SITE STATUS
Jumlah Member :
498.886 member
user online :
454 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - ibu haml


ibu haml
apkah ibu hamil bisa minum Milo campur Prenagen
09 Jul 2018, 2:56
Dari : Nifran Syamsi

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Asam Folat Kurangi Resiko Janin Cacat " :Saat mengetahui Bunda sedang berbadan dua pasti Bunda sibuk mengatur pola makan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk janin. Salah satu nutrisi yang wajib diasup Bunda hamil yakni asam folat, terutama pada trimester pertama kehamilan saat organ-organ janin mulai terbentuk. Bahkan kalau perlu sejak Bunda merencanakan kehamilan asam folat ini sudah harus sering dikonsumsi.
Asam folat atau biasa dikenal dengan vitamin B9 adalah bentuk vitamin yang larut dalam air. Nutrisi jenis ini membantu proses metabolisme tubuh khususnya selama masa kehamilan.

Bunda hamil yang kekurangan asam folat bisa mengakibatkan janin cacat bahkan meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur. Kelainan yang bisa timbul karena kurang asam folat seperti :
-tengkorak janin tidak terbentuk sempurna
-persarafan di bagian tulang belakang tidak tertutup dengan baik
-gangguan saluran kemih
-plasenta lepas sebelum janin dilahirkan
-bibir sumbing.

Sementara itu untuk Bunda hamil kekurangan asam folat bisa mengakibatkan anemia yang menimbulkan gejala mudah lelah, denyut nadi lebih cepat, gemetar. Gangguan sering sesak napas dan gangguan pencernaan juga kerap kali dikeluhkan.
Untuk menghindari kerugian-kerugian di atas baik untuk si janin mau pun Bunda, mengonsumsi asam folat sudah menjadi kewajiban. Asam folat bisa Bunda dapatkan dari makanan seperti ; hati, kerang, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau, jagung manis, roti, kuning telur dan buah-buahan. Kalau Bunda kurang menyukai bahan makanan di atas Bunda bisa mengonsumsi susu yang mengandung asam folat. Tapi tentu saja yang harus diingat bahan makanan natural jauh lebih baik.

Contoh bahan makanan dan kadar asam folat :
-½ cangkir jagung = 38 mikogram
-½ cangkir bayam rebus = 100 mikogram
-½ cangkir brokoli = 52 mikogram
-½ cangkir kacang tanah = 106 mikogram
-½ cangkir alpukat = 75 mikogram
-½ cangkir jus jeruk = 55 mikogram

Nah kini Bunda bisa memprediksi bahan makanan apa saja sampai Bunda bisa memenuhi kebutuhan 600 mikogram asam folat dalam sehari.

Tips :
-untuk mengjindari kerusakan asam folat dalam makanan, jangan simpan bahan makanan terlalu lama dan jangan direbus dengan suhu tinggi.
-Jangan mengiris bahan makanan terlalu kecil karena resiko kerusakan asam folat lebih tinggi



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " PraditaAchi " dengan judul pertanyaan " Vitamin dan suplemen kehamilan " pada Tanya Dokter:Selamat sore dr. Tanti, saat ini saya usia kehamilan menginjak usia 5 bulan. selama ini saya periksa kehamilan saya di bidan terdekat. setiap kali kontrol akan diberikan vitamin & suplemen berupa asam folat, kalsium, dan penambah darah. pada awal kehamilan saya rutin meminumnya. namun, lama-kelamaan saya srg klupaan untuk meminumnya. apakah ada dampak buruk jika saya tidak mengkonsumsi vitamin & suplemen tersebut. tapi saya malah rajin mengkonsumsi susu hamil terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada masa awal kehamilan bagi ibu hamil memerlukan asupan asam folat sekitar 400 mcg per hari, kemudian meningkat menjadi 600 mcg pada trimester kedua dan ketiga. Begitu juga dengan masa menyusui, asam folat tetap dibutuhkan. Bila Bunda mendapatkan beberapa suplemen asam folat termasuk susu kehamilan, perhatikan jumlah kandungan asam folat pada produk tersebut, pilihlah salah satu atau diminum bergantian agar tidak berlebihan atau kekurangan.Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain.



Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " istriheri " dengan judul pertanyaan " Susu yang baik untuk ibu hamil " pada Tanya Apoteker:Bund, mau Tanya aku bekerja di bank swasta dan hampir setiap hari pulang malam, mungkin ada tambahan susu / vitamin agar kandunganku tetap sehat, ditunggu infonya terima kasih

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Listi,
Terima kasih atas pertanyaannya dan selamat atas kehamilannya.
Untuk vitamin, sebaiknya bunda mengkonsumsi vitamin E & asam folat. Mengenai susu, jika bisa, bunda dapat mengkonsumsi susu kehamilan karena telah memiliki gizi yang seimbang yang dapat membantu kesehatan bunda.

Akan tetapi, yang terpenting adalah, bunda harus menjaga kesehatan bunda secara keseluruhan. Jaga makanan yang dikonsumsi. Banyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Minum air putih yang cukup. Jangan terlalu capek, pastikan bunda istirahat dengan cukup.
Terima kasih

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :