SITE STATUS
Jumlah Member :
500.927 member
user online :
371 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Kehamiln


Kehamiln
Siang dok, saya mau tanya soal kehamilan, kmren saya test pakai tespeck saya positif hamil, krna tidak sabar saya pergi ke dokter kandungan dan usg, saya ingin lihat janin tapi ternyata janin nya belum terlihat katanya baru diding rahim saja, itu bgmn ya dok, saya cemas, hati saya bertanya tanya apakah saya hamil atau tidak, saya terakhir haid bulan juni seledai haid tgl 14 juni, apakah saya hamil betul atau gmn dok? Dan kalo memng betul, kapn saya sudah bisa usg dan melihat perjkembangan janin saya....
10 Jul 2018, 10:50
Dari : indah.f.ii

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " USG di Awal Kehamilan " :Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " echi anechy " dengan judul pertanyaan " Hasil USG Belum Kliatan Kantung Janin " pada Tanya Bidan:Dok saya mau tannya, Terakhir haid itu taggal 5 Maret 2015 trnyata pas tanggal 5 April saya belum juga haid lalu saya TP trnyata hasilnya Positif, kemudian saya ke Dokter untuk priksa trnyata di suru USG saya di USG itu tanggal 10 April dok. pas di USG Hasilnya Kantung Rahim saya blm keliatan di suru 2 minggu kemudian untuk dateng lagi dan di USG lg. smpe skrang saya belum berani untuki USG lg dok. baik nya saya harus seperti apa yah? dan apa bermasalah dengan Janin saya? tolong bantu saya yah donk terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Echi Anechy,
Pada usia kehamilan awal (4-6 minggu ), kadang kantung kehamilan sudah dapat terlihat dengan USG. Ada 2 macam pemeriksaan USG yang dapat dilakukan, USG transvaginal ( alat USG dimasukkan kejalan lahir ) dan USG transabdominal ( melalui dinding perut, gambaran akan lebih jelas bila kandung kencing terisi atau bunda menahan kencing ), selain itu kemampuan alat USG yang digunakan juga menentukan apakah kehamilan sudah dapat terlihat atau belum. Apabila pada USG pertama kantong kehamilan belum terlihat, maka sebaiknya USG diulang kembali 2 minggu pasca USG sebelumnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " salmah_putri " dengan judul pertanyaan " Hasil test pack VS hasil USG " pada Tanya Dokter: Dok, hpht sya tgl 27 okt 2015. Pada tgl 25 nov 2015, sya tespek. Karna memang siklus sya biasanya maju 3 hari. Ketika tespek muncul garis 2, yg satu agak samar tapi jelas terlihat garis. Sya dan suami memutuskan untuk pergi ke dokter. Tetapi setelah usg dan transvaginal belum terlihat apa apa. Kata dokter, kehamilan baru 4 minggu jadi belum terlihat apa apa. Kemudian hari selanjut nya saya tespek kembali sampai 3 hari berturut turut dan garis nya makin sini makin jelas dok. Menurut dokter bagaimana? Apakah saya hamil?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk memakai urine HCG test pack di sarankan pada waktu pagi hari (kadar urine terkonsentrasi) ,2 minggu setelah hubungan intim dengan harapan apabila terjadi pembuahan pada saat itu, kadar HCG telah dapat di deteksi dengan urine test pack. Meskipun tergolong akurat, urine HCG test pack dapat memberikan hasil positif palsu apabila penggunaannya tidak sesuai dengan petunjuk pemakaian atau anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu (terutama obat-obatan yang mengandung hormon). USG juga dapat dipakai untuk mendeteksi kehamilan meskipun ada keterbatasan seperti ketebalan kulit ataupun posisi yang belum memungkinkan terlihatnya hasil yang diharapkan. Kedua metode ini termasuk akurat dalam menentukan kehamilan, namun dengan menggunakan urine test akan mempermudah test awal yang dapat anda lakukan sendiri. Mengenai hasil test pack yang terlihat samar ada beberapa pendapat bahwa kadar HCG pada urine Anda masih sangat sedikit meskipun telah terjadi kehamilan. Disarankan untuk mengulang kembali pemeriksaan beberapa minggu ke depan. Sembari menunggu waktu pengulangan pemeriksaan tetap perhatikan asupan nutrisi Bunda teritama asam folat dan vitamin, mineral lainnya.



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :