SITE STATUS
Jumlah Member :
498.886 member
user online :
471 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


nifas
dok saya mau tanya...sdh 30hr ini sy nifas,7hr stlh nifas sdh tdk kluar darah lg,hnya cairan sdkit2 brwrna kunig,,stlh 7hr itu,kluar drah lg awalny coklat kmudian merah,,apa itu tetap darah nifas atau darah menstruasi?posisi masih menyusui,trmksh
08 Jul 2018, 21:30
Dari : Anggita Nissanjaya

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Siklus Menstruasi Pasca Melahirkan " :Pasca melahirkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur? Terkadang sebulan bisa menstruasi dua kali dan dalam tempo yang lama, terkadang tidak menstruasi sama sekali. Atau bahkan ada yang belum menstruasi hingga si kecil berusia 1,5 tahun. Hal ini tidak jarang membuat Bunda kuatir dan merasa ada sesuatu yang tidak normal. Jangan kuatir,Bun. Yuk, simak artikel berikut.

Penyebab tidak teratur
Sebelum kita mencari tahu solusinya kita perlu tahu apa yang menyebabkan menstruasi tidak teratur pasca melahirkan. Menstruasi tidak teratur pasca melahirkan disebabkan beberapa faktor:
1. Perdarahan pasca melahirkan
Sebenarnya perdarahan ini bukanlah darah menstruasi. Darah yang keluar ini adalah darah yang tersisa dari perdarahan yang terjadi di dalam rahim. Darah ini akan berkurang dan hilang perlahan setelah 4-5 minggu.

2. Fisik dan mental
Setelah melahirkan fisik dan mental Bunda mungkin terlalu lelah. Ditambah lagi kesibukan mengurus si kecil yang membuat Bunda sulit beristirahat. Bunda bisa stress. Hal ini mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Peran Ayah sangat diperlukan dalam kondisi ini supaya fisik dan mental Bunda perlahan kembali pulih.

3. Menyusui
Pada saat menyusui tubuh memproduksi hormon proklatin. Hormon prolaktin berfungsi untuk meningkatkan kelenjar hipofisis supaya Air Susu Ibu (ASI) berproduksi lebih banyak. Proses ini menekan ovulasi sehingga membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Solusi
Siklus mentruasi yang tidak teratur saat ini hanya bersifat sementara dan itu semua normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu. Diet seimbang dengan nutrisi lengkap setiap hari, olahraga ringan, banyak minum air putih, jus buah dan sayur, istirahat dan tidur yang cukup dapat menghindarkan Bunda dari stress yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi Bunda.

Nah, Bunda tidak perlu kuatir lagi. Karena terganggunya siklus menstruasi ini dialami hampir semua wanita pasca melahirkan. Bila Bunda ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda.

Tips:
Konsumsi suplemen asam folat sebagai penunjang nutrisi tambahan Bunda pasca melahirkan dan selama menyusui.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "
shelvyana " dengan judul pertanyaan " Nifas keluar darah merah kehitaman " pada Tanya Bidan:Maaf mau tanya . rnSaya masih dalam nasa nifas . rnUdah 30hari ini .. rnTapi 2hari ini drah nya merah kehitaman . terkadang kluar kayak lendir" gtu juga . rnItu bahaya gak? Trimakasih :-)

Bidan menjawab
Dear bunda Shelvyana,
Sepertinya bunda mengalami menstruasi. Kembalinya siklus haid setelah melahirkan berbeda tiap individunya, tergantung pada faktor hormonal. Apabila bunda tidak menyusui ataupun menyusui tetapi tidak secara eksklusif maka siklus haid akan kembali sekitar 6 sampai 8 minggu pasca melahirkan. Perhatikan darah yang keluar, bila tidak berbau busuk, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi apa bila bunda dan pasangan ingin menunda memiliki momongan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mila_irawan " dengan judul pertanyaan " Bingung antara Nifas dan Menstruasi " pada Tanya Dokter:saya baru 2 bln ini melahirkan anak pertaman saya, lahir caesar, yang mau saya tanyakan kog masa Nifas saya belum selesai selesai ya dok, kadang berhenti kadang keluar lagi..?? kapan saya mendapatkan menstruasi lagi?? saya jadi binggng membedakan masa nifas dan menstruasi lagi!!! terima kasih.

dr. Tanti menjawab
Dear bunda mila (mila_irawan), Masa nifas pada umumnya terjadi sampai 40 hari. Apabila setelah itu anda masih mendapatkan perdarahan atau flek, sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter SPOG anda, kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan di dalam kandungan anda. Keadaan bunda sekarang dapat mengacu kepada beberapa diagnosa yang berhubungan dengan perdarahan pervaginam, maka itu memerlukan pemeriksaan lebih jauh lagi untuk mengetahui apa penyebab perdarahan ini. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ay indah " dengan judul pertanyaan " Menstruasi setelah nifas pada ASI eksklusif " pada Tanya Dokter: Dear dr.Tanti Dok, mohon penjelasan mengapa setelah nifas selama 38 hari, saya mengeluarkan darah kembali seperti darah haid. Apakah itu benar2 haid atau masih nifas? mengingat saat nifas darah yang keluar tidak sebanyak darah saat haid. Setelah melahirkan, saya langsung disuntik KB 3 bulan dan saya menyusui secara rutin. Terima kasih Ayu

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter