usia kehamilan dibawah 16 minggu, rahim masih belum keluar dari rongga panggul, sehingga kehamilan masih belum terlalu tampak.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " via tamfit(3) " dengan judul pertanyaan " Hamil 3 Bulan, Tapi Perut Belum Membesar" pada Tanya Dokter: salam kenal yah dok,,,:) saya mau tanya dok,,saya udah hamil 3 bln tapi saya ngerasa ga da perubahan sama bentuk badan saya seperti orang2 hamil lainnya. itu kenapa yah pa karena badan saya mang kurus trus saya ga gemuk maka Nya saya hamil jg badan saya tidak ada perubahan. trus perut saya jg ga terlalu keliatan seperti orang hamil dok.. mohon penjelasannya dokter makasih sblmnya ^^

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Sebaiknya Anda menemui dokter kandungan Anda agar dapat dilakukan pemeriksaan USG, dari pemeriksaan tersebut dapat diketahui perkembangan janin Anda, apakah pertumbuhannya masih dalam batas normal layaknya usia kehamilan Anda. Kurus atau gemuk bukanlah ukuran suatu kehamilan, pada beberapa wanita yang memiliki genetik kurus atau gemuk tidak mengalami banyak perubahan ketika ia hamil namun dapat berjalan dengan normal. Namun tetap perhatikan asupan nutrisi Anda agar kehamilan Anda terjaga dengan baik.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :